Sistem Operasi Pengertian, Fungsi, Jenis dan cara Kerjanya

 

sistem operasi

 

 

 

 

Mediawana - Penggunaan media elektronik khususnya pada perangkat Komputer dan Smartphone yang mana, faktor yang paling utama mempengaruhi pengguna untuk memakai perangkat tersebut adalah dari sisi informasi dan komunikasi agar menjadi menjadi efektif.

Untuk dapat mengelola faktor tersebut, tentu sebuah perangkat atau device membutuhkan yang namanya sistem operasi. Ya, sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).

Sistem operasi dan aplikasi dari suatu komputer disebut dengan istilah perangkat lunak (software). Mengapa karena perangkat lunak adalah istilah yang merunjuk pada program komputer termasuk dengan sistem operasi atau OS.

Bagaimana?. Sudah dapat gambaran apa itu Sistem Operasi?. Kita lanjut menbahas lebih mendalam, oiya untuk nama sistem operasi bisa di balik juga ya, seperti OS yang artinya Operasi Sistem, namun Anda juga bisa membacanya  dengan Sistem Operasi, Baik penyebutannya Sistem Operasi atau Operasi Sistem akan mengarah ke materi yang sama yaitu OS.

Kita lanjut. Untuk artikel kali ini kami akan membahas seputar pemanfaatan sistem operasi dalam kehidupan sehari – hari beserta komponen dan cara kerjanya. Yang mana informasi yang didapatkan dapat memberikan gambaran secara lebih jelas terkait hubungan antara OS dengan aktivitas manusia itu sendiri.

Pengertian Sistem Operasi

Definisi umum dari sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dapat untuk mengelola sumber daya (resources) dari software dan hardware agar dapat berjalan dengan baik dan memudahkan proses interaksi dengan pengguna atau biasa disebut dengan user (brainware).

Bagaimana apakah Anda mengerti dengan informasi diatas, jika belum mengerti. Tenang ibaratkan seperti ini bayangkan saja sebuah Robot, sebuah robot tidak dapat bergerak jika tidak ada yang menggerakan, anggap saja yang menggerakan adalah program.

Setelah itu bayangkan kalau Robot adalah Komputer Anda dan Program adalah Sistem Operasi. Komputer tidak dapat kita gunakan jika tidak ada Sistem Operasinya, meskipun komputer dapat menyala jika tidak ada sistem operasi, namun kita tidak dapat menggunakan layaknya komputer lain, yang ada gambarnya, animasinya, aplikasinya atau lainya.

Apakah Anda sudah paham dan mengerti?. Kalau belum mengerti juga, tidak perlu bersedih, tenang saja. Kami akan berusaha membuat Anda mengerti mengenai topiknya.

Coba perhatikan kembali, bayangkan se-ekor kucing, anggap saja kucing ini adalah komputernya, lalu bagaimana dengan sistem operasinya?. Anggap saja sistem operasi ini adalah nyawanya, nah nyawa inilah yang membuat kucing hidup dan dapat menggerakan kakinya, lengannya, ekornya dan lainya. sama seperti komputer, komputer tidak dapat digunakan kalau enggak ada sistem operasinya, sistem operasi ini dapat menghubungkan komputer Anda dengan Speaker, Scanner, Printer dan masih banyak lagi termasuk aplikasinya.


Sejarah Sistem Operasi

Siapa sih yang gak tau dengan sistem operasi, hampir semua perangkat memiliki sistem operasi, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, sistem operasi dibagi menjadi empat generasi. Apa saja?. Berikut empat generasi pada sistem operasi.

1. Generasi Pertama (1945 - 1955)

Generasi pertama adalah awal perkembangan sistem komputasi elektronik untuk menggantikan komputasi mekanik. semua itu karena disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan terkadang manusia juga ada kesalahan dalam fokus. ya namanya juga manusia biasa, kadang salah kadang-kadang juga ada benernya, pendeknya ini untuk meminimalisir keliruan jika nantinya terjadi kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, oleh karenanya sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

Sistem yang ada pada komputer dilakukan secara manual dikarenakan belum ada sistem operasi secara otomatis. Oleh karena itu, berarti sistem operasi masih belum mendukung layanan pekerjaan yang bisa dikerjakan pada 1 rangkaian. 


2. Generasi Kedua (1955 - 1965)

Pada generasi kedua sistem komputer pertama kali memperkenalkan BPS yaitu Batch Processing System apa itu, yaitu adalah task yang dikerjakan pada satu rangkaian, kemudian akan dieksekusi secara berurutan.

Meski sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, namun ada beberapa fungsi sistem operasi yang sudah ada. Contohnya adalah FMS dan IBSYS.

 

3. Generasi Ketiga (1965 - 1980)

Generasi ini mengembangkan sistem operasi untuk melayani banyak pengguna sekaligus, yang mana para pengguna interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer.


Sederhananya para pengguna atau user dapat berkomunikasi atau berhubungan melalui terminal secara online ke komputer lain, sehingga sistem operasi dapat dikatakan menjadi multi user (banyak digunakan oleh user sekaligus).


4. Generasi Ke-empat (1980 - Paska 1980)

sejarah sistem operasi

 

 

 

 

Pada generasi ke-empat ini sistem operasi dimanfaatkan untuk menunjang jaringan komputer dan menghubungkan keberadaan komputer – komputer yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.

Pada generasi keempat telah diperkenalkan adanya Graphical User Interface atau GUI, apa itu GUI?. Seperti namanya GUI adalah Graphical User Interface yang artinya hal itu berarti sistem operasi sudah mempunyai tampilan yang sudah bermodalkan mouse. Dimana End-User bisa menjalankan aplikasi, software dan program.

 

Fungsi Sistem Operasi

Setiap perangkat pintar seperti komputer dan smartphone tentu saja memiliki yang namanya sistem operasi, lalu fungsinya untuk apa sih?. Simak fungsi sistem operasi sebagai berikut.

 1. Memory Management

Apakah Anda tau dengan memory management?. memory management itu adalah media penyimpanan. Memory Management terbagi menjadi 2, yaitu primary memory dan main memory. 

Primary Memory merupakan kebutuhan penyimpanan yang paling diutamakan layaknya seperti RAM.

Main Memory merupakn kebutuhan penyimpanan yang dapat diakses langsung melalui CPU atau Central Processing Unit.


2. Device Management

Apakah Anda tau apa itu Device Management?. Davice Management itu mempunyai fungsi khuhus. Yaitu, untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui setiap driver. Semua itu yang menangani adalah I/O Controller (Input/Output Controller).


3. File Management

Pada fungsi ini, file management berfungsi untuk mengatur atau mengelola konfigurasi pada dokumen, mulai dari awal sampai akhir yang mengatur kebutuhan setiap informasi, lalu mengelola lokasi, fungsional sistem, dan fitur-fitur lainnya.

Konfigurasi ini disebut juga dengan File Sistem, konfigurasi awal sudah di atur sendiri oleh sistem operasinya, file sistem biasanya dimasukan ke dalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunanya atau si pemakainya.


4. Processor Management

Fungsi dari sistem operasi adalah untuk mendukung proses multiprogramming yang berfungsi untuk menentukan fase mana yang menggunakan processor dalam jangka waktu tertentu.


Komponen Sistem Operasi





 

 

Komponen sistem operasi terdiri menjadi beberapa bagian utama dalam sebuah sistem operasi. Diantaranya adalah.

1. File

Yang pertama adalah file, file ini merupakan yang terbentuk atau dijalankan melalui sistem operasi.

 

2. Kernel

Kernel adalah perangkat lunak atau software yang membentuk  sebuah sistem dan memiliki tugas untuk melayani berbagai macam program aplikasi secara aman dan mudah tentunya ramah.

 

3. User Interface atau UI

Tidak hanya makhluk hidup saja yang memiliki karakteristik. Sistem operasi juga punya. Sistem operasi mempunyai karakteristik antarmuka yang menjadikan interaksi antara pengguna dengan komputer atau perangkat.

 


Jenis-jenis Sistem Operasi


 

 

 

 

 

 

 

Pada bagian ini kita akan membahas jenis-jenis pada sistem operasi berdasarkan cara kerjanya. Berikut informasi mengenai jenis-jenis sistem operasi.

1. Batch OS

Yang pertama ada Batch OS, awas bingung OS itu apa. OS dibaca Operating System atau bahasa indonesianya adalah Sistem Operasi, kita lanjut.

Batch OS adalah sistem operasi yang dapat menyatukan beberapa pekerjaan, sehingga menjadi lebih cepat dan tidak terlalu berat buat diimplementasikan atau diaplikasikan.


2. Distributed OS

Jenis yang kedua ini menggunakan beberapa processor diberbagai mesin untuk memudahkan komputasi yang nantinya akan diberikan atau disalurkan kepada user dengan cepat dan akurasi yang tepat.


3. Mobile OS

Mobile OS adalah operasi sistem yang dibuat atau di desain khusus untuk kebutuhan prangkat mobile. Jaman sekarang semua orang sudah mengerti bahkan memiliki Gawai atau perangkat keras mobile. Apakah Anda tau Android atau IOS?. Mereka berdua adalah platform OS yang dibuat spesial yang ditargetkan untuk kebutuhan aplikasi dalam perangkat mobile.

Buat yang belum tau, perangkat mobile adalah perangkat yang dapat kita gunakan dengan mudah dan dibawa kemana-mana dan mudah penggunaanya, contohnya seperti tablet, smartphone, dan masih banyak lagi.


4. Multitasking  atau Time - Sharing OS

Dengan menggunakan OS atau sistem operasi multitasking ini, jadi setiap penggunanya dapat mengerjakan beberapa tugas atau kerja secara bersamaan dalam satu waktu di perangkat CPU yang sama.


5. Network OS

Apa itu Network OS, apakah Anda baru mendengarnya?. Dalam menggunakan jaringan atau network, OS juga berperan sebagai mengatur data, kemanan, user dan fungsi dari perangkat itu sendiri.


6. Real - Time OS

Fungsi ini adalah Real Time OS, yang mana interval atau jarak waktu pemrosesan dan respon input yang kecil.


Cara Kerja Sistem Operasi



 

 

 

Setelah kita mempelajari dan memahami sistem operasi. Apakah Anda tau?. Bagaimana cara kerja pada sistem operasi?.

Yang pertama Sistem Operasi ini akan dimuat dalam perangkat komputer menggunakan boot program bahasa kerennya booting, dimana setelah proses booting dilakukan, ketika komputer atau perangkat dinyalakan, Sistem Operasi akan melakukan prosesnya untuk menyiapkan Perangkat Anda. Yaitu, Sistem Operasi bertugas untuk mengatur dan mengelola setiap program aplikasi pada perangkat yang akan gunakan nanti.

Aplikasi ini nantinya akan membuat permintaan kepada API atau Application Programming Interface. Agar user atau pengguna tidak perlu mengetahui bagian dapur dalam softwarenya, ibaratkan seperti ini jika tidak ada API, maka nantinya kalian pasti ribet melihatnya, bingung dan tidak mengerti karena biasanya yang memahami bagian ini, adalah programmer atau yang memahami dunia IT.

Baca Juga: Komputer adalah, apa itu komputer?. pengertian dan cara kerjanya

Dengan adanya API atau Application Programming Interface Anda akan sangat dimudahkan dalam penggunaannya. Tugas dari sebuah OS akan bekerja dengan berbagai instruksi yang dilakukan penggunanya atau si pemakainya atau user.

Sehingga tujuan utama dari Sistem Operasi akan mempermudah Anda dalam menggunakan perangkatnya (Komputer). serta dapat menghemat waktu dan lebih efiensi dan cepat serta efektif. Masih bingung ya. Coba kita lihat ringkasan dibawah ini.

Anggap saja Anda sedang menggunakan komputer, Anda akan menghitung 50 x 100. Jika menggunakan kertas Anda dapat menghitung dengan waktu yang tidak sedikit, Anda perlu menjumlahkan ini dan itu hingga keluar hasilnya. Berbeda dengan menggunakan aplikasi kalkulator yang ada dikomputer atau Smartphone, kita hanya tinggal klik tombol 50 x 100. maka dengan cepat akan keluar hasilnya, yaitu. 5000.

Meskipun begitu bukan berarti Jaman sekarang harus menggunakan kalkulator dan  menghindari penggunaan kertas. jika Anda berfikir seperti itu, maka Anda salah besar, Teknologi dibuat dan didesain untuk mempermudah dan memberikan akurasi nilai yang akurat dan menggunakan waktu yang efiensi dan efektif.

Teknologi pada dasarnya adalah untuk membantu pekerjaan atau tugas yang berat agar mempersingkat waktu dan efiensi serta keefektifan dan akurasi yang mumpuni.


Jika Anda masih sekolah atau dalam tempuh pendidikan gunakan hitungan dengan menggunakan kertas, untuk pengalaman dan belajar Anda. menggunakan kalkulator  hanya sesekali saja.


Mediawana akan memberikan informasi yang positif, lengkap dan pastinya mendidik untuk kemajuan genaresi literasi, ayo tingkatkan membaca dan menulis untuk masa depan. terima kasih sudah mengunjungi situs kami semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mencari solusi, terus dukung kami.

Jika ada pertanyaan Anda dapat meggunakan halaman kontak. Terima kasih

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال