Cara Instal Windows 10 Lengkap dengan Gambar

 

Cara Instal Windows 10 Lengkap dengan Gambar







Mediawana.com - Windows 10 merupakan sistem operasi yang tergolong baru dirilis dan hingga saat ini sudah banyak para menggunakannya, tidak hanya itu saja pada windows 10 juga memiliki kelebihan lainya seperti pada fiturnya yang lengkap dan fresh dimata. Pada windows 10 juga sangat sekali peminatnya, terutama pada kantoran, gaming, programmer, designer, dan masih banyak lagi.

Dalam pemasangan windows 10 paling tidak Anda memiliki RAM sekitar 4 GB untuk prosesor Admin rasa ditoleransi ya, karena sekarang ini rata-rata sudah support dengan windows 10, jika RAM dibawah 4GB apakah bisa?. Sebenarnya bisa – bisa saja namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti panas berlebih, hang atau notresponding, bahkan lelet berlebih bisa sampai bermenit-menit
Jika Anda ingin mencobanya tidak ada salahnya. Untuk penggunaan memori penyimpanan paling tidak Anda menggunakan sekitar 80 GB. 

 

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Menginstal Windows 10? 


Yang pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan baterai Laptop terisi penuh ya. Jika Anda menggunakan komputer Anda dapat mengabaikannya.

Lalu kedua adalah siapkan File Software Windows 1o. Penggunaan berikut dapat menggunakan dengan flashdisk atau DVD. Oiya perlu diperhatikan juga bahwa ukuran file windows ini tergolong lumayan besar ya, sekitar 4-5 GB. Anda bisa mengunduhnya di situs resmi Microsoft. Anda juga memerlukan flashdisk untuk dibuat bootable.

Baca Juga : Pengertian Software dan jenis-jenisnya

Cara Bootable Windows 10

 

Aplikasi atau software yang digunakan untuk bootable software windows 10 adalah aplikasi rufus, selain banyak yang menggunakannya, ukurannya juga ringan sekitar 2 sampai 4 MB. Jika Anda belum memilikinya silakan unduh disini.
Jika sudah silakan buka dan tampilannya akan seperti contoh dibawah ini.

Cara Instal Windows 10






Pertama klik tombol SELECT ikuti sesuai dengan Admin contohkan diatas. Setelah klik SELECT akan diarahkan ke-empat penyimpanan, silakan pilih file software windows yang akan dibuat bootablenya. Jika sudah klik tombol Start maka akan tampil notifikasi berikut.

Cara Instal Windows 10





 

Perlu diperhatikan bahwa itu adalah notifikasi bahwa flashdisk akan diformat yang mengakibatkan data Anda akan hilang, jika ada data yang penting silakan pindahkan dulu, jika sudah silakan klik tombol OK.

Cara Instal Windows 10





 

Jika sudah, maka akan tampil seperti gambar diatas yang tandanya proses bootable sedang berjalan, silakan tunggu sampai 100 persen, sampai selesai. Jika sudah silakan tutup. Selanjutnya untuk memastikan bahwa bootable berjalan dengan baik, silakan buka windows explorer, jika logo flashdisk berubah seperti gambar dibawah ini tandanya berhasil dan windows 10 siap dipasangkan di laptop atau komputer Anda.

Cara Instal Windows 10







Cara Memasang Windows 10

Oke sekarang kita ada ditahap pemasangan windows 10, yang pertama Anda lakukan adalah matikan komputer atau laptop Anda, jika sudah mati atau dinonaktifkan, masukan flashdisk yang tadi sudah berisi windows 10. Jika sudah silakan nyalakan komputer atau laptop Anda, setelah proses menyala, segera tekan tombol ESC, DEL, F1 atau F2, setiap merek berbeda-beda ada yang menggunakan ECS ada juga yang menggunakan tombol Del atau f2 untuk masuk kedalam BIOS. Silakan Anda pilih salah satu saja, jika gagal laptop atau komputer Anda akan masuk logo windows, jika seperti itu ulangi kembali, matikan dan nyalakan kembali. Namun jika benar Anda akan masuk kedalam tampilan BIOS seperti gambar dibawah ini.


Cara Instal Windows 10






Silakan pilih yang Admin tandai warna oren, klik Boot lalu setelah itu silakan pilih nama flashdisk yang ada windows tadi, karena Admin menggunakan CD jadi Admin pilih cd-rom Namu jika Anda menggunakan flashdisk silakan diklik setelah selesai klik tombol F10 klik ok.

Cara Instal Windows 10

 

 

 

 

 

 

Dan komputer atau laptop Anda akan restar ulang jika sudah menyala akan menampilkan seperti dibawah ini.

 

Cara Instal Windows 10

 

 

 

 

 

Silakan klik tombol enter dan komputer atau laptop Anda siap untuk memasang windows 10, silakan tunggu sampai menampilkan halaman windows 10 seperti gambar dibawah ini.

Cara Instal Windows 10

 

 

 

 

 

Silakan pilih waktu dab isi negara indonesia dan sisanya biarkan saja setelah itu klik OK. Seletah itu akan menampilkan seperti gambar berikut. 

Cara Instal Windows 10

 





Silakan klik sesuai dengan yang ditunjukan panah warna oren, jika sudah silakan pilih drive yang akan dipasangkan windows 10.

Cara Instal Windows 10






Jika suda silakan klik format terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa drive yang Anda pilih akan menghapus data yang ada pada drivenya, pastikan tidak ada berkas yang penting didalamnya. Jika sudah silakan klik Next. Maka akan menampilkan seperti gambar berikut.

Cara Instal Windows 10





 

Gambar diatas adalah bahwa komputer atau laptop Anda sedang memasang windows 10 dan tunggu hasilnya sampai selesai, dalam sesi ini sedikit lama sekitar 15 sampai 30 menit, bahkan lebih tergantung dari kecepatan hardisk dan performa perangkat.

Jika sudah selesai biasanya komputer akan merestar ulang dengan sendirinya, biarkan sampai menyala jika ada tampilan “Press any key to boot from CD or DVD…“ biarkan saja, biarkan berjalan dengan otomatis. Jika sudah selesai Anda akan dimintai nama dan pengaturan komputer. Silakan diisi Anda dapat mengabaikan beberapa perintah seperti password dan settingan wifi. Jika sudah komputer akan menyiapkan langkah terakhir yaitu mempersiapkan tampilan windows atau UI.

Jika sudah komputer atau laptop akan tampil seperti ini.

Cara Instal Windows 10






Selamat komputer Anda sudah siap digunakan. Mudah bukan?. Semoga dapat membantu Anda dalam mencari solusi. Semoga bermanfaat Terima Kasih.


Baca Juga : Pengertian Motherboard dan jenis-jenisnya

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال