6 Tips Menjadi Guru yang Bahagia

Menjadi Guru yang Bahagia

Mediawana.com - Menjadi seorang pengajar atau guru bukanlah hal yang muda, apa lagi jika guru tersebut memiliki siswa yang sulit untuk dinasehati, pastinya membuat guru sedikit jenuh.

Maka dari itu guru harus bisa mengatasi hal tersebut dan mencari solusi agar pembelajarannya menjadi menyenangkan.

Menjadi guru yang bahagia itu pilihan kita. Kenapa harus bahagia? Karena kebahagiaan seorang guru sejalan dengan kualitas pembelajaran. Artinya adalah, Guru yang bahagia akan mengajar secara profesional dan berkualitas. 

Menjadi guru yang hebat tidaklah mudah, butuh karakter yang memiliki sikap dan komitmen yang kuat agar tercipta kesabaran dan semangat dalam mendidik anak bangsa.

Menurut KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti bahagia itu adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram.

Jadi jika seorang guru memiliki rasa dan jiwa yang semangat, penyabar dan bahagia sudah dipastikan guru yang sangat kompeten dan aktif dalam pembelajaran pada pendidikan.

Tips Menjadi Guru yang Bahagia

Berikut ini adalah tips untuk guru agar selalu tetap bahagia dan semagat.

1. Mengajar dengan ikhlas

Banyak dari sebagian guru mengeluh merasa lelah, jenuh dan tidak semangat dalam pendidikan, bahkan sudah tidak memiliki gairah untuk mengajar. Nah, coba selalu ingat kembali niat awal memutuskan untuk terjun dalam dunia pendidikan dan memilih profesi sebagai seorang guru. Tumbuhkan rasa percaya diri dan penuh dengan semangat agar pembelajaran terasa bahagia dan penuh dengan canda tawa bersama siswa.

2. Gunakan pakaian yang disukai

Cara guru agar selalu semangat dan bahagia adalah selalu mengenakan pakaian yang disukai, tentu saja pakaian yang tidak melanggar peraturan di sekolah, ya. Anda dapat menggunakan seragam dengan warna yang sejuk atau yang disukai.

3. Lakukan hal baru dan disukai

Seorang guru pada dasarnya mudah bosan dengan rutinitas apa lagi jika dilakukan setiap hari dan berulang. Maka dari itu silakan mencoba hal yang baru dan menyenangkan akan menjadikan pengalaman baru. Dan tentunya akan membawa kebahagiaan tersendiri. Misalnya Anda mencoba hobi baru seperti pergi ke wisata alam, wisata kuliner, melakukan olahraga atau merawat tanaman hias, atau bisa saja belajar kelompok dengan siswa dan saling berdiskusi yang menyenangkan.

4. Atur waktu untuk me time

Dengan ragam tugas dan beban tugas yang dimiliki guru sekarang berpotensi membuat guru tertekan dan merasa bosan. Maka karena itu, jangan lupa untuk me time ya,  hibur diri Anda. Lakukan hal-hal yang disukai seperti hobi, berkumpul dengan teman-teman, atau sekedar menyepi sendiri.

5. Jangan berdiskusi dengan perasaan sedih.

Saat hati merasa sedih, lesu dan tidak bersemangat cobalah untuk melawan dan jangan Anda pikirkan. Ucapkan pada diri sendiri untuk tetap semangat mengahapi hidup dan terus memiliki percaya diri dengan cita-cita atau tujuan Anda.

6. Memberikan afirmasi positif pada diri sendiri

Afirmasi positif merupakan positive self-talk yang harus lakukan supaya lebih bahagia. afirmasi adalah penetapan yang positif seperti, penegasan atau peneguhan yang berkaitan dengan sesuatu yang baik dan positif. Yang dimaksud afirmasi positif adalah pernyataan yang berulang kali diucapkan untuk menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan mengubah cara pikir menjadi lebih positif.

Lihatlah wajah siswa Anda dan ajaklah berdiskusi yang menyenangkan mengenai materinya atau buatlah kelompok dan diskusi bersamanya untuk menghilangkan rasa bosan dan lelahmu.

Beruntunglah jika Anda menjadi guru pada jenjang Sekolah Dasar, yang kemungkinan Anda tidak akan merasa bosan karena tingkah laku mereka tiap harinya, hehehe.

Seorang guru harus tetap semangat dan terus membangun masa depan generasi yang lebih baik.

Untuk para pengajar dan para guru Admin persembahkan quotes untuk membangunkan suasana Anda.

Guru yang baik itu ibaratkan sebuah lilin, membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain.

Tetaplah menjadi yang terbaik untuk mendidik anak bangsa.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال