10 Alat Komunikasi Zaman Sekarang Beserta Fungsinya

10 Alat Komunikasi Zaman Sekarang Beserta Fungsinya

Mediawana.com - Alat komunikasi saat ini sangat mempengaruhi zaman, tentu saja, lebih banyak kemajuan dalam bidang kehidupan manusia, termasuk alat komunikasi saat ini. 

Alat komunikasi diperlukan untuk menjadi tautan media dengan orang lain. Dengan adanya alat komunikasi, persahabatan antara orang - orang di antara mereka tidak akan terputus dan kebersamaan akan tetap terjalin.

Berikut adalah beberapa alat komunikasi saat ini dan fungsinya.

1. Telepon

Ponsel ini adalah alat komunikasi yang telah ada sejak sebelumnya. 

Tetapi sekarang, dengan pengembangan teknologi yang semakin canggih, alat komunikasi membuat telepon lebih modern dari sebelumnya.

Bahkan sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi keluarga atau teman Anda yang berada di luar kota dan di luar negeri melalui telepon.

2. Ponsel atau Smartphone

Alat komunikasi modern lainnya yang sering digunakan oleh orang saat ini adalah ponsel atau smartphone. Dengan smartphone, ini dapat membantu peran internasional dalam melakukan komunikasi dan sebagainya.

3. Jurnal

Surat kabar ini adalah alat komunikasi modern yang dikenal pada 59 SM selama bekas Kekaisaran Romawi. 

Surat kabar berisi karakteristik manusia sebagai makhluk ekonomi dan berbagai jenis informasi penting, terkait dengan budaya, sosial, hukum teknologi, politik dan lainnya. 

Jika hanya sebelumnya, tetapi dengan perkembangan hari ini, banyak surat kabar digital beredar di internet.

4. Televisi

Anda dapat mengatakan bahwa hampir semua rumah tentu memiliki televisi atau lebih. 

Televisi memang telah menjadi salah satu alat komunikasi Moern ini dan sebagai pembawa bencana alam baru di Indonesia. 

Awalnya, televisi dibuat dari cakram logam kecil dengan perforasi kecil, pengamatan ini diajukan oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. 

Jika awalnya, televisi hanya menyiarkan hitam dan putih, tetapi di televisi saat ini dalam menyebar dengan berbagai warna. 

Bahkan layar yang dulunya cembung menjadi datar seperti yang Anda lihat di televisi hari ini. 

Televisi berfungsi untuk menjadi media komunikasi yang menghasilkan suara dan gambar. 

Karena itu Anda dapat menonton pertunjukan yang menawarkan keuntungan dalam hal hiburan, pendidikan dan banyak lainnya.

5. Radio

Mirip dengan televisi, hanya saja radio adalah media komunikasi yang hanya dapat didengar. Saat ini, ada banyak saluran radio yang dapat Anda hargai, mulai dari musik, berita dan banyak lainnya, misalnya dari khotbah berita yang menyebabkan LBB dan lainnya.

6. PDA

PDA (Personal Digital Assitant) adalah media komunikasi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anda dapat menyimpan data penting dalam PDA ini. 

Faktanya, fungsi PDA hampir sama dengan komputer atau laptop, hanya saja ukuran PDA lebih kecil dari yang lain. 

7. Mikrofon

Mikrofon atau sering dikenal sebagai mic memiliki fungsi yang sama dengan TOA, yang terdiri dari memperluas suara di tengah kerumunan. 

Sehingga orang lain dapat mendengar apa yang dibicarakan orang tersebut. Teknologi yang lebih canggih, membuat mikrofon yang menggunakan kabel dalam mikrofon nirkabel yang lebih efisien.

8. Faksmili

Media komunikasi modern lainnya adalah Faksmili. Alat komunikasi ini memang digunakan untuk menerima dan mengirim informasi dari contoh bagaimana mengatasi masalah distribusi populasi dengan telefoto yang dipimpin oleh reproduksi fotografi. 

Inilah yang memungkinkan Anda untuk mengirim informasi yang tercantum di koran dalam beberapa menit. Alat ini memang sebagian besar ditemukan di sekolah, atau bisnis.

9. Handy Talk

Sama seperti radar, alat ini menggunakan sinyal untuk berkomunikasi. Sinyal yang digunakan tentunya pada rentang frekuensi tertentu sebagai pemancarnya yang mana bisa menghubungkan antara handy talky satu dengan yang lain. 

Alat ini sering digunakan pada kepolisian atau pihak keamanan yang sering menggunakan bahasa isyarat tertentu.

10. Toa

Alat komunikasi modern ini memang berfungsi sebagai pembesar suara. 

Sehingga toa ini seringkali digunakan pada acara acara tertentu. Alat komunikasi ini mudah digunakan karena tidak membutuhkan aliran listrik, hanya perlu baterai sebagai sumber energi. Namun ada juga yang menggunakan listrik, tergantung kebutuhan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال