Pengertian Etika Komunikasi Beserta Fungsinya

Pengertian Etika Komunikasi

Mediawana.com - Komunikasi ialah kegiatan percakapan dan bertukar informasi baik dalam kehidupan maupun dalam internet.

{getToc} $title={Daftar isi}

Etika Internet atau netiquette, netiket - merupakan kependekan dari “network etiquette” atau “Internet etiquette” adalah “sopan-santun dalam berkomunikasi di internet, seperti dalam chating, kirim pesan, menulis status facebook, “berkicau” di twitter, menulis di blog (website), dan berkomentar di media online (situs berita)”.

Internet telah mengubah pola hidup serta budaya manusia dalam melakukan kegiatan belajar, bekerja, komunikasi, belanja, dan sebagainya.

Saat ini masyarakat terutama Indonesia sudah berada di fase yang nyaman menggunakan internet dalam berkomunikasi serta social networking yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Dirangkum dari beberapa sumber jumlah pengguna internet di Indonesia sendiri lebih didominasi oleh generasi muda yang berusia 15 sampai 30 tahun yang biasa disebut dengan "netizen".

Mereka berkomunikasi selayaknya didunia nyata, seperti telepon, kirim surat Email, komentar, dan lainnya.

Berbagai informasi yang didapatkan sekarang ini juga semakin terbuka, baik dalam konten positif maupun negatif.

Saat ini sudah banyak sekali konten negatif yang dapat ditemukan saat berinternet antara lain seperti konten yang tidak baik, (maaf kami tidak menggunakan bahasa yang tidak baik dibaca untuk anak-anak, kami mengedepankan edukasi dan informasi yang terbaik untuk generasi hebat) hingga berita bohong atau hoaks, belakangan ini tidak luput dari yang namanya toksik, yang biasa kita kenal dengan bahasa yang tidak sepantasnya untuk diberikan saat menggunakan internet.

Terutama dalam hal komentar dan chat melalui game, terkadang beberapa kata yang tidak bijak dikeluarkan pada sebagian orang.

Maka dari itu Anda sebagai orang tua atau kakak dan para pembina harus bijak dalam memberi dan mengawasi generasi berikutnya dengan baik.

Baca Lainnya : Mengenal Aplikasi Scratch Dalam Pendidikan

etika berinternet

Apa saja etika menggunakan internet ?

Hal utama dalam menggunakan internet adalah etika atau cara bijak menggunakan internet. Inilah 8 Etika menurut admin mediawana yang Harus Kamu Terapkan dalam Berinternet.

1. Ikuti hal yang Baik, Jauhkan hal yang Buruk

Luangkan waktu Anda sebentar untuk berhenti mengikuti akun atau pengguna apa pun yang membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri atau dunia pada umumnya. Tidak perlu terbawa emosi atau sebagainya yang dapat membuat Anda semakin buruk, pilihlah hal yang membuat Anda gembira.

2. Sebarkan Konten Yang Positif (Baik)

Seharusnya bagian ini tidak terlalu sulit untuk Anda setelah melewati tahap pada point pertama, Sebarkanlah dan saling berbagi informasi positif dan menyenangkan. Disinilah kebaikan Anda akan dihargai, dengan mengirim konten yang baik dan positif Anda akan mendapatkan suatu hal yang baik nantinya.

3. Beri Ulasan (Komentar) Positif

Selalu menggunakan kata-kata yang baik dan tidak menyinggung antar sesama, baik dalam berkomentar, berkomunikasi ataupun dalam memberikan ulasan terhadap rating.

Jika Anda menggunakan kalimat yang tidak baik serta dapat menyinggung orang lain, maka orang lain akan terpancing dan mengikuti hal yang sama.

Maka dari itu bijaklah dalam membuat kata yang baik, tepat dan benar.

4. Laporkan Tindak Negatif, Intimidasi dan Kebencian

Sebagian besar layanan platform media sosial memiliki cara untuk melaporkan postingan atau komentar secara anonim yang bertentangan dengan standar mereka.

Jadi, buatlah internet menjadi tempat yang aman dan penuh dengan hal baik.

5. Bersikap Baik Saat Menanggapi Komentar

Bijaklah dan hargai sesama dalam menanggapi suatu konten pada layanan tertentu, patuhi standar komunitas dan ikuti aturan yang berlaku. Dan saling menghargai adalah hal yang bijaksana.

Ketika Anda melihat sesuatu yang keren dan bersifat positif, jangan sungkan untuk berikan ulasan pujian atau sesekali berkontribusi positif untuk diskusi dengan komentator lain.

6. Berikan Beberapa Saran yang Baik

Artinya adalah jika Anda menemukan hal yang tidak baik, berilah saran yang baik kepadanya. Berilah tanggapan dan saran bahwa hal tersebut tidak baik. Dan perlu diingat Anda jangan terbawa emosi dan tetaplah untuk tenang dan berperilaku baik.

7. Hormati privasi orang lain.

Selalu berhati-hati jika terlibat dalam bahasan yang menyinggung privasi orang lain. Perlakukan informasi yang bersifat privat orang lain sebagaimana Anda ingin informasi privat Anda diperlakukan. Jadilah orang yang tetap saling menghargai.

8. Jadilah pemaaf.

Ini adalah kunci dimana cara etika berinternet, jika sewaktu-waktu Anda menemukan ulasan atau pesan dan respong yang tidak baik dan cenderung negatif, cobalah untuk bersabar dan tetap tenang. Maafkanlah dan do'akan yang terbaik. Tanamkan pada diri Anda sifat sabar dan pemaaf. Dengan begitu akan membuat hati dan hari Anda terlihat baik dan penuh kegembiraan.

Baca Lainnya : Ini yang Terjadi di Internet setiap 1 menit

Kenapa seseorang mudah berkata kasar?

Karena hal ini dilakukan untuk menjatuhkan harga diri lawan bicara karena ada perasaan takut sebelum ia yang dijatuhkan oleh lawan bicaranya. Jika hal ini dibiarkan terjadi, maka berkata kasar menjadi kebiasaan sehingga apa yang salah menjadi seolah-olah benar dan dianggap hal yang biasa. Itulah mengapa Kenapa seseorang mudah berkata kasar?

Dampak Negatif Berkata Kasar

Dirangkum dari beberapa sumber bahwa berkata kasar dapat membuat percaya diri seseorang semakin menurun. Pasalnya, orang sekitar sulit menghormati Anda dan justru segala dukungan tidak kamu dapatkan. 

Sehingga Anda hanya diam dan bingung harus bagaimana menjalani hidup. Ini yang akan terus menurunkan rasa percaya diri padahal hal itu terjadi akibat perbuatan Anda sendiri dalam berperilaku.

Maka dari itu ada sebagian pepatah mengatakan "Hargai orang terlebih dahulu, jika Anda ingin dihargai"

Internet juga mempunyai tata tertib/etika tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

Bimbinglah dan jaga generasi kita untuk menyelamatkan perilaku mereka yang tidak baik, dan buatlah dunia yang aman, tentram dan penuh dengan rasa toleransi yang baik dan selalu mengedepankan rasa peduli.

Baca Lainnya : Tugas dan Peran Guru dalam Pendidikan

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال