6 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website

 







Mediawana.com - Dengan melakukan Riset keyword sering sekali menjadi cara yang ampuh saat mengalami kehabisan ide untuk artikel Anda. Selain itu, riset keyword ini sangat wajib untuk dilakukan kalau Anda ingin mempunyai website atau blog dengan banyak traffic dan pengunjung yang sangat memungkinkan akan meningkatkan kualitas web Anda. Sebenarnya tidak semua blogger yang memahami bagaimana cara riset keyword yang baik dan benar sehingga artikel yang ditulis juga kadang kurang optimal dan sulit tayang di halaman browser.

 

Pengertian Apa itu Keyword ?

Dengan melakukan Riset Keyword merupakan langkah yang baik dan penting sebelum Anda menulis artikel untuk blog atau website. Riset keyword sangat berpengaruh untuk menentukan kata kunci apa saja yang cocok dan akurat untuk digunakan di website Anda.

Dengan memilih kata kunci yang tepat dan benar merupakan cara yang penting penting karena akan berpengaruh pada kinerja dan performa blog atau website Anda di hasil pencarian. Setiap penulis blog atau website harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari agar dapat menemukan kata kunci yang tepat untuk blog atau websitenya.

Menurut para SEO website Anda harus muncul di halaman pertama atau kedua dari hasil pencarian agar lebih banyak mendatangkan pembaca atau pengunjung. Bahwa sekitar 75 persen pencari hanya membuka dan membaca artikel-artikel di halaman pertama dan dua dari hasil pencarian.

Melakukan Riset Keyword benar-benar sangat menguntungkan Anda dalam meningkatkan pengunjung di website Anda. Dengan memilih kata kunci yang tepat dan benar serta akurat, blog atau website pasti akan semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian.


Apa yang harus diperhatikan dalam Melakukan Riset Keyword untuk blog dan website


 

 

 

 

 

 

 

1. Fokus dengan Long Tail Keyword

Kalau Anda sedang mengembangkan blog atau website langkah pertama yaitu fokus dengan Long Tail Keyword. Long Tail Keyword tool adalah kata kunci yang dapat dibilang akurat atau spesifik dan yang bervolume kecil, sehingga tingkat persaingannya cenderung lebih rendah.

Long Tail Keyword biasanya memiliki sekitar 4 hinggTa 8 kata (kata kunci) yang dapat Anda masukan ke dalam judul.

Contohnya seperti ini, jika Anda sudah melakukan riset keyword anggap saja kata kuncinya adalah cara membuat artikel, membuat artikel yang baik, membuat artikel yang benar.

Berarti kita sudah mempunyai tiga kata kunci. Cara Membuat Artikel, Membuat Artikel yang Baik, dan Membuat Artikel yang Benar. Coba Anda perhatikan Algoritma dibawah ini. 

 

Kata Kunci 1 : Cara Membuat Artikel = 100 orang yang mencari kata kunci tersebut.

Kata Kunci 2 : Membuat Artikel yang Baik = 50 orang yang mencari kata kunci tersebut.

Kata Kunci 3 : Membuat Artikel yang Benar = 50 orang yang mencari kata kunci tersebut.

 

Perhatikan skema pencaharian dibawah ini


versi 1 : cara membuat artikel 

versi 2 : cara membuat artikel yang baik dan benar

 

Dengan kedua versi diatas versi kedua mengandung tiga kata kunci yang berbeda yang kita satukan namun tetap nyaman dibaca. inilah yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization yang artinya adalah mengoptimasi website atau blog Anda untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

Oke kita kembali lagi ke materinya.

Masih ingat kata kunci Cara Membuat Artikel ada berapa orang yang mencarinya. 100 orang bukan?. Jika kita hanya menerapkan kata kunci yang pertama atau versi satu, maka pengunjung yang lain bisa saja tidak menemukan website atau blog kita.

Coba kita lihat dengan versi kedua, versi kedua mengandung tiga kata kunci sekaligus, yang artinya adalah bahwa sekitar 200 orang sudah kita dapatkan, tapi perlu diingat hal ini tidak menjamin 200 orang langsung mengunjungi website kita, karena tergantung dari para pengunjung, cara ini bukan untuk menarik pengunjung, tapi bagaimana blog atau website kita berada di halaman pertama. Yang sangat memungkinkan sekali akan dikunjungi oleh para pengunjung.

Masih ingat pada paragraf ke-empat, bahwa sekitar 75 persen pengunjung akan mencari jawaban mereka dihalaman pertama. 

 

2. Search Volume keyword (Volume Pencarian)

Apa itu Search Volume keyword? Search volume adalah seberapa banyak orang yang mencari sebuah kata kunci dipencaharian Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya keyword tool akan menampilkan banyak pencarian  1 sampai dengan 12 bulan terakhir. Perhatikan contoh dibawah ini.

Search Volume keyword


 

 

 

 

 

 

Yang artinya ada sekitar 9.900 orang yang mencari kata kunci tersebut diwaktu tertentu.

 

3.  Keyword Difficulty atau Tingkat Kesulitan Keyword

Maksudnya apa ya? Keyword difficulty digunakan untuk melihat tingkat kesulitan dari sebuah kata kunci yang nantinya kita gunakan untuk melihat seberapa sulit blog atau website kita berada di halaman pertama hasil pencarian. pada umumnya, keyword tool menggunakan ukuran 0 -100. Jika semakin besar angkanya, maka semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama. 

Biasanya keyword difficulty juga digunakan untuk memperlihatkan berapa backlink yang dibutuhkan agar artikel kita bisa berada di halaman pertama. Semakin tinggi keyword difficulty, maka semakin banyak backlink yang dibutuhkan.


4. Keyword Suggestion atau Saran Kata Kunci

Apa itu Keyword suggestion?. Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang lain yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda cari. Misalnya, Anda melakukan riset keyword untuk kata kunci " kue ", maka keyword tool akan memberikan kata kunci turunannya seperti " kue enak ",
" kue bolu ", " kue nastar " dan lain-lain. hal ini juga dinamakan dengan Long Tail Keyword yang sudah kita bahas di poin pertama.


5. Search Engine Result Page (SERP)

SERP digunakan untuk menunjukkan laman-laman yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang Anda riset. Fungsinya adalah untuk melihat seperti apa sih kualitas laman-laman mereka yang dapat menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

 

 6. Luangkan Waktu dan Perluas kenalan Anda

Artinya adalah jangan mudah patah semangat dan buang rasa malas, fokus satu tujuan, jika konten kita bagus, bahasa mudah dimengerti, isi dan susunan yang rapih dan lengkap. Dalam meningkatkan kualitas konten ya paling cuma itu-itu aja. Luangkan waktu untuk mencari sumber informasi dan pelajari Teknik SEO atau search engine optimization. Maka dengan melakukan semua itu, blog atau website akan menjadi berkualitas dan pengunjung terus berdatangan.

Setelah Anda dapat memahami bagaimana cara riset keyword yang benar, jangan lupa untuk memperhatikan cara pembuatan konten artikel Anda, buatlah struktur yang rapih, mudah dipahami dan pastinya memiliki nilai tinggi dimata pengunjung. Bingung bagaimana langkah pembuatan artikel yang baik dan benar. Tenang, berikut cara membuat artikel yang baik dan benar.

 

Gimana sih cara riset keyword yang benar dan akurat?. seperti apa yang bisa Anda lakukan? ada banyak penyedia layanan yang menawarkan layanan riset keyword, baik berbayar ataupun yang gratis. 

 

Tools Riset Keyword

Ada beberapa tools atau penyedia layanan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword. Beberapa diantaranya ada yang berbayar maupun gratis. Berikut beberapa mengenai  tools nya:


1. Ubersuggest

 


 

 

 

 

 

Yang pertama yaitu Ubersuggest adalah sebuah keyword tool yang digunakan untuk mencari kata kunci atau keyword. Ubersuggest akan memberitau informasi mengenai seberapa besar volume pencarian keyword itu, Selain itu, Ubersuggest akan memberikan beberapa saran keyword yang masih ada kaitannya dengan keyword atau kata kunci yang diketik di kolom search.

2. Google Trends



 

 

 

 

Lalu yang berikutnya adalah google trends, google trends dapat Anda gunakan untuk mencari keyword juga loh.

Keuntungan menggunakan layanan google trends yaitu adalah gratis tidak ada biaya sedikitpun. Bagi Anda yang mendalami blog atau website, sangat cocok untuk Anda.

penggunaannya pun tidak terlalu sulit, tinggal ketik apa yang ingin Anda cari dan temukan hasilnya.


3. KeywordTool.io

 


 

 

 

 

 

Berikutnya adalah keywordtool.io yang menyediakan layanan untuk menemukan kata kunci yang tepat yang membantu Anda dalam mencari ide konten yang menarik, untuk keywordtool.io ini sayangnya pada versi gratis tidak sepenuhnya dapat digunakan untuk melihat trafik dan volume pencarian. Namun Anda dapat menggunakan untuk mencari keyword populer.


4. Google Suggest

 


 

 

 

 

 

Cara ini banyak yang menggunakannya termasuk para blogger pemula, cukup ketik keyword yang akan Anda cari dan biarkan google melengkapinya seperti contoh diatas, lihat keyword apa saja yang muncul disana, berarti keyword tersebut banyak dicari oleh semua orang. Anda dapat menggunakannya sebagai riset keyword.


5. kwfinder




 

 

 

kwfinder adalah layanan penyedia riset keyword yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari keyword pilihan Anda, kwfinder sama seperti halnya dengan Uberseuggest yang akan memberikan Anda informasi mengenai keyword yang Anda cari.


5. SEMrush



 

 

 

 

Keyword tool ini adalah SEMrush. SEMrush biasa digunakan untuk blogger pemula dalam mencari sebuah keyword tertentu, hanya saja Sebelum menggunakan SEMrush, Anda harus daftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis. Daftar apa?. Ya daftar sebagai member lah, Anda hanya mendaftar menggunakan email dan selamat Anda sudah menjadi member, silakan gunakan untuk mencari keyword andalan Anda.


6. MOZ


 

 

 

 

 

 

 

Berikutnya adalah MOZ. Anda dapat menggunakan keyword tool ini untuk mencari dan mendapatkan keyword pilihan Anda. Pada MOZ ini memiliki sejumlah fitur yang dapat digunakan untuk mencari keyword. Namun sebelum menggunakan Anda harus mendaftar dulu menggunakan email Anda, setelah mendaftar Anda akan mendapatkan 10 keyword.


Kesimpulan

Cara melakukan Riset Keyword diatas adalah tergantung dari cara Anda dalam memilih keyword yang tepat, Cara diatas adalah layanan yang bisa Anda gunakan untuk mencari kata kunci yang Anda inginkan  dan dapat memantau perkembangan trafik keyword tersebut. Semoga dapat membantu Anda dalam menemukan jawaban dan solusi. Terima Kasih.


Baca Juga : Cara Mendaftarkan Website Blog ke Google Webmaster Tool 

 

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال