Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet beserta sejarah internet

 Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet

Mediawana.com - Di jaman ini merupakan dimana teknologi berkembang pesat dan banyaknya pengguna internet tapi taukah Anda. Pengertian internet intranet?. Secara definisi internet dan intranet merupakan hal yang berbeda namun memiliki satu kesamaan.

Yaitu sama-sama untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, berikut ini Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet.

Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan dimana untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Dengan menggunakan TCP/IP memungkinkan kita dapat berkomunikasi, berinteraksi dan saling bertukar informasi meskipun jaraknya yang jauh.

Pengertian Intranet

Selain internet ada juga yang namanya intranet, lalu apa sih perbedaannya?. Intranet adalah jaringan pribadi atau Private Network, yang menggunakan internet untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal. 

Seperti Perusahaan, Sekolah, Universitas, Kantoran dan lainnya.

Intranet juga termasuk kedalam salah satu jaringan LAN atau Local Area Network yang digunakan hanya untuk mencakup wilayah kecil.

Perbedaan Antara Internet dan Intranet

perbedaan antara internet dan intranet

Berikut perbedaan antara internet dan intranet

Internet

Internet adalah sebuah jaringan internal perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet. Internet atau Interconnected Network adalah sebuah sistem komunikasi yang menghubungkan komputer dan jaringan ke seluruh dunia.
Dari mana sih internet itu?. 

Dulunya internet berasal dari sebuah penelitian yang ditugaskan sama pemerintah federal amerika serikat loh. Sekitar tahun 1960-an. Lalu fungsinya dulu untuk apa sih?.
Dulunya internet digunakan untuk membangun komunikasi dan minim dari kesalahan dengan jaringan komputer. Dulunya internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. Apa itu ARPA?. ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pada saat itu dinamakan ARPANET. ARPANET adalah kepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network.
Kalau kamu mau sejarahnya silakan lihat dibawah ya.

Intranet

Setelah internet sekarang kita membahas Intranet. Apa itu Intranet?. Intranet adalah kepanjangan dari Internal Network. Internal Network atau Intranet merupakan suatu jaringan privat atau pribadi dapat juga dibaca Private Network, Intranet menggunakan protokol-protokol internet TCP/IP atau dibaca Transmission Control Protocol atau Internet Protocol.
Yang berfungsi untuk berkomunikasi dan mengirim informasi rahasia dalam area yang terbatas, contohnya seperti sekolah, universitas, perusahaan dan lain-lain.

Yang artinya intranet adalah jaringan internet yang tertutup dan terbatas atau dapat juga disebut jaringan pribadi. Biasanya digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan tertentu yang tidak dapat diakses oleh publik atau orang yang tidak berkepentingan.


Manfaat Internet

manfaat dari internet

Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja manfaat dari internet?. Berikut Manfaat Internet.

  • Mempermudah pencaharian informasi melalui internet.
  • Mudahnya berkomunikasi dengan yang lainya.
  • Internet dapat dijadikan forum atau alat untuk diskusi dengan anak didik agar dapat mengetahui informasi yang bermanfaat.
  • Internet dapat menunjang pelajar dalam pembelajaran yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu.
  • Internet menyediakan fasilitas multimedia sebagai penyedia informasi yang lengkap.
  • Memudahkan berkomunikasi menggunakan E-Mail, Video, Audio, Forum dan Sosial Media.
  • Menjadi tempat belajar yang baru dan menyenangkan.
  • Menunjang proses pembelajaran untuk semua jenjang.
  • Mudahnya dalam berbisnis online.
  • Mendorong kemandirian.
  • Sebagai sarana hiburan.


Dampak Negatif Internet

dampak yang dapat timbul dari internet


Meskipun internet memiliki segudang manfaat, ternyata ada juga dampak dari internet. Berikut dampak yang dapat timbul dari internet.

Timbulnya Cyber Crime

Dampak negatif yang pertama yaitu adalah munculnya kejahatan dalam dunia internet, seperti peretasan data, penipuan, hacking, spamming, cracking dan lain-lain.
Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet, terlebih dalam menjaga data pribadi kita jangan sampai bocor kepada oknum yang tidak bertanggung jawab.

Konten Ilegal

Berikutnya adalah berpotensi munculnya konten ilegal. Kami tidak menyebutkan konten apa saja yang termasuk ilegal, karena kami menghargai dari pembaca dibawah usia (Pelajar).
Apa sih bahayanya?. Ya jelas sangat berbahaya untuk mereka yang meilhatnya dan dapat berdampak buruk nantinya.
Lalu bagaimana solusi mengatasi hal tersebut?. Mudah saja, solusinya adalah selalu awasi penggunaan internet terutama bagi orang tua kepada anak atau pengguna dibawah umur. Bijaklah dalam menggunakan akses internet.

Penyebaran Ujaran Kebencian

Berikutnya adalah dampak dari internet adalah ujaran kebencian, masih banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan internet. Hal itu dikarenakan dalam internet sendiri masih kurangnya pembatasan konten yang dianggap berbahaya dan dapat menyebabkan adanya berita palsu atau hoax.

Bagaimana cara untuk memilih konten yang baik dan terhindar dari informasi palsu?.
Salah satu cara paling efektif yang dapat Anda lakukan adalah untuk memilih dan memilah konten seperti berita atau artikel dengan mencari sumber referensi lain.
Pastikan juga untuk mencari sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan mengenai informasi tersebut agar terhindar  dari berita palsu atau yang nantinya dapat mengakibatkan hal yang merugikan bagi sebagian orang.


Sejarah Internet

Sejarah Internet

Gimana sih sejarahnya?. Pada saat itu Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, dan melalui lembaga ARPA yang sedang mengambangkan jaringan dan disebut dengan ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network.

Hingga kemudian pada tahun 2000-an, internet pun sangat berkembang pesat sampai saat ini.

Lalu Bagaimana Sejarah Internet di Indonesia?. Asal mulainya sejarah internet di indonesia dimulai pada tahun 1990-an, waktu itu jaringan internet di indonesia lebih dikenal dengan paguyupan network.

Yang mana pada saat itu semangat kerja sama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan sangat terasa di antara para pelakunya.

Terus gimana sih internet indonesia terus berkembang sampai saat ini?.
Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC serta IP atau Internet Protokol pertama di indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Univesitas Indonesia pada tahun 1988 atau lengkapnya pada tanggal 24 Juni 1988.

Dan beberapa nama seperti RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo. Mereka telah berkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun sejarah jaringan komputer di indonesia.

Itulah Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet beserta sejarah internet. Anda dapat memanfaatkan jaringan internet untuk hal positif dan berguna untuk diri Anda dan  orang lain. Internet dapat dijadikan untuk menambah wawasan dan informasi mengenai ilmu pengetahuan.



Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال