8 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

 

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar







Mediawana.com – Saat Anda membuka website ada banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan mulai dari teknologi, pendidikan, ekonomi, sejarah, hiburan dan masih banyak lagi. Mempelajari sesuatu melalui internet tentu saja memiliki manfaat tersendiri, mungkin Anda bisa saja duduk ditaman dan membaca informasi  mengenai dunia. Atau didalam kendaraan ketika Anda bosan, Anda dapat saja membaca sebuah artikel untuk menambah informasi.

Apakah pernah terbayangkan?. Bagaimana cara membuat artikel?. Sebenarnya ada banyak cara dalam membuat artikel, mediawana.com telah merangkum dari berbagai sumber dan orang berpengalaman dalam pembuatan artikel yang baik dan benar tentu saja berkualitas.

 

Apa itu artikel

Bagi yang belum memahami apa itu artikel. Artikel adalah karangan atau informasi mengenai topik atau tema tertentu, seperti jika Anda ingin mencari informasi mengenai teknologi di website, maka website akan memberikan Anda semua informasi mengenai teknologi, dijaman seperti ini memang sangat mudah dalam mencari atau mempelajari informasi yang terkadang tidak ada dalam pendidikan, alias lengkap.

Artikel biasanya mengandung 500 – 2500 kata dengan tema yang sesuai, jadi contohnya jika Anda ingin membuat artikel tentang makanan maka didalam artikel itu harus berisi tentang makanan, atau jika membuat artikel dengan judul komputer maka isi dari artikel itu harus berisi informasi mengenai komputer.

Lalu apa saja langkah-langkah dalam membuat artikel yang baik dan benar?. Entah itu cara membuat artikel ilmiah, cara membuat artikel di google, cara membuat artikel di blog, cara membuat artikel di word, dan masih banyak lagi, cara pembuatannya sama saja, yaitu membuat artikel. Berikut cara membuat artikel yang baik dan benar.

Baca Juga : Kemana Perginya Foto dan Video yang sudah Terhapus?

Cara membuat artikel yang SEO friendly?

 

Cara membuat artikel yang SEO friendly





Apa itu seo friendly, nah ini adalah struktur yang penting untuk diterapkan dalam pembuatan artikel. Kenapa?.
Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website Anda untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Artinya jika Anda menerapkan seo atau Search Engine Optimization artikel Anda nantinya akan ada dihalaman pertama.

apa itu seo (search engine optimization) lalu apa fungsinya?. Seo inilah yang akan membawa artikel Anda menjadi berkualitas dan dapat dilirik banyak orang, kok bisa?. Dengan menerapkan seo atau Search Engine Optimization artikel Anda akan dinilai baik dan berkualitas oleh anggap saja google, dan setelah itu artikel Anda akan di pajang atau di simpan di halaman pertama.

Bagaimana tidak senang, Artikel Anda ada dihalaman pertama google, jadi ketika ada orang yang mencari artikel maka yang muncul pertama atau yang muncul duluan adalah artikel Anda . biasanya satu halaman pertama ada 10 artikel entah itu miliki sendiri atau punya orang lain jadi kita ibaratkan seperti berlomba-lomba 10 besar anggap saja seperti itu. 

Memang harus halaman pertama ya?. Tidak juga, karena jika jika artikel anda semakin didepan berkemungkinan besar pengunjung akan melihat artikel kamu dan membacanya. Siapa yang enggak senang jika artikel Anda banyak yang baca, puluhan?, ratusan, ribuan atau jutaan. Jika artikel Anda banyak yang baca, Anda juga dapat promosi di artikel Anda Sendiri loh, 

 

Cara Membuat Artikel







Bagi pemula atau dalam tahap belajar, alangkah baiknya untuk memperhatikan setiap langkah-langkah dalam membuat artikel untuk menghasilkan konten yang baik dan berkualitas.
Berikut cara membuat artikel yang baik dan benar.

1. Tentukan Tema

Yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah pilih tema artikel terlebih dulu, jangan lupa untuk survei juga, tema apa sih yang paling banyak orang cari belakangan ini atau yang sedang ramai. Karena judul dapat mengikat para pengunjung juga loh, jadi gini, misalnya di indonesia sedang ramai informasi mengenai tanaman bunga, seperti bunga mawar, melati, atau bunga anggrek, tidak ada salahnya Anda juga membuat artikel yang bertema bunga,

Dengan melakukan hal seperti ini, artikel Anda berpeluang besar untuk menarik pengunjung untuk membacanya. Sehingga artikel Anda banyak peminatnya.

2. Menyusun paragraf pembuka yang menerangkan isi artikel

Maksudnya bagaimana?. Giniloh sebelum membuat artikel alangkah baiknya Anda menyusun paragraf pembuka yang menerangkan isi, belum paham ya, coba simak baik-baik.

Paragraf pembuka akan menentukan apakah artikel yang Anda buat ini mempunyai informasi yang dibutuhkan pembaca. Jadi kalau judulnya bagus, terus pengunjung membacanya dan ternyata isi pembukanya membosankan maka otomatis pengungjung akan mencari artikel yang lain yang berbobot nilainya. Kaya gimana tuh pembuka artikel yang berbobot?. Coba lihat contoh dibawah ini.







Pilih mana?. Kebanyakan orang pastinya memilih contoh yang ke-dua, mengapa karena pada contoh ke-dua fokus kepada temanya atau pada topiknya.
Jika pembukanya saja sudah meyakinkan dipastikan isi artikelnya juga akan fokus dengan temanya sehingga pengunjung akan puas dan merasa nyaman membacanya.

Jika paragraf pembuka tidak memuat unsur tersebut, besar kemungkinan pembaca tidak akan melanjutkan membaca artikelmu. Maka dari itu buatlah paragraf pembuka yang terdiri dari 2-5 kalimat, tapi jagalah agar kalimatnya tidak terlalu panjang. Sertakan kata kunci dan inti bahasan artikelmu dalam paragraf tersebut agar pembaca merasa bahwa artikelmu sesuai dengan kebutuhan mereka.


3. Pastikan paragraf pendek pada artikelmu enak dan nyaman dibaca

Paragraf yang panjang dan padat akan menghilangkan minat pembaca, apa lagi kalau mereka mengakses artikelmu dari hp. Loh kenapa?. Ya, karena layar handphone itu tidak luas dan terbatas, jika paragraf kami terlalu panjang pastinya membosankan, kemungkinan mereka akan mencari artikel yang lain. 

Lalu bagaimana solusinya?. Gunakan aset pada artikel Anda, aset yang dimaksud adalah konten Anda untuk membatasi paragraf, contohnya seperti gambar. Coba lihat contoh dibawah.










Contoh yang ke-dua akan terlihat berkesan, meskipun panjang teksnya sama, contoh ke-dua tetap enak dibaca.
Jadi, cobalah untuk memisahkan satu paragraf panjang menjadi kalimat-kalimat yang lebih singkat atau pendek. Memecah satu paragraf besar menjadi ide-ide yang lebih kecil hal seperti ini akan memikat para pembaca untuk menggali artikelmu lebih dalam lagi. 

 

4. Mempelajari Referensi

Langkah selanjutnya adalah dalam menulis sebuah artikel yang baik dan benar yaitu dengan mempelajari referensi tentang topik yang Anda tentukan. Bisa saja Anda mengarangnya sendiri tapi perlu diperhatikan juga bahwa setiap artikel memiliki ciri khas masing-masing, ada yang hanya point-pointnya saja, ada yang hanya langkah-langkahnya saja, ada juga yang lengkap mulai dari pembuka, isi, cara-caranya sampai ke akar-akarnya, Anda tidak diwajibkan melakukan yang sama, namun ada manfaat besar jika Anda mengikutinya. Hal tersebut akan membuat artikel Anda lebih lengkap, berbobot dan bernilai tinggi.

Anda perlu mengumpulkan sumber bacaan lain untuk menulis artikel Anda sendiri. referensi ini dapat Anda cari dari buku, artikel website, jurnal ilmiah atau berita. Cara seperti ini bukan untuk Anda tiru, tetapi untuk mempelajari berbagai hal yang mungkin Anda belum tahu tentang topik Anda. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, artikel yang berserakan di internet tidak sepenuhnya bisa dipercaya, maka Anda harus berhati-hati dalam memilih referensi.


5. Berikan pembaca isi artikel yang spesifik

Beberapa artikel internet memuat banyak kalimat kosong tanpa adanya pembahasan yang spesifik. Paragraf di dalam artikel-artikel ini hanya membuat hal-hal umum tanpa memberikan contoh nyata yang bisa diterapkan oleh pembaca. Agar artikelmu semakin diminati dan digemari, berikan pembaca informasi spesifik yang benar-benar mereka butuhkan, yang mereka cari, yang mereka inginkan. Misalnya, jika Anda membuat artikel mengenai cara mengatasi flu, maka dari itu berikan contoh cara atau langkah yang bisa dilakukan agar pembaca merasa yakin bahwa artikelmu berguna dan bermanfaat.



6. Gunakan Heading

Apaan tuh heading?. heading adalah penyusunan dalam pembuatan artikel sub pembahasan yang dibuat tidak jauh dari judul artikel. Pembuatan heading ini bisa diibaratkan seperti susunan pembahasan yang berasal dari judul yang ingin di bahas. Bingung?. Coba lihat contoh dibawah ini.








Itu adalah contoh heading, jadi ibaratkan saja heading ini adalah judul peragrafnya.

7. Baca dan Perbaiki

Jika Anda sudah selesai menulis, jangan langsung dipublikasikan atau dishare. Coba diperhatikan terlebih dahulu apakah ada yang kurang atau salah pengetikan. Tujuannya adalah untuk memperkuat isi artikel dengan gaya bahasa dan tema tertentu, namun artikel tetap menarik dibaca.
Pastikan Anda sudah menggunakan kata yang tepat, jangan typo, apa itu typo, yaitu kata yang tidak lengkap seperti Selama Pagi, yang seharusnya adalah selamat pagi. Atau gelay yang seharusnya Anda mengetik gelas. Jadi perhatikan kembali penulisan Anda.


8. Jangan berhenti berlatih

Jika Anda merasa kurang memuaskan dengan hasil Anda, jangan pernah berhenti untuk belajar, coba praktikan secara berkala, dikit-dikit yang penting Anda mengerti susunannya. Perbaiki dan terus kembankan hingga hasilnya memuaskan. Hal apapun itu jika kita mempelajarinya dengan sungguh-sungguh pasti ada jalan keluarnya.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar lalu langkah selannjutnya adalah melakukan riset keyword terlebih dahulu, sebelum membuat artikel untuk blog atau website. Kenapa harus melakukan Riset Keyword terlebih dahulu?. Karena dengan melakukan Riset Keyword Anda akan tau konten apa saja yang banyak dicari pengunjung, sehingga dapat memungkinkan website atau blog Anda juga akan ramai dikunjungi. Admin juga sudah menyiapkan Cara melakukan Riset Keyword yang akurat dan benar untuk Blog atau Website Anda. Lihat disini


Orang hebat adalah orang yang mempelajari sesuatu dengan giat tanpa menyerah, teruslah belajar dan cari pengalaman terbaik Anda, di era sekarang ini ilmu pengetahuan sudah banyak dimana-mana, tinggal Anda yang mempelajarinya,  perlu diingat tidak semua informasi dapat diserap, Anda perlu membedakan mana yang benar atau tidak.
Itulah informasi mengenai cara membuat artikel yang baik dan benar semoga dapat membantu Anda dalam mencari solusi yang tepat dan bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : Pengertian Software, Jenis dan Cara Kerjanya

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال