Pengertian Software : Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

 

Software Adalah






Mediawana - Apakah Anda pernah mendengar istilah atau nama dari software atau perangkat lunak?. Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengarnya. Biasanya jika Anda bekerja atau menimba ilmu pendidikan pastinya sering mendengar kata software atau perangkat lunak. paling tidak jika Anda sering menggunakan komputer. biasanya istilah software sering kali diucapkan atau sudah familiar bagi mereka yang sudah berkecimpung atau berlatar belakang IT / komputer.

Baik melakukan program, editing, desain, bermain game, bersosial media dan masih banyak lagi. Itu semua adalah software atau perangkat  lunak, para developer software selalu mengembangkat aplikasi mereka agar memiliki performa dan kualitas yang baik dan ramah dalam penggunaannya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai software, fungsi dan cara kerjanya. Kami akan merangkum dengan jelas, padat dan lengkap mengenai pengertian software. Berikut informasi mengenai software, fungsi software dan cara kerja pada software.


Pengertian Software

Pengertian Software






Software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tidak memiliki bentuk fisik. Tidak seperti dengan hardware yang memiliki fisik. Secara dasarnya Software adalah sekumpulan program yang terstruktur untuk melakukan algoritma atau melakukan tugasnya. Untuk pembuatannya sendiri biasanya hanya orang berlatar belakang IT yang dapat membuatnya karena isi dari  Software ini adalah sebuah program, sementara ilmu pengetahuan  tersebut hanya ada atau dipelajari pada bidang IT atau Teknik Informatika. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia IT, tidak salahnya Anda mencoba mempelajarinya, apapun itu jika dibarengi dengan niat dan konsisten maka semua akan terasa mudah dan dapat dipahami.

Contoh dari software sudah banyak sekali disekitar kita, mulai dari game, bisnis, iklan, pendidikan, hiburan dan masih banyak lagi. contoh dari software adalah seperti Adobe Photoshop, Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel,dan Microsoft PowerPoint itu hanya beberapa, sisanya masih banyak lagi yang kemungkinan Anda pasti sudah mengetahuinya. Itulah pengertian dari software, lalu. Apa saja fungsinya. Berikut fungsi dari Software yang wajib Anda ketahui.

Baca Juga : Pengertian Hardware, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Fungsi Software atau Perangkat Keras

Fungsi Software






Sebenarnya pada umumnya fungsi software tidak lain untuk memudahkan dan membantu penggunanya agar pekerjaan mereka menjadi efiensi dan efektif serta lebih cepat.

Software biasanya digunakan untuk kebutuhan tertentu seperti pendidikan, hiburan, game, bisnis, multimedia, programming dan masih banyak lagi, agar lebih jelasnya berikut fungsi dari software.

1. Software berfungsi untuk kebutuhan dasar pada komputer.

2. Software memiliki alur proses untuk mengatur tugas tertentu, contohnya seperti alarm atau jadwal harian dan masih banyak lagi.

3. Software juga saling berhubungan dengan software yang lain untuk menjalin konektifitas antar aplikasi atau perangkat lunak.

4. Software memiliki hubungan erat dengan perangkat keras atau hardware untuk melakukan tugas yang diperintahkan oleh penggunannya, seperti speaker, printer, webcame, scanner, dan masih banyak lagi.

5. Software juga memiliki fungsi untuk menerjemahkan software lain seperrti kompiler atau alat compiler.

6. Software juga memiliki fungsi penerjemah perintah pada software lain yang ada dalam bahasa mesin, dengan begitu, hardware pada komputer dapat mengerti dengan tugasnya masing masing dan dapat bekerja dengan baik.

7. Software juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mengidentifikasikan sebuah program (lain) di dalam komputer.

8. Memproses data atau instruksi agar pengguna atau user dapat mengoperasikan komputer sesuai dengan hasil yang diinginkan penggunannya.

9. Menyediaan fungsi dasar dari perangkat keras atau hardware agar dapat dioperasikan, seperti ketersediaan sistem operasi pada komputer.

10. Sebagai sarana interaksi yang menghubungkan pengguna atau user dengan perangkat kerasnya.


Sejarah Perangkat Lunak

sejarah aplikasi






Perkembangan atau sejarah software / perangkat lunak sudah dimulai bahkan saat terciptanya komputer elektronik. Menurut para ahli software adalah instruksi terprogram yang terstruktur yang disimpan dalam memori komputer digital yang disimpan dalam program untuk diproses nantinya oleh prosessor (Processor).

Software adalah perkembangan terbaru dalam sejarah manusia dan merupakan kebutuhan yang mendasar dan familiar dari era informasi.

Perangkat lunak atau software pertama kali di gagas di pertengahan tahun 1800-an oleh Charles Babbage. Namun, baru diperkenalkan secara resmi kepada publik sekitar tahun 1935 oleh alan Turing melalui esainya yang diberi judul " Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung."

Siapa sih Alan Turing?. Alan Turing adalah seorang ahli matematika yang menjadi orang pertama yang mencetuskan bahwa komputer dapat menjalankan beragam program dan dapat digunakan untuk keperluan membantu pengguna itu sendiri.

Pada sekitar tahun 1930, Alan Turing menjadi penemu dari mesin Turing yaitu sebuah alat yang dapat digunakan untuk menjalankan serangkaian perintah.

sementara itu untuk nama Software di gagaskan atau dicetuskan oleh John Tukey. Yang  juga seorang ahli matematika pada tahun 1958, dalam perkembangannya, perangkat lunak atau software terbagi menjadi empat era, apa saja?. Yaitu.

1. Pemula atau Pertama

Perangkat lunak atau software pertama kali keluar dalam bentuk sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer.
Dulunya, perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware) masih adadalam satu kesatuan dan hanya digunakan untuk keperluan tertentu.

2. Era Stabil

Perangkat lunak atau software pada era ini sudah dapat digunakan untuk bermacam kebutuhan pengguna, seperti perusahaan dan industri, selain itu juga pada era ini mulai diterapkan sistem basis data yang dapat atau mampu memisahkan data dengan programnya.

3. Era Micro

Pada era ini perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu perangkat lunak sistem yang menangani internal komputer seperti yang sudah pernah kami jelaskan " pengertian perangkat lunak sistem " dan perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna secara langsung sesuai dengan kebutuhan dan tujuan user.

4. Era Modern

Pada masa ini, perangkat lunak sudah berkembang menjadi sangat canggih dan tentunya modern. Dimasa ini, perangkat lunak sudah mengenal input dalam bentuksuara maupun gambar.


Kategori Software atau Perangkat Lunak

Dalam kategori ini adalah pembagian jenis dan model aplikasi sesuai dengan fungsinya. Software atau perangkat lunak pada dasarnya dibagi menjadi tiga kategori. Diantaranya.

1. Software Sistem

Apa itu Software sistem. Software sistem adalah program yang memang dikhususkan untuk komputer atau perangkat.

Software sistem berfungsi sebagai dasar untuk software aplikasi. Software sistem termasuk driver perangkat, sistem operasi (OS), kompiler, disk formatter, editor teks dan satu kesatuan yang dapat membantu komputer untuk beroperasi lebih efisien, efektif dan akurasi yang tinggi.

2. Software Pemograman

Yang dimaksud dengan Software Pemograman adalah untuk melakukan tugas-tugas tentun yang berhubungan dangan program. Biasanya aplikasi atau perangkat lunak ini digunakan oleh para developer atau pengembang. selain itu juga software ini digunakan untuk mereka yang bergelut di dunia atau berlatar belakang IT (Teknik Informatika) / Komputer.

Dalam software ini ada berbagai alat yang tersedia dalam pemograman seperti Compiler, Debugger, Linker, Interpreter, dan editor teks.

3. Software Aplikasi

Software Aplikasi adalah software atau perangkat lunak yang biasa digunakan untuk keperluan tertentu seperti kantor, pendidikan, tugas-tugas, penelitian, multimedia, desainer, arsitek, enginner dan masih banyak lagi.

Software ini terdiri atau berupa satu program atau sekumpulan program kecil.



Contoh Software atau perangkat Lunak

contoh software, contoh aplikasi






1. Software Sistem

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa software sistem atau Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Contoh dari Perangkat Sistem antara lain adalah.

- Windows

- Linux

- Mac OS

- DOS

- Unix

- Dll

 

2. Software Aplikasi

Software Aplikasi adalah suatu perangkat lunak berupa program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus yang menjalankan perintah pengguna dan menyertakan program  yang memproses data atau informasi untuk pengguna/user. Contoh dari Software Aplikasi diantaranya adalah.

- Microsoft Office

- Adobe

- Library Office

- Anti Virus

- Game

- Dll

 

3. Software Utilitas

Apa itu Software Utilitas?. Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang dibuat untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem pada komputer. Contoh dari Software Utilitas adalah.

- AntiVirus

- Archivers dan Data Compression

- Backup Software atau data

- Disk Cleaner

- Disk Defragment

- Disk Partition

- Registry Cleaner

 

Jenis-Jenis Software atau Perangkat Lunak

jenis-jenis aplikasi







Software atau perangkat lunak juga memiliki jenis-jenisnya loh, layaknya sebuah barang. Jenis-jenis Software lengkap dengan contoh dan penjelasannya. Berikut jenis-jenis software yang perlu Anda ketahui.

1. Perangkat Lunak atau Software Berbayar

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersial, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software itu harus dengan cara membeli atau membayar kepada pihak yang mendistribusikannya.

Software yang mengharuskan penggunanya untuk membayar dengan harga tertentu, ada yang terjangkau sampai seterusnya, sesuai dengan fitur dan kelebihan aplikasinya. Biasanya ada fitur gratisnya sebelum Anda membayar, seperti jika Anda ingin aplikasi A, Anda akan mendapatkan secara gratis dengan rentan waktu 3 sampai 7 hari, jika Anda menyukainya dan ingin memakainya suatu saat mendatang Anda dapat atau harus membelinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Meskipun seperti itu, jika Anda sudah membelinya, ada beberapa aturan atau istilah kerennya adalah Lisensi, biasanya agar penggunannya tidak memberikan atau menyebarluaskan kepada orang lain. karena jika hal itu terjadi aplikasi yang Anda berikan sudah terasuk ilegal.

Contoh aplikasi atau software berbayar sperti. Adobe Photoshop, Microsoft Office, Microsoft Windows dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Freeware

Freeware adalah sebuah aplikasi atau software yang bisa digunakan oleh semua orang tanpa perlu membayar. Jadi bagi Anda yang ingin menggunakannya dapat Anda gunakan dengan sesuka hati. Biasanya software dengan jenis ini pengembangnya membuat untuk komunitas tertentu. Hak cipta tetap dipertahankan sehingga siapa saja bisa melakukan update software atau perangkat lunak terbaru.

 Contoh dari perankat lunak Freeware adalah Google Chrome, Mozila Firefox, dan masih banyak lagi.


3. Free Software

Free software adalah software yang mencocoki empat butir Free Software Definition sekaligus dan menyeluruh artinya apa?. Yaitu Anda atau pengguna harus membelinya (membayar) terlebih dahulu sebelum menggunakannya, dan setelah itu pengguna bebas untuk melakukan apapun yang diinginkan, misalnya modifikasi, penggandaan, hingga distribusi.


4. Shareware

Shareware adalah software yang mengijinkan orang untuk mendistribusikan salinannya atau dapat dibagikan secara gratis untuk keperluan terntentu biasanya untuk keperluan uji coba dengan fitur terbatas, dan penggunanya diberikan waktu antara 7 sampai 30 hari.

Shareware di berikan secara gratis untuk memberikan penggunanya kesempatan untuk mencoba cara kerja dan fitu-fitur yang mumpuni (canggih). dan memberikan kesempatan untuk mencoba program sebelum membeli lisensi versi lengkapnya dari software ini atau perangkat lunak.


5. Malware

Perangkat lunak jenis ini dianggap sebagai pengganggu atau perusak, yang nantinya akan membahayakkan perangkat Anda atau data-data Anda.

Jika disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab mereka akan mengambil data Anda dan menggunakannya tanpa rasa bersalah atau dapat merugikan Anda nantinya.


6. Open Source Software

Open Source Software adalah mengacu pada kode-kode program yang didistribusikan secara terbuka sehingga kode sumbernya dapat dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Perangkat ini biasanya diperoleh secara gratis dan digunakan oleh komunitas tertentu untuk dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public License). Contoh perangkat lunak ini adalah Linux, yang fungsinya setara dengan Microsoft Windows.

 

7.  Firmware

pada umumnya Firmware adalah sebuah program komputer yang di dalamnya menyediakan kontrol lever dari yang terendah untuk perangkat komputer perangkat lunak ini hanya dapat dibaca atau Memory Read Only. ini bersifat paten atau tetap sehingga tidak bisa dilakukan modifikasi atau pengembangan meskipun terdapat masalah dalam fungsinya. Biasanya firmware ini sudah  menyatu dengan perangkat kerasnya, sehinga dianggap bukan perangkat lunak seutuhnya.


Itulah informasi mengenai Pengertian Software, fungsi, jenis dan cara kerjanya semoga dapat membantu Anda menemukan jawabannya. Terima kasih.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال