Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Mediawana.com - Apa itu Gambar Digital Marketing? Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Pengertian digital marketing adalah sesuatu strategi atau target pemasaran yang menggunakan media digital dan internet.

Zaman sekarang sangat berbeda dengan 10 atau 20 tahun yang lalu. Jika dahulu sebuah perusahaan menggunakan teknik penjualan dari rumah ke rumah atau pintu ke pintu sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling mantap atau terampuh. 

Ada yang perlu Anda ketahui bahwa saat ini teknik seperti itu sudah tidak efektif lagi. Pada era sekarang Digital marketing adalah strategi yang terbaik dan berhasil menggantikannya.

Strategi digital marketing merupakan strategi pemasaran dengan cakupan yang cukup luas. Jika ingin menguasainya, Anda harus mau mempelajari banyak media digital dan juga mempraktikkan ilmunya.

Mediawana.com akan memberikan tips ampuh dan cara terbaik serta cara strategis untuk digital marketing.

Sebelum kita lanjut ke point utama yaitu bagaimana cara, tips dan strategi dalam digital marketing, ada beberapa informasi pendukung yang perlu Anda ketahui, simak selengkapnya.

Apa Itu Digital Marketing?

Nah, pertanyaan bagus nih. Digital marketing adalah salah satu tren atau cara baru yang wajib Anda dan tim perusahaan kuasai. 

Jika Anda tidak ingin kalah bersaing dengan yang lainnya.Yang pastinya menjadi marketing strategies.

Setiap orang akan melakukan cara yang terbaik untuk menguasai digital marketing.

Disinyalir menurut beberapa sumber yang sudah Admin rangkum, bahwa. Pengertian digital marketing itu adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dll, website, media sosial, email, dan aplikasi.

Berdasarkan versi Smart Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan yang menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital.

Bagaimana, sampai disini apakah Anda sudah memahaminya. Oke kita lanjut ke informasi lainnya.

Kenapa sih harus digital marketing? lalu apa keunggulannya?


Kelebihan Digital Marketing Dibanding Strategi Pemasaran Biasa

Manfaat Digital Marketing

Berikut adalah beberapa kelebihan digital marketing dibanding strategi pemasaran konvensional, yaitu di antaranya adalah.

1. Lebih Hemat Biaya

Kelebihan digital marketing yang pertama adalah biayanya yang bersahabat atau lebih murah dari pada teknik pemasaran konvensional. Pada saat awal proses branding, Anda mungkin akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Akan tetapi, setelah brand dan basis pengikut (followers) Anda terbangun, Anda akan merasakan biaya marketing digitalnya juga akan semakin sedikit dan terus berkurang.

Maka dari itu mengapa hampir semua pengusaha dan orang semakin tertarik dengan marketing digital, dan memang dikarenakan sangat menjanjikan.

2. Tidak Perlu Banyak SDM Penjualan

SDM adalah sumber daya manusia. artinya yaitu adalah satu sumber pengeluaran terbesar marketing konvensional adalah gaji SDM. 

Dengan menggunakan merketing digital hal ini tidak akan menjadi masalah saat Anda menerapkan strategi digital marketing. 

Anda tidak perlu lagi membayar banyak orang untuk memasarkan produk di perumahan atau jalanan. Cukup dengan menyebarkan promosi produk di media sosial dan sesuai target, Anda sudah bisa menjual produk.

3. Potensi Pertumbuhan yang Cepat / Drastis

Kelebihan berikutnya  digital marketing adalah potensi pertumbuhan yang cukup drastis dari bisnis Anda, apa lagi dari segi penjualan. Saat ini, ada sangat banyak contoh usaha dan pengusaha maju hanya dalam beberapa bulan karena memanfaatkan strategi digital marketing. 

Dengan pemasaran digital, Anda tidak perlu 10 atau 20 tahun untuk menjadi penguasa dalam bidang industri atau lainnya.

4. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan

Kelebihan Digital marketing adalah sebuah strategi yang membuat tim Anda tidak perlu keluar rumah/kantor untuk mencari konsumen. Cukup dengan duduk di depan laptop/HP dan memanfaatkan internet, tim marketing Anda sudah dapat promosi.

5. Proses Branding Produk Lebih Mudah

Kelebihan digital marketing yang selanjutnya adalah proses brandingnya yang jauh lebih mudah dan cepat. Salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas. 

Dalam strategi konvensional, Anda perlu mengeluarkan uang sedikit lebih banyak jika ingin melakukan branding ke lebih banyak konsumen abhkan lebih besar jika Anda memiliki target yang besar.

Berbeda halnya jika Anda menerapkan strategi digital marketing. Hanya dengan satu kali posting konten atau iklan, Anda lebih mudah dan dapat menjangkau konsumen satu Indonesia, bahkan internasional.

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan

Kali ini kita akan membahas manfaat dari digital marketing secara lengkap bagi perusahaan, yaitu antara lain.

1. Menghapus Batasan Wilayah dan Waktu Saat Memasarkan Produk

Nah ini dia  point yang penting untuk Anda yaitu manfaat digital marketing adalah terhapusnya batas wilayah pemasaran. Anda bebas mempromosikan produk ke mana saja dan kapan saja, baik dalam skala lokal, nasional, ataupun internasional.

2. Sistem Penjualan Produk Lebih Cepat dan Tertarget

Manfaat berikutnya digital marketing adalah sistem penjualan produknya lebih cepat dan sesuai minat konsumen atau tertarget. Pada saat Anda memasang iklan online, Anda bisa menentukan kriteria atau kategori orang yang cocok menjadi konsumen Anda. 

Maka dari itu, iklan Anda akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah dan sesuai dengan target Anda.

3. Lebih Mudah Membangun Hubungan dengan Konsumen

Nah ini dia kelebihan lainnya dari digital marketing. 

Dengan adanya digital marketing, Anda tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen untuk memberi mereka service ataupun dalam melakukan layanan. 

Cukup bangun interaksi melalui media sosial dan Anda pun bisa membangun engagement yang erat dengan mereka. Tentu saja ini akan menjadi respon yang baik bagi Anda dan konsumen.

4. Kesempatan Personalisasi Produk Sesuai Karakteristik Konsumen

Manfaat digital marketing adalah besarnya potensi untuk personalisasi produk Anda nantinya. Melalui channel promosi online, Anda dapat melakukan riset atau analisis profil karakter orang yang tertarik dengan produk/konten Anda. 

Setelah itu, Anda dapat membuat inovasi produk yang sesuai dengan data riset Anda tadi.

5. Mendapatkan Profit Banyak dalam Waktu Singkat

Manfaat digital marketing adalah kesempatan Anda untuk memperoleh berkali lipat profit dalam waktu lebih singkat. 

Meskipun begitu Anda juga tetap membutuhkan usaha dan effort besar, digital marketing adalah strategi paling efektif dan efisien untuk memperoleh dan menjangkau lebih banyak calon konsumen dan mempromosikan produk tanpa harus selalu mengeluarkan biaya.

Maka kesimpulan pada point diatas bahwa dengan menggunakan digitak marketing kita dapat menganalisis data, memperoleh cangkupan yang besar dan tertarget serta lebih efisiensi dalam strateginya.

Jika yang lain berjalan, Anda harus berlari.

Jika yang lain dengan melompat, Anda harus menggunakan tangga.

Jadi maknanya adalah Anda harus lebih maju dan kreatif dalam strategi digital marketing.


Jenis Digital Marketing

Jenis Marketing Digital

Berikutnya kita akan membahas mengenai beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan, yaitu diantaranya.

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine Marketing atau SEM adalah jenis digital marketing yang fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. 

Strategi digital marketing yang satu ini dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan sebagainya. 

Dengan menerapkan SEM Anda berpeluang besar untuk mentarget dan menjangkau calon konsumen Anda.

2. Social Media Marketing

Baru baru ini sudah banyak sekali digital marketing seperti pemasaran media sosial. Menurut beberapa informasi memang benar dikatakan, yaitu digital marketing sosial media sedang naik daun.

Dengan begitu, Anda dapat menerapkan jenis digital marketing yang satu ini dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lainnya sesuai target konsumen Anda.

3. Email Marketing

Jenis digital marketing yang satu ini adalah email marketing, yaitu pemasaran iklan melalui surat elektronik (surel). Strategi digital marketing satu ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business atau B2B.

4. Digital Advertising

Berikutnya digital advertising atau digital ads adalah jenis digital marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari halaman website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya seperti Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, danpun Tiktok Ads.

5. Content Marketing

Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, ataupun video. 

Proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.

Biasanya jika Anda membuka media pada smartphone Anda, tidak luput pastinya menemukan beerbagai promo berupa gambar ataupun berupa video. Nah itulah yang dinamakan content marketing.

6. Customer Service Automation

Customer Service Automation Digital Marketing adalah otomasi sistem pelayanan konsumen. Dengan adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. 

Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).

7. Affiliate/Dropshipping

Berikutnya adalah program affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digital marketing yang satu ini, Anda bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) seraya membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.

Oke, kita lanjut ke point penting kita, yaitu strategi digital marketing.

Strategi Digital Marketing dan Contohnya

Sekarang Anda sudah tahu apa itu digital marketing, kelebihan, dan jenisnya. 

Oke berikutnya strategi digital marketing dan contoh penerapannya.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Poin pertama strategi digital marketing adalah SEO, SEO adalah Search Engine Optimization yaitu usaha untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website secara organik, tanpa memasang iklan. 

Contohnya seperti digital marketing di bidang SEO misalnya pembuatan artikel, optimasi kecepatan situs, pemasangan link situs di website lain, dan lain sebagainya.

2. Aktivasi Social Media (Instagram, Youtube, Tiktok, dan sebagainya)

Strategi digital marketing yang lainnya adalah aktivasi media sosial. Contoh digital marketing di bidang social media adalah upload atau posting konten secara rutin ke medsos, tujuannya adalah untuk membangun engagement dengan followers, melakukan endorsement, dan masih banyak lagi.

3. Knowledge Marketing

Knowledge marketing adalah kegiatan strategi digital marketing dengan memberikan informasi yang bermanfaat atau ilmu baru kepada calon konsumennya. Contoh digital marketing melalui penyebaran knowledge misalnya email marketing serta pembuatan ebook (buku digital), atau jurnal digital marketing.

4. Analisa dan Penelusuran Data

Penelusuran dan analisa data sangatlah penting untuk dilakukan. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran digital wajib berlandaskan pada data, mulai dari data media sosial sampai kampanye iklan online.

5. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Digital marketing adalah salah satu jenis strategi dengan teknik penjualan yang cukup banyak. Tiga istilah penjualan paling umum yang akan dengar selama menerapkan strategi digital marketing di antaranya hard-selling, soft-selling, dan hypno-selling.

6. Google dan Social Media Ads

Teknik strategi digital marketing adalah Google dan Social Media Ads. Saat membuat Ads, Anda wajib memastikan konten iklan memiliki pesan, informasi dan target konsumen yang tepat. 

Sehingga Ads tersebut dapat menghasilkan penjualan sesuai harapan dan target.

7. Leads Generation

Strategi digital marketing berikutnya adalah leads generation. Pada dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi para konsumennya, mulai dari nomor telpon, akun medsos, hingga email. 

Tujuannya apa? Supaya mendapatkan leads sesuai dengan target, Anda dapat membuat konten-konten lead magnet (penarik leads), seperti seminar ataupun buku gratis serta membuat materi digital marketing.

Itulah jenis dan contoh Digital Marketing yang harus Anda kuasai. Perbanyak riset dan pelajari materi Digital Marketing terbaru (belajar digital marketing) atau dengan fitur barunya. Hal ini demi bisnis berkembang dan lebih maju.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال