Cara Melatih Siswa Berpikir Dengan Logika

Cara Melatih Siswa Berpikir Dengan Logika

Mediawana.com - Cara Melatih Siswa Berpikir Dengan Logika Kemampuan berpikir logis dapat disimpulkan sebagai kemampuan untuk menarik kesimpulan yang benar menurut aturan logika dan dapat membuktikan kesimpulan tersebut berdasarkan pengetahuan dan ilmu pengetahuan yang sudah diketahui. 

{getToc} $title={Daftar isi}

Cara Melatih Siswa Berpikir Dengan Logika

Seorang Siswa dapat Mampu berpikir dengan logika marupakan salah satu aspek penting dalam kepemimpinan. Maka karena itu, siswa harus dilatih untuk berpikir logis sejak dini supaya terbiasa hingga nanti sampai ia dewasa.

Berpikir logika artinya siswa mampu untuk menarik kesimpulan dan pemahaman yang benar menurut aturan logika dan dapat membuktikan kebenaran tersebut berdasarkan pengetahuan atau ilmu yang sudah mereka ketahui. 

Ada dua jenis cara berpikir dengan lokiga, yaitu berpikir induktif dan berpikir deduktif.

Berpikir induktif adalah waktu proses atau aktivitas berpikir untuk menarik kesimpulan dalam membuat suatu pernyataan baru yang bersifat umum berdasarkan pada pernyataan khusus yang diketahui kebenaranya. 

Berpikir deduktif adalah arti dari proses pengambilan kesimpulan yang berdasarkan pada premis. Premis sendiri artinya adalah sesuatu yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan yang keberadaannya telah ditentukan.

Baca Lainnya : Etika Komunikasi

Bagaimana cara melatih kemampuan berpikir secara logika?

  • Memulai kebiasaan suka mempertanyakan sesuatu.
  • Bersosialisasi dengan teman-teman yang lain.
  • Habiskan waktu melakukan hobi atau kegiatan yang kreatif.
  • Berpikir panjang sebelum memutuskan sesuatu hal atau pendapat.
  • Selalu mencoba berpikir secara objektif dan logis.

Berpikir logis dalam komunikasi

Berfikir logis dalam komunikasi dapat meningkatkan aspek komunikasi pada kontribusi tahap hypothesis testing dan conclusion dalam discovery learning.

Kenapa kita harus berpikir secara logis?

Dengan berpikir logis akan mengantarkan siswa untuk menuju kesuksesan, kemandirian dan rasa percaya diri. Karena, dengan adanya kemampuan itu seorang siswa dapat merespon fenomena atau kejadian yang terjadi di sekitarnya dengan cepat dan tepat melalui aturan, pola serta prinsip tertentu dalam logis atau logika.

Manfaat Memiliki Kemampuan Berpikir Logis

  • siswa dapat berpikir dengan tepat, dan mampu mengambil suatu tindakan dengan tepat, dan juga lebih efisien.
  • Siswa memiliki pola pikir yang lebih tajam dan berkembang, sehingga mampu menganalisis permasalahan secara logis, baik dan ilmiah.
  • Siswa diharuskan dapat meningkatkan kemampuan berpikir abstrak, cermat, dan lebih objektif dan logis.
  • Siswa dapat membedakan pemikiran yang keliru atau salah dan tidak mudah terhasut berita bohong, informasi yang belum jelas atau hoaks.
  • Siswa mampu berpikir secara rasional, kritis, dan juga lebih efisiensi.

Cara Mengajari Siswa Berpikir Logis

Melatih Siswa Berpikir Dengan Logika

Berikut ini adalah cara bagaimana mengajari siswa dalam berfikir logis, yaitu.

Beri kesempatan kepada siswa melakukan hobi yang bersifat kreatif

Cara ini dapat melatih siswa untuk berpikir dengan logika yaitu dengan cara memberikan kesempatan dan pengalaman kepada siswa untuk melakukan hal-hal kreatif. Seperti hobi yang mampu mendorong pemikiran logis siswa antara lain: menggambar, melukis, menulis, memecahkan masalah (puzle) dan memainkan musik.

Melatih siswa untuk berani bertanya

Cara berikut untuk mengasah logika siswa yaitu dengan cara melatih mereka untuk bertanya. karena dengan mereka bertanya pertanyaan terkait hal-hal yang baru dipelajari dapat melatih kemampuan berpikir logis siswa.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi terhadap siswa

Cara melatih logika yang berikutnya adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman-teman yang lain. Dengan begitu akan membuat perkembangan yang baik terhadap siswa.

Mendorong siswa untuk mempelajari Keterampilan Baru

Mempelajari keterampilan baru memang langkah yang tepat terhadap siswa. Salah satu cara meningkatkan logika berpikir siswa. Yaitu dengan cara mendorong siswa untuk lebih semangat mempelajari hal-hal baru selain pelajaran yang didapat di sekolah, seperti, mempelajari bahasa daerah yang belum pernah dipelajari sebelumnya, mempelajari framework thinking, dan lain sebagainya.

Mengajak siswa untuk selalu mencari bukti dan fakta

Mengajak siswa bermain detektif? Benar sekali, saat ini banyak sekali berita-berita atau informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Maka dari itu, inilah tujuan terhadap siswa agar dapat mencari mana informasi yang benar dan mana yang tidak benar.

Latih siswa untuk menjelaskan dan presentasi

Strategi pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan dalam berpikir siswa yaitu dengan cara mendorong mereka untuk menjelaskan jawaban atau tindakan mereka.

Dengan melakukan metode seperti ini diharapkan kemampuan siswa akan berkembang dan menjadi kebiasaan yang baik nantinya.

Lakukan cara seperti ini agar siswa dapat semakin baik dalam kemampuan berpikirnya dan kelak nantinya akan menjadi pemimpin yang dapat diandalkan.

Baca Lainnya : Metode Jigsaw Learning Disekolah Beserta Manfaatnya
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال