Perbedaan Antara GPS dan GPRS

GPS dan GPRS

Mediawana.com - Apa yang dimaksud dengan GPS? Ini dia Perbedaan antara GPS dan GPRS adalah bahwa GPS adalah sistem navigasi berbasis satelit.

Sedangkan untuk GPRS digunakan untuk menyediakan layanan data berbasis seluler.

GPS dan GPRS adalah dua teknologi yang terpisah dan tidak terhubung satu dengan yang lainnya. Yang digunakan dalam ponsel di antara perangkat lain.

GPS merupakan sistem navigasi yang menggunakan satelit untuk menentukan suatu lokasi handset, smartphone, ataupun suatu perangkat. 

GPRS merupakan teknologi yang dipakai untuk keperluan mentransfer atau mengirim data melalui jaringan ponsel. 

GPS - Global Positioning System

GPS, atau kepanjangan dari Global Positioning System, adalah sistem navigasi yang diperuntukan untuk perangkat portabel. 

Teknologi ini menggunakan jaringan satelit yang mengelilingi dunia atau bumi. 

Perangkat yang kompatibel seperti smartphone atau perangkat navigasi khusus memiliki chip penerima built-in yang mengambil sinyal reguler dari satelit ini. 

Setiap frekuensi sinyal diberi kode waktu sehingga perangkat dapat menghitung seberapa jauh jaraknya dari satelit berdasarkan waktu yang dibutuhkan sinyal untuk datang dan memprosesnya. 

Dengan menggabungkan jarak dari setidaknya empat satelit, perangkat atau alat dapat menghitung kordinat posisinya sampai beberapa meter. 

Ini juga dapat merujuk silang ini dengan data peta untuk menyediakan navigasi seperti petunjuk arah mengemudi.  

GPRS - General Packet Radio Service

GPRS merupakan kepanjangan dari General Packet Radio Service atau Layanan Radio Paket Umum, yang artinya adalah teknologi standar yang digunakan untuk transfer data di semua kecuali ponsel terbaru. 

Ini diperkenalkan dengan handset digital pertama dan juga dikenal sebagai 2G, atau "Edge" nah maka dari itulah sebabnya Anda mungkin saja pernah ingat melihat "E" di dekat bilah sinyal Anda dan terus digunakan dengan handset yang mendukung koneksi yang lebih cepat, yang dikenal sebagai 3G . 

GPRS adalah saudara teknologi GSM (Global System for Mobile Communications) yang kerap digunakan untuk panggilan suara atau voice. 

Kunci dan cara kerja jaringan GPRS adalah memecah data menjadi potongan-potongan kecil yang dikenal sebagai istilah paket. 

Jika ada masalah dengan koneksi, perangkat penerima dapat mengeluarkan permintaan untuk paket yang hilang dikirim ulang tanpa perlu memulai kembali seluruh transmisi data dan filenya. 

Ini adalah cara kerja dan mencerminkan cara transfer data melalui jaringan Internet. 

Dengan adanya ini juga fungsional pada teknologi BTS diperlukan, BTS adalah Base Transceiver Station yang digunakan untuk infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator. 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال