Istilah Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

Jaringan Komputer

Mediawana.com - Banyak sekali istilah yang dipakai oleh para teknisi dan para IT untuk menyebutkan nama nama jaringan komputer, apa saja?. Simak selengkapnya.

{getToc} $title={Daftar isi}

ISP

ISP, Apa sih IPS itu?.

ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider yaitu perusahaan atau badan usaha yang menawarkan layanan koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP pada awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, namun karena dulunya ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon.

Sekarang ini ISP sudah menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan juga hosting. ISP ini memiliki jaringan baik secara domestik maupun internasional hingga saat ini pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan ISP tersebut dapat terhubung kenjaringan Internet global.

IP Address

Pengertian IP Address

Menurut Anda apa itu IP Address?. IP Address adalah alamat protokol yang diberikan kejaringan serta peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. 

IP address sendiri memiliki 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik, contohnya seperti 192.168.0.1 atau dapat diartikan misalkan berformat w.x.y.z. IP address merupakan protokol yang banyak digunakan untuk meneruskan (routing) data informasi di dalam jaringan.

IP Address bersifat unik, Address bersifat unik, artinya adalah dalam satu jaringan tidak ada dua host atau lebih yang menggunakan alamat IP yang sama.

LAN - Local Area Network

Local Area Network biasanya disebut dengan istilah LAN, LAN sendiri biasa dipakai untuk keperluan sendiri seperti menghubungkan perangkat-perangkat dalam sebuah
kantor, gedung atau kampus, dan sekolah. 

Tergantung kebutuhan dari organisasi dan tipe teknologi yang dipakai, pada jaringan LAN dapat saja hanya berupa dua PC dan sebuah printer didalam sebuah rumah ataupun kantor.

LAN - Local Area Network memiliki Jangkauan area jaringan yang relatif cukup kecil yaitu hanya sekitar 1 km (kilo meter).

DHCP - Dinamyc Host Configuration Protocol

DHCP atau Dinamyc Host Configuration Protocol adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang (terhubung) memintanya. komputer atau perangkat yang memberikan nomor IP kepada client (komputer) inilah yang disebut sebagai DHCP server, dan untuk komputer yang melakukan permintaan request disebut dengan DHCP Client.

Seperti halnya pada IP Address, namun bedanya adalah jika DHCP berjalan secara otomatis untuk memberikan nomor IP kepada perangkat yang terhubung.

Repeater

Repeater

Repeater adalah alat bantu yang menangkap sinyal dari router untuk kembali dipancarkan dengan intensitas yang lebih kuat. Karena itu, repeater tak akan berfungsi jika tidak ada router.

Jika jangkauan internet Anda hanya 20 meter, Anda dapat memanfaatkan repeater untuk memperluas kembali jaringan internet Anda hingga 40 meter atau bahkan lebih.

Gateway

Pengertian Gateway, apakah Anda pernah mendengar kata gateway, lalu apa sih gateway itu?

Pengertian gateway adalah perangkat yang dipakai untuk media yang menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer yang lainnya, dan menggunakan sistem protokol yang berbeda maka dari itu, setiap jaringan komputer dapat mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain protokol yang berbeda.

Node

Node adalah titik-titik yang saling berhubungan dari satu perangkat dengan perangkat yang lainnya. Node juga sering dikatakan sebagai fondasi yang memungkinkan sebuah teknologi dapat bekerja. Meskipun begitu node juga dapat bervariasi, tergantung dari pada jaringan dan protokol lapisannya. 

Sebuah node jaringan fisik yaitu aktif perangkat elektronik yang terpasang ke jaringan. Fungsinya yaitu membuat, mengirim, serta menerima informasi melalui saluran komunikasi.

Pada jaringan komputer node itu sendiri berupa peralatan komunikasi data atau DCE seperti bridge, hub, atau modem. Selain itu node juga dapat berupa peralatan terminal data atau DTE.Contohnya seperti printer,  atau komputer host contohnya adalah server, router, ataupun workstation.

NIC - Network Interface Card

NIC (Network Interface Card) atau LAN Card adalah Kartu Jaringan yang merupakan perangkat penyedia media untuk menghubungkan setiap komputer. Biasanya Kartu Jaringan berjenis kartu internal.

Apa fungsi dari NIC?

Cara kerja NIC yaitu dengan mengubah aliran data paralel dalam bus komputer setelah itu diubah menjadi bentuk data serial sehingga nantinya dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang paling sering digunakan, antara lain adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, dan juga radio (jika memang tidak menggunakan kabel).

Server

Apa arti dari server

Apa arti dari server? Pengertian Server ?.

Server merupakan sistem komputer yang memiliki layanan spesial atau khusus yaitu berupa penyimpanan data. Data yang disimpan lewat server berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks serta lengkap.

Bagaimana cara kerja server?.

Server bekerja atau beroperasi atas permintaan dari klien. Misalnya saja ketika Anda mengetik dan mencari suatu alamat website menggunakan web browser, maka komputer Anda sedang bertindak dan menjadi klien yang meminta informasi kepada web server. Setelah itu web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, maka dari itu, Anda pun dapat mengakses dan membaca isi website tersebut.

Klien - Client

Setelah kita membahas tentang server, berikutnya adalah komputer client, tentu saja cukup asing bagi Anda yang tidak terbiasa memperdalam di dunia IT (Teknologi), khususnya komputer. 

Istilah seperti ini biasanya sering disangkut pautkan dengan komputer server. Sehingga, jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang komputer client, pembahasan materi tentang komputer server juga tidak dapat ditinggalkan.

Komputer client merupakan komputer yang biasa digunakan untuk meminta layanan tertentu dari komputer server. Layanan ini bisa saja data, file, gambar, printer, maupun yang lainnya.

Akses pada komputer client yang diberikan pun cukup cepat karena tidak melakukan tugas lain dalam waktu yang bersamaan, seperti halnya komputer server. Maka dari itu, komputer ini cukup baik dan layak digunakan sebagai sebuah sistem keamanan dan administrasi pada perusahaan atau organisasi tertentu.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال