Hal Penting Sebelum Upgrade RAM Laptop

 Upgrade RAM Laptop 

Mediawana.com - Anda ingin menambahkan atau upgrade RAM Laptop?. Perhatikan hal berikut ketika ingin mengUpgrade RAM laptop.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita kenalan dulu yuk, dengan RAM yang imut ini.

{getToc} $title={Daftar isi}

RAM
 adalah Memori akses acak atau biasanya dikenal dengan Random Access Memory atau RAM, yaitu sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut ada dimana.

RAM merupakan komponen yang tidak kalah penting untuk menunjang peforma dan akselerasi pada aktifitas perangkat laptop. Apa lagi jika Anda menggunakannya untuk kegiatan yang cukup berat, pastinya Anda membutuhkan RAM lebih untuk dapat menunjang kinerja laptop Anda.

Berikut adalah Hal yang perlu Anda perhatikan Sebelum Upgrade RAM.

1. Cek Slot RAM

Sebelum Anda ingin mengganti atau menambahkan kapasitas RAM, coba perhatikan kembali slot yang dimiliki laptop Anda.

Tidak semua laptop memiliki 2 slot RAM atau lebih dari itu. Maka dari itu, perhatikan slot yang dimiliki laptop Anda, apakah memiliki 1 slot RAM atau 2 slot RAM.

Gimana kalau laptop cuma ada 1 slot RAM?. Apa bisa mengUpgrade RAM?.

Tentu saja bisa, jika Laptop Anda memiliki 1 slot RAM saja, sebenarnya tidak masalah, namun jika saat upgrade RAM, tentu saja RAM lama Anda akan dicopot dan diganti dengan RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jadi ibaratkan seperti ini. RAM Anda sebelumnya adalah 2 GB, dan Anda ingin Upgrade ke 4 GB. Tentu saja Anda harus membeli RAM 4 GB, kenapa engga 2 GB aja min?.

Karena 4 GB akan menggantikan RAM yang 2 GB tersebut, karena laptop hanya memiliki 1 slot RAM, mau tidak mau harus ada yang direlakan (dicopot) untuk menggantinya. 

Berbeda halnya jika laptop Anda memiliki 2 slot RAM, Anda hanya perlu menambahkan RAM sebesar 2 GB untuk dipasang di slot ram yang ke-2. jadi total RAM laptop Anda menjadi 4 GB.

2. Kompatibilitas 

Cek apakah RAM memiliki type tertentu untuk laptop Anda. Maksudnya gimana min?.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah slot RAM laptop Anda DDR2, DDR3, atau DDR4. Jika Anda bingung dengan perbedaannya, perhatikan contoh berikut.

jenis RAM

Apakah sudah terlihat perbedaannya?. Ya, benar sekali, jika kita perhatikan akan terlihat berbeda antara DDR2, DDR3, ataupun DDR4.

Maka dari itu, perhatikan kembali type RAM yang dimiliki oleh laptop Anda.

Ada dua cara untuk melihat type RAM yang sedang digunakan, yang pertama dengan cara menggunakan perangkat lunak CPU-Z, Anda dapat mengunjungi hamanan di web resminya (cpuid.com).

Cara yang kedua, yaitu dengan cara melihat secara langsung di label pada RAM. Dengan cara membongkar atau membuka casing dari laptop itu sendiri, jika Anda masih ragu dan takut untuk membukanya, silakan bawa ke toko komputer atau layanan terdekat untuk melihat dan mengganti atau upgrade RAM sesuai dengan kapasitas yang Anda inginkan.

3. Ketahui Apa Tipe dan Frekuensi RAM

Tidak semua perangkat motherboard mendukung kecepatan frekuensi pada memori RAM. Maka dari itu, Anda harus mengetahui tingkat kemampuan motherboard dalam menerima kecepatan frekuensi dari RAM itu sendiri. Misalnya untuk tipe RAM DDR tertentu seperti DDR3 dengan maksimal speed antara 1066 – 1600 Mhz untuk mode stkamur dan 1866 -3000 MHz untuk overclocking. Umumnya Anda dapat melihatnya dengan cara masuk kedalam BIOS (Basic Input Output System) ketika pertama kali laptop dinyalakan.

4. OS Laptop yang digunakan

Ya benar sekali, perhatikan sistem operasi, misalnya pada Sistem Operasi Windows 7 dengan arsitektur 32 bit batas limit memori hanya 4GB saja, sedangkan untuk arsitektur 64 bit yaitu memiliki batas limit memori hingga 192 GB.

5. Masa Garansi

Setelah Anda menambahkan atau Upgrade kapasitas RAM maka otomatis garansi akan hilang atau hangus.

Maka dari itu Anda pertimbangkan terlebih dahulu ketika ingin meng-upgrade kapasitas RAM. Lebih baik upgrade setelah garansi perangkat itu sudah habis.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال