Pengertian Berkas Komputer Adalah

 Pengertian Berkas Komputer Adalah 

Mediawana.com - Berkas Komputer merupakan identitas dari data yang disimpan didalam berkas sistem yang dapat diakses dan dapat diatur oleh penggunanya.

Berkas memiliki nama yang unik dalam direktori dimana berkas tersebut berada.

Alamat direktori dimana pada berkas itu ditempatkan maka disebut dengan jalur (Path).

Definisi dan Arti pada Berkas Komputer

Definisi atau pengertian dari berkas komputer memiliki 3 arti dari berkas komputer.

  • Berkas Komputer adalah kumpulan intruksi atau data yang berjudul dan biasanya terekam didalam disket atau perangkat penyimpanan.
  • Alih Berkas Komputer
  • Berkas Komputer adalah suatu identitas dari data yang disimpan dalam sistem berkas yang nantinya dapat diakses dan diatur oleh pengguna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari kata Berkas Komputer adalah kumpulan intruksi atau data yang berjudul, biasanya terekam didalam disket keras atau disket.

Pada sebuah berkas berisi aliran data atau data stream yang berisikan sekumpulan data yang saling berkaitan dengan berkas yang lainnya.

Pada berkas umumnya memiliki informasi mengenai berkas tersebut, mulai dari kapan berkas itu dibuat, kapan berkas itu di modifikasi dan sebagainya dinamakan dengan atribut berkas.

Berikutnya adalah ukuran pada sebuah berkas umumnya direpresentasikan dalam satuan bita (byte), bila bilangan terlalu besar untuk dipresentasikan dalam satuan bita, maka dapat menggunakan satuan yaitu KiB (kibibita) yang berarti 1,024 bita.

Lihat selengkapnya.

Jika Anda sudah melihat urutan dari satuan pada tabel diatas, pastinya Anda mengetahui mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil dari satuan berikut.

Manajemen Berkas

Berkas komputer secara fisik dapat diatur oleh sistem berkas yang dipergunakan oleh media penyimpanan dimana berkas disimpan.

Pada dasarnya pengguna memerlukan sebuah utilitas untuk melakukan kegiatan manajemen berkas.

Contohnya seperti Windows Explorer yang ada pada sistem operasi windows, Norton Commander, Konqueror yang ada didalam KDE, Nautilus dalam GNOME, dan DOS Shell yang ada pada sistem operasi DOS.

Baca Juga : 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال