Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kabel Serat Optik

Keuntungan dan Kerugian Kabel Optik

Mediawana.com - Pengkabelan serat optik untuk koneksi Internet, telepon, dan kabel berkecepatan tinggi adalah teknologi dengan banyak kelebihan dan kekurangan terbatas. 

Kabel serat optik mentransfer data melalui gelombang cahaya. 

Mereka terbuat dari kaca atau serat plastik di inti kabel, dikelilingi oleh lapisan "cladding" (dirancang untuk memantulkan cahaya kembali ke arah inti), dan "lapisan penyangga", yang melindungi serat dari kelembaban dan kerusakan lainnya.

Keuntungan

Transmisi data serat optik sangat cepat.dan stabil pastinya.

Kabel serat optik sangat kokoh dan tahan terhadap gelombang interferensi RF (frekuensi radio), yang dapat menjadi masalah besar bagi pengguna kabel coaxial tipikal.

Selain itu. Kabel serat optik dapat mengirimkan data melalui pengecualian jarak jauh tanpa kehilangan banyak data.

Kerugian

Berikutnya adalah kerugiannya terhadap penggunaan kabel optik, apa saja. Sering kali, pemasangan kabel serat optik dapat menghabiskan biaya lebih dari dua kali lipat dari biaya koneksi broadband pada umumnya.

Dan juga seringkali sulit untuk pengguna dalam memperbaikinya. 

Kabel optik harus menggunakan alat dan perangkat khusus untuk memperbaikinya, misalnya seperti kabel putus ataupun penyambungan kabel optik.

Kerugian berikutnya adalah Koneksi serat optik tidak tersedia di banyak wilayah artinya stocknya terbatas, biasanya yang memiliki stock dan produknya adalah penyedia jaringan dan sebagainya.


Namun tetap saja, saat ini banyak sistem dan komponen home theater juga ditransfusikan informasi bolak-balik melalui kabel serat optik.

Tidak hanya itu saja, penggunaan kabel optik sangat menguntungkan, meskipun ada biaya yang besar dibaliknya.

Fungsi terbaiknya adalah kabel optik bekerja dan dapat mengirim data hingga kecepatan cahaya dan tanpa hambatan. 

Makanya ini sangat hebat dan terbaik untuk penggunaannya.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال