Pengertian Processor, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

 Pengertian Prosesor, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Mediawana.com - Processor adalah komponen utama atau otak dari komputer atau laptop. Biasanya processor terletak tepat ditengah motherboard atau mainboard, processor memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem dan alur dari kinerja pada mesin, karena semua perintah dimulai dari processor.

Maka dari itu, memilih processor terbaik untuk mendukung dan akselerasi memang sangatlah penting, apa lagi jika Anda seorang gamer dan desain grafis tentunya harus menggunakan processor yang baik dan stabil. 

Selain itu juga dapat mendukung seperti pekerjaan sehari hari seperti, menulis, E-Mail, browsing, game dan mengolah grafis dan masih banyak lagi.


Baca Juga : Pengertian Software : Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Fungsi Processor

Apakah Anda bertanya?, apa sih pengertian processor dan fungsinya?. Fungsi processor adalah untuk memproses data. Jadi pada processor ini akan memproses data dan mengolah data yang di perintahkannya.

Meskipun seperti itu processor juga tidak dapat bekerja dengan sendirinya tanpa bantuan dari komponen yang lain, processor juga sangat bergantung pada komponen yang lain seperti RAM (Random Access Memory), setidaknya memiliki kecepatan sama atau dapat mengimbangi si processor itu sendiri, salah satu pendukung yang berperan besar processor adalah RAM.

Lalu apa saja sih fungsi dari processor ini?. Simak selengkapnya.

1. Memastikan komputer dapat bekerja dengan baik

2. Menjaga stabilitas komponen komputer

3. Menjaga peforma dan kinerja pada komputer

4. Menunjang kegiatan spesifik komputer

5. Menjalankan proses informasi pada komputer

6. Mengolah dan memproses perhitungan algoritma

7. Memberikan perintah kepada setiap komponen komputer

8. Mendukung kebutuhan spesifik pada komputer

9. Menunjang kinerja dan stabilitas pada komputer

10. Memberikan akselerasi yang mumpuni dan kinerja yang baik pada komputer


Komponen Processor

Processor juga memiliki beberapa komponen didalamnya untuk dapat bekerja dengan baik, berikut komponen yang ada pada processor.

1. Control Unit (CU)

Control Unit berfungsi untuk mengatur lalu lintas dan kegiatan data yang ada pada komputer seperti input dan output. Aktifitas dapat diproses tanpa adanya tunpang tindih dan dilakukan secara terstruktur atau teratur.


2. Artimatics Logical Unit (ALU)

Komponen ini berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika sesuai dengan perintah yang diperoleh, perhitungan ini digunakan supaya komputer dapat membaca intruksi dengan benar. Selain itu processor benar benar melakukan pekerjaannya dengan baik pada sebuah sistem.

3. Register Unit (RU)

Komponen ini adalah alat yang digunakan untuk penyimpanan yang lebih kecil dari pada memory utama dan memiliki kecepatan akses yang tinggi. Data yang sudah diproses oleh Control Unit dan Artimatics Logical Unit akan disimpan pada komponen ini untuk dapat diproses kembali nantinya.


Cara Kerja Processor

Bagaimana cara kerja pada processor?. Terdapat tiga dasar yang dilakukan processor. Yaitu:

1. Menggunakan ALU atau Artimatics Logical Unit untuk melakukan operasi matematis.

2. Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.

3. Mengambil keputusan serta melompan dan memilih ke intruksi lain.


Dasarnya processor akan menerima perintah masuk atau input dari keyboard, mouse, atau dari pengimput lainya yang terhubung ke dalam komputer. Setelah itu akan menerjemahkan perintah tersebut untuk kemudian akan diteruskan outputnya atau hasilnya ke hardware atau software yang terkait.

Dalam pengembangannya kita sebagai pengguna komputer yang masuk kategori menengah terdapat processor yang sering kali mencari perbincangan dipasaran yaitu AMD dan Intel.

Kedua produsen ini selalu bersaing untuk menghadirkan processor komputer yang terbaik dan yang paling canggih serta hebat. Keduanya akan selalu menghadirkan inovasi yang memiliki kinerja baik dan stabil. 

Itulah Pengertian Processor, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja pada processor.

Baca Juga : Pengertian Motherboard dan Fungsi Motherboard serta jenis-jenis Motherboard


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال