3 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membuat Blog

3 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membuat Blog

Mediawana.com - Jaman sekarang ini sudah banyak sekali orang yang ingin memiliki dan mengelola blog atau blogger, namun tidak hanya membuat saja loh, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan agar memiliki persiapan yang matang dan konsisten nantinya.

Sebelum kita membuat sebuah blog, ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan agar kita dapat fokus dan konsisten terhadap pengelolaan blog tersebut. 

Berikut ini adalah 3 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat Blog.

1. Menentukan Topik

Hal yang pertama yang perlu kamu persiapkan adalah menentukan topik atau jenis blog. 

Apa yang dimaksud menentukan jenis blog?. Menentukan jenis atau topik blog bertujuan agar pembahasan di blog kamu lebih ter-arah kepada satu niche atau jenis pembahasan. 

Misalnya saja tentang kesehatan, wisata, tutorial, teknologi dan sebagainya.

Namu jika kamu memiliki pemahaman ilmu dan pengetahuan lain, kamu juga bisa membuat blog kamu memiliki banyak judul dan kategori artikel.

Misalnya nih, Kamu punya satu blog dengan nama www.mediawana.com

Dan didalam blog tersebut terdapat menu tentang teknologi, tutorial, dan informasi lainnya. Ya benar sekali, jadi blog kamu memiliki beberapa informasi yang dikemas dan disusun rapih dalam satu blog.

Atau mungkin saja kamu mau, mengelola satu jenis saja. Itu semua terserah kamu. Yang penting nantinya adalah konsisten dan artikel yang kamu buat mengedukasi dan dapat dipahami seseorang.

2. Menentukan Platform

Saat ini banyak Platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah blog.
Misalnya seperti Joomla, WordPress, Drupal dan masih banyak lainnya, namun platform yang paling populer saat ini adalah:

  • Blogger.com - Hosted
  • WordPress.com -Hosted
  • WordPress.org - Self-Host

Dari ketiga platform diatas kira-kira sobat pilih yang mana?

Dari di antara mereka terdapat sedikit perbedaan, seperti Blogger.com platform ini dapat digunakan secara nyaman, kenapa karena kamu tidak perlu memikirkan tentang biayanya, alias gR4tlsssssss.

berikutnya adalah Wordpress.com untuk CMS ini kamu juga tidak memerlukan biaya apapun, kenapa karena platform ini juga mirip seperti blogger.

Nah yang terakhir ini adalah wordpress.org, loh? apa bedanya dengan yang tadi?

Ya jelas berbeda kawan, 

Pada dasarnya jika kamu menggunakan wordpress.com, maka domain yang kamu buat akan terlihat seperti ini. www.mediawana.wordpress.com nah berarti jika kamu mau membuat domain dengan wordpress.com, maka nama web kamu akan ada kata wordpress.com pada bagian akhir nama domain kamu.

Berbeda dengan wordpress.org, Jika kamu menggunakan platform ini, kamu perlu yang namanya hosting dan domain. nah ini biasanya memerlukan biaya untuk membelinya.

Jika kamu menggunakan wordpress.org kamu akan memerlukan hosting dan domain untuk meng-onlinekannya di internet.

Jika kamu belum memahami apa itu domain dan apa itu hosting, silakan pelajari dulu sampai kamu mengerti mengenai apa itu domain dan hosting.

 

3. Tentukan Nama Domain

Menentukan nama domain juga merupakan tahap yang harus dipersiapkan sebelum kita membuat blog. 

Karena nama domain merupakan ciri khas dari blog kita yang nantinya akan di kenal oleh banyak orang saat mengunjungi di internet nanti.

Untuk menentukan nama domain sebaiknya disesuaikan dengan topik blog, nama domain yang baiik itu mudah ditulis, diingat, dan diucapkan.

Misalnya : www.mediawana.com - www.belajarfakta.com - www.pintar.com

Nah dengan menggunakan domain diatas, maka orang lain dan termasuk juga kamu akan mudah untuk mengingatnya.

Lalu domain yang kurang tepat seperti apa?. Berikut adalah domain yang tidak direkomendasikan.

www.njdfskgfys.com - www.uihu27sjvu.com - www.762gu73.com

Dengan menggunakan domain diatas, admin jamin. Orang lain atau diri kamu sendiri akan merasa kesulitan untuk mengingatnya.

Maka dari itu, gunakan nama domain yang mudah diingat.

Itulah 3 hal utama yang perlu kamu siapkan sebelum membuat blog, buatlah blog yang dapat menyelesaikan masalah seperti tutorial, atau informasi tentang pendidikan seperti ilmu pengetahuan dan sebagainya. Blog kamu akan mencerminkan baik atau tidaknya terhadap para pengunjung.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال