Apa itu Bluescreen (BSOD) dan Bagaimana cara mengatasinya

Apa itu Bluescreen (BSOD) dan Bagaimana cara mengatasinya

Mediawana.com - Apa yang dimaksud dengan BSOD? (BSOD) adalah kondisi dimana Windows akan memunculkan warna biru pada layar monitor.

{getToc} $title={Daftar isi}

Pengertian Blue Screen of Death (BSOD)

Blue screen atau seringkali disebut dengan Blue Screen of Death (BSOD) hal ini muncul karena adanya kesalahan pada program yang ada pada software ataupun hardware yang ada pada laptop atau komputer Anda.

Apakah blue screen itu bahaya?

Pertanyaan yang sering kali diucapkan oleh sebagian orang. Apakah “bluescreen” merupakan tanda bahaya bagi komputer atau laptop? tentunya tidak, penyebabnya biasanya disebabkan karena tidak cocoknya system driver setelah update atau maintenace.

Penyebab Blue Screen of Death (BSOD)?

Penyebab Blue Screen atau Blue Screen of Death (BSOD) dapat dikatakan cukup banyak salah satunya adalah ketika saat sistem operasi Windows mengalami kesalahan (error) sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan (stop).

Masalah ini sering terjadi ketika ada kesalahan sistem, konfigurasi ataupun file program yang corupt.

Selain itu penyebab lainnya adalah kerusakan yang cukup fatal biasanya dapat membuat sistem komputer anda tidak berkerja dengan baik dan bisa saja mengalami kerusakan sebagai tersebut.

  • Kerusakan pada bagian Chip BIOS (Basic Input Output System)
  • Pemasangan Hardware yang tidak tepat. Seperti Ram tidak terpasang dengan benar dan lainnya.
  • Masalah Slot pada VGA/Lan Card, Kabel SATA/Pata tidak terpasang dengan baik.
  • Overheat (Kepanasan) pada Processor ataupun Hardisk dan Vga Card
  • Kerusakan pada Port Connector USB
  • Kerusakan pada area LAN Card
  • Kerusakan pada perangkat Hardisk
  • Kerusakan pada Motherboard (Mainboard), seperti VRM, Chipset, Chip Controller dan lainnya.
  • BUG/error dari software yang Anda gunakan yang bisa saja BUG tersebut menyebabkan System tidak bisa berjalan dengan baik dan semestinya.
  • BUG/error yang ada pada Driver dari Hardware yang Anda pakai bisa saja tidak support atau memadai.
  • Error pada regristry (Utility)

Cara Mengatasi Blue Screen of Death (BSOD)

Cara pertama untuk mengatasi saat komputer mengalami masalah Blue Screen of Death (BSOD) adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Restart (Nyalakan Ulang) Komputer

Hal yang pertama adalah dengan cara melakukan restart pada komputer atau laptop Anda. Restart ini dilakukan dengan cara tekan tombol restarst kemudian tunggu.
Jika sudah tunggulah sampai beberapa menit hingga menampilkan boot pada perangkat Anda.

Selain dengan cara restart, yang bisa anda lakukan ketika komputer atau laptop baru saja mengalami Blue Screen adalah dengan melakukan system restore pada komputer.

2. Matikan Komputer atau Laptop Terlebih dahulu

Cara lain yang dapat Anda gunakan adalah mematikan sementara perangkat Anda, matikan terlebih dahulu komputer yang sudah memunculkan blue screen tadi dengan cara menekan power button atau tombol power yang ada pada komputer kemudian tahan hingga komputer dalam keadaan off atau mati (hanya untuk penggunaan darurat).

  • Nyalakan kembali komputer atau laptop
  • Klik F8
  • Setelah komputer dinyalakan dalam keadaan booting klik F8. Berikutnya anda akan masuk ke dalam dashboard yang menunjukan pilihan booting.
  • Pilih Safe Mode
  • PIlih booting safe mode kemudian tunggu hingga booting safe mode selesai.
  • Masuk ke Operasi Sistem Safe Mode
  • Untuk metode ini selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik start windows > control panel > system & security > action center > recovery > open system restore > next > next > finish > yes.
  • Komputer Restart Otomatis

3. Menggunakan Cara Repair System Operasi Windows

Jika sebelumnya masih belum berhasil untuk mengembalikan Windows Anda dalam laptop atau komputer dalam kondisi yang semula, kemudian anda bisa melakukan cara yang kedua yaitu dengan cara menggunakan metode Repair System Operasi Windows. 

Untuk cara ini digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death yang biasanya terjadi karena ada file windows yang corrupt. 

Cara ini memerlukan DVD atau bootable operasi system Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan repair pada windows.

4. Menggunakan Cara Instal Update Driver

Cara lainnya yaitu dengan cara menginstal update driver. Hampir sama dengan melakukan repair, bedanya untuk instal update driver ini dikarenakan karena adanya crash karena update yang tidak cocok atau ada update yang belum selesai. 

Cara sangat mudah yaitu dengan melakukan download driver terbaru dari perangkat yang Anda miliki. Jika sudah silakan pasang pembaruan driver seperti biasanya. Dengan cara ini memungkinkan Anda bisa mengatasi masalah BSOD dan komputer kembali pulih.

6. Menggunakan Cara memeriksa Hardware

Jika masih saja belum kembali ke mode yang semula meskipun sudah melakukan pberbagai cara.  Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian hardware dengan melakukan cek pada bagian Hardisk terlebih dulu. Hardisk yang kurang sehat juga sangat berpengaruh pada perangkat Anda.
Setelah itu Anda juga wajib mengecek dan memeriksa pada perangkat lainnya seperti pada RAM dan lainnya.

7. Menggunakan Cara Instal Ulang Windows

Cara ini sebenarnya dalah langkah terakhir, yaitu dengan cara instalasi ulang sistem operasi Anda, silakan Anda siapkan DVD atau bootable yang sudah berisi windows dan segeralah memasang kembali sistem Anda, dengan begitu akan mengembalikan kondisi perangkat Anda dengan keadaan semula.

Baca Lainnya : Pengertian dan Fungsi BIOS Pada Komputer


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال