Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory) beserta jenisnya

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory) beserta jenisnya

Bagi yang sering oprek komputer tidak asing lagi dengan nama RAM, karena RAM sendiri adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah komputer. Ingin mengetahui lebih lanjut apa itu RAM?

Berikut penjelasan mengenai RAM.

Pengertian RAM (Random Access Memory)

Ram atau Random Access Memory adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap. Tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memory atau acak, jadi RAM ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara saja saat anda menggunakan komputer atau software tertentu, agar dapat diproses dengan cepat.

RAM sendiri bersifat Voltile yang artinya membutuhkan daya listrik. Berbeda dengan media penyimpanan lain, seperti Flashdisk (FlashDrive), Harddisk (HDD), atau CD/DVD yang bersifat non-voltile yang artinya dapat menyimpan data meskipun tidak ada aliran daya (Listrik).

Jadi RAM Bekerja saat komputer dalam keadaan menyala saja.

Fungsi RAM

Fungsi RAM pada umumnya adalah untuk mempercepat proses kinerja pada prosesor dalam pengolahan data pada komputer atau laptop.

Semakin besar kapasitas pada RAM yang digunakan maka kinerja semakin cepat dan memiliki banyak ruang dan juga semakin cepat dalam proses pengolahan data pada komputer atau laptop.

Kecepatan RAM dalam membaca sebuah data bisa mencapai 10 kali lebih cepat dari memori atau penyimpanan biasa seperti Harddisk dan lainya.

Berikut fungsi RAM pada komputer/PC atau Laptop 

  • Menyimpan data yang sementara

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras yang berfungsi untuk penyimpanan data sementara. Hal ini berarti saat anda menggunakan komputer atau laptop maka RAM akan bekerja sebagai mestinya yang akan menyimpan data sementara. Sebagai contoh, saat anda membuat tugas sekolah atau kuliah bahkan tugas kerjaan, dalam proses tersebut RAM akan menyimpannya sebagai data sementara. dan setelah anda selesai dengan tugas anda, jangan lupa untuk menyimpannya agar tidak hilang, pada dasarnya jika komputer dimatikan semua data yang ada pada RAM akan terhapus. 

  • Untuk membaca data

 Semua data dan informasi yang disimpan didalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran dari RAM komputer.

 

Jenis-jenis RAM (Random Access Memory)

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM:

  • Dynamic RAM (D RAM)

Dynamic RAM adalah jenis RAM yang disegarkan (Refresh) oleh CPU (Central Proccessing Unit) secara berkala agar data yang ada didalamnya tidak hilang.

  • SD RAM

SD RAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah RAM pembaruan dari D RAM namun telah mengalami singkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SD RAM lebih cepat dibandingkan dengan D RAM.

  • DDR RAM

DDR RAM (Double Date Rate Random Access Memory) adalah jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. DDR RAM juga memilik generasi terbaru, yaitu DDR 2, DDR3, DDR4 dan kemungkinan akan terus berlanjut.

  • RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan pentium 4.

  • S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data didalamnya tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU (Central Proccessing Unit), jenis RAM ini proses kerjannya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

  • EDO RAM

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah RAM jenis yang digunakan pada perangkat dengan OS pentium, jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan fungsi pada RAM. Semoga bermanfaat dan dapat membantu. Terima kasih

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال