Apa Itu Jammer ? Pengertian Jammer beserta fungsinya

apa itu jammer

Mediawana.com - Jammer atau mobile phone signal jammer adalah Pengacau atau pemblokir ponsel, perangkat yang sengaja memancarkan sinyal pada frekuensi radio yang sama dengan ponsel, mengganggu komunikasi antara ponsel dan stasiun pangkalan ponsel.

Secara efektif menonaktifkan ponsel dalam jangkauan pengacau, mencegahnya dari menerima sinyal dan mengirimkannya kembali.

Kamu tau tidak? Bahwa Penggunaan telepon seluler sangat bermanfaat namun pada kondisi dan situasi tertentu saja loh. Selain itu menjadi sangat mengganggu bagi khalayak
umum seperti ruang ujian, rapat, tempat ibadah, dan tempat - tempat lainnya yang mengharuskan tidak ada penggunaan telepon seluler. 

Lalu bagaimana cara mengatasi hal seperti itu? Penyelesaian tersebut salah satunya
adalah dengan cara menggunakan Jammer.

Pengertian Jammer

Apa itu jammer? Jammer adalah perangkat yang memancarkan sinyal penuh noise pada band frekuensi yang sama dengan telepon seluler ialah band frekuensi CDMA800, GSM900 dan GSM1800(DCS) maka dari itu telepon seluler tidak dapat digunakan
pada lingkup area jammer tersebut, penelitian dilakukan dengan mencari sumber referensi, diskusi, percobaan dan pengujian. 

Fungsi Jammer dalam dunia telekomunikasi adalah sebuah alat yang sering kali digunakan untuk memutus hubungan komunikasi perangkat telekomunikasi. 

Pada teknologi seluler, jammer telepon seluler adalah alat yang digunakan untuk mencegah telepon seluler untuk menerima sinyal dari BTS (Base Transceiver Station).

Jammer merupakan alat yang berfungsi untuk mengacak sinyal portable yang belakangan ini kerap kali digunakan dan banyak peminatnya.

Sedangkan cara pengunaanya adalah Kamu harus isi ulang daya atau charger jammer setidaknya satu hingga dua jam. 

Kemudian, Kamu bisa memasang jammer, dan menyalakannya, sehingga ponsel dalam jarak radius tertentu akan kehilangan sinyal. Beberapa ponsel akan tetap berusaha mencari sinyal, meski tidak akan dapat sinyal jika tetap berada di jangkauan jammer. Dan begitu jammer dimatikan sinyal akan kembali normal dan tak terganggu.

Biasanya efek penggunaan jammer ini akan terlihat sekitar 25 - 60 detik setelah dinyalakan, jadi ketika jammer Kamu dinyalakan, Kamu harus menanti sekitar 25 - 60 detik baru sinyal di sekitar anda akan hilang.

Pada beberapa kasus Jammer portable memiliki kelemahan yaitu body cepat panas, dan itu adalah hal yang wajar mengingat kerja jammer dan power yang diperlukan cukup berat.

Bahkan dalam Beberapa kasus jammer juga menghilangkan sinyal untuk panggilan darurat, dan tentu ini sulit di hindarkan. Maka dari itulah penggunaan alat ini dibatasi dan dilarang.

Karena itulah pada dasarnya jammer dilarang di gunakan, kecuali untuk tempat-tempat yang memang membutuhkan misalnya seperti sekolah, dan tempat tertentu yang memerlukan privasi ekstra.mengingat cara kerja jammer pengacak dan penghilang sinyal handphone ini cukup berlebihan, untuk daya acak bervariasi mulai 5 -10 meter hingga radius 3 km.

Gimana nih, sudah paham mengenai jammer? semoga informasi yang disampaikan cukup bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kamu. Terima kasih.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال