Cara Mendaftarkan Website Blog ke Google Webmaster Tool

 

Cara Mendaftarkan Website Blog ke Google Webmaster Tool






 

Mediawana.com - Anda sudah membuat Website atau Blog?. Kemudian Anda ingin Website atau Blog Anda terdaftar di google atau halaman google agar pengunjung dapat menemukan Website Anda?. Anda berada di tempat yang benar, kami akan menjelaskan secara lengkap dan mudah dipahami cara mendaftarkan website atau blog ke Google Webmaster Tool.

Bagaimana cara mendaftarkan website atau blog Anda ke Google Search Engine? Banyak pertanyaan seperti ini yang datang dari para pemilik website atau blog, baik itu personal maupun kelompok. Karena keinginan semua blogger adalah, agar blog atau website mereka dapat masuk dihalaman pertama Google Search.

Pada dasarnya pemilik blog ingin banyak pengjung yang mau mengunjungi blog miliknya. apa lagi kalau mereka sudah mendaftarkan Google Adsense di website milik mereka, sehingga pendapatan mereka dari iklan bisa semakin bertambah. Karena tujuan semua pemilik website, sudah pasti untuk menjadikannya sebagai penghasilan sampingan.


Cara Mendaftarkan Website atau Blog Anda ke Google Webmaster Tool

Agar blog milik Anda dapat cepat diindeks oleh Google, Anda perlu mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster Tool. Layanan SEO tool atau Search engine optimization (SEO) yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk membuat blog Anda dapat dideteksi atau dilihat dengan cepat oleh mesin pencari Google. Sehingga konten atau artikel Anda dapat cepat terindeks oleh Google.

Berikut Langkah-langkah Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmaster Tool

1. Buka Web Browser

Langkah yang pertama adalah buka terlebih dahulu web browser Anda, disini Admin menggunakan Google Chrome. Setelah terbuka ketik Google Webmaster Tool. 

 








Setelah selesai silakan pilih halaman Google Webmaster Tool.

 









2. Halaman Google Webmaster Tool. 

Login menggunakan akun Anda terlebih dahulu.

Jika Anda sudah Mengikuti langkah pertama, maka akan tampil halaman seperti ini. Silakan masukan nama website Anda seperti contoh dibawah. salin url Anda dan masukan url (website) Anda.

Google Webmaster Tool

Jika Anda sudah melakukannya dengan benar maka akan diverifikasi oleh google secara otomatis, setelah sudah selesai dan berhasil seperti contoh dibawah ini. Klik buka Properti.

 




 

 

Berikutnya Anda akan memasuki halaman dashboard Google Webmaster Tool. Klik Peta Situs lihat langkah dibawah ini, ikuti petunjuk warna oren.

dashboard Google Webmaster Tool


 

 

 

 

3. Masukan  sitemap

Jika sudah masuk ke halaman peta situs, maka langkah berikutnya Anda masukan kode berikut ke dalam peta situs dan klik kirim.

sitemap.xml

feeds/posts/default?orderby=updated

atom.xml 





Jika sudah selesai silakan Lakukan refresh the page atau refresh maka akan tampil seperti gambar.

dibawah ini.

 


 

 

 

 

Sebenarnya Anda dapat memasukan sitemap.xml saja, tapi untuk meyakinkan saja bahwa index berhasil dan agar tidak ada kendala kedepannya. Masukan saja ketiga-tiga.

Jika Anda memiliki banyak artikel Anda juga bisa menggunakan cara dibawah ini supaya Pengindekan Google lebih cepat. 

  • Jumlah artikel Anda kurang dari 500 Anda dapat menggunakan kode ini : 
 atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
 
  • Jumlah artikel Anda lebih dari 500 dan kurang dari 1000 Anda masukkan dua kode berikut  :
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

 

Dengan cara mendaftarkan website Anda atau blog ke Webmasters Tool maka blog Anda akan semakin SEO daripada sebelumnya dan memungkinkan website Anda akan ada dihalaman google lebih cepat. Dengan begitu semua artikel Anda dapat bersaing dengan website lainnya di beranda google.


5. Submit Url Website Anda

Sampai disi kita sudah mendaftarkan website kita ke Google Webmaster Tool, lalu langkah berikutnya adalah submit atau mendaftarkan artikel kita ke Google Webmaster Tool. Langkahnya mudah sekali. Lihat contoh berikut.










Silakan masukan link atau tautan artikel kamu ke langkah nomor 2. Bingung?. Tenang Admin kasih tau caranya. Buka Artikel Anda silakan lihat contoh dibawah ini, setelah itu salin urlnya dan pindahkan.









Kalau sudah klik Enter tunggu beberapa saat dan hasilnya akan seperti dibawah ini. jika icon masih berwarna abu-abu berarti tandanya artikel kamu belum terindex ke halaman google. Cara agar terindek kehalam google silakan klik Minta Pengindeksan seperti contoh gambar dibawah ini.






 

Silakan Tunggu beberapa saa, sekitar 1-2 menit, jika sudah selesai akan tampil seperti ini.





Artinya artikel Anda sudah dalam tahap index. Biasanya dalam melakukan index ini membutuhkan waktu 1x24 jam bahkan bisa lebih lama. Jika berhasil maka tampilannya akan berwarna hijau seperti dibawah ini.



 

 

 


Lalu bagaimana cara kita melihat apakah website kita sudah ada dihalaman google?. Mudah saja, buka kembali web browser Anda, ketik site:domainAnda.com, seperti contoh dibawah ini.


 





 

Jika website atau blog anda berhasil di index, maka website Anda akan ada dihalaman google, Namun jika index Anda belum tampil seperti contoh dibawah ini jangan dulu panik.






Jika website atau blog Anda belum tampil seperti contoh diatas. Ingat !, jangan panik dulu, karena google butuh waktu untuk mencari website Anda agar dapat muncul dihalaman google. Coba akses kembali setelah beberapa jam terkadang juga hitungan hari. 

Sembari menunggu website atau blog Anda muncul dihalaman google. Alangkah baiknya jangan lupa untuk menambahkan konten. Harus ya?. Ya enggak juga sih, tapi siapa sih yang mau lihat web kita kalau isinya cuma 1 artikel aja, coba untuk menambahkan konten lain agar pengunjung dapat memilih konten terbaik Anda. Artikel yang baik dan benar itu seperti apa sih?. Berikut sudah kami rangkum untuk Anda mengenai bagaimana cara  membuat artikel yang baik dan benar 

Itulah informasi mengenai Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Google Webmaster Tool. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi terbaik Anda. Terima Kasih.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghapus Background di Photoshop


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال