Apa Itu Data Mentah? Pengertian Data Mentah dan Data Array


Mediawana.com -  Apa yang dimaksud dengan data mentah? Data kasar atau data mentah artinya adalah data yang dikumpulkan dan belum diolah.

{getToc} $title={Daftar isi}

Data mentah atau data kasar dalam sebuah kondisi untuk sebuah data di dalam direktori sistem komputer yang dikoleksi langsung dari sebuah sumber langsung tanpa perubahan apapun. Data mentah tersebut dapat berdiri sendiri dan tidak menjadi subjek untuk diproses atau dimanipulasi inilah kenapa Data mentah tersebut juga disebut dengan data primer. 

Terdapat 2 macam data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.

  • Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar
  • Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, atau data kualitatif yang diangkakan (skoring: baik sekali = 4, baik = 3, kurang baik =2 dan tidak baik = 1).

Oiya Data kuantitatif dibagi menjadi dua loh, apa saja? simak selengkapnya.

Data kuantitatif dibagi menjadi dua yaitu data diskrit/nominal dan data kontinum.

Data Diskrit atau Data nominal adalah data yang hanya dapat digolongkan secara terpisah, secara diskrit atau kategori. 

Data ini didapatkan dari hasil menghitung, misalnya seperti dalam suatu kelas atau class setelah dihitung terdapat 50 mahasiswa, terdiri atas 30 pria dan 20 wanita. Dalam suatu kelompok terdapat 1000 orang suku Jawa dan 500 suku sunda dan lainnya. Jadi data nominal adalah data diskrit.

Berikutnya adalah Data kontinum, Data kontinum adalah data yang bervariasi menurut tingkatan dan ini didapatkan dari hasil pengukuran. Data ini dibagi menjadi data ordinal, data interval dan data ratio.

Kembali ke materi kita.

Dalam pengetahuan statistika dan probabilitas dikenal dengan istilah information mentah dan knowledge array.

Baca Juga : Pengertian Clustering

Data mentah

Data mentah merupakan data yang belum tersusun secara sistematis. Artinya adalah data tersebut tidak memiliki nilai atau variabel sama sekali karena informasinya belum tersusun secara sistematis baik dari data terkecil hingga ke data yang terbesar maupun sebaliknya.

Data Array

Berikutnya adalah Data array yang merupakan kebalikannya dari data mentah yaitu data array merupakan data yang telah tersusun secara sistematis atau secara array baik dari data terkecil hingga ke data yang terbesar maupun dari data yang terbesar ke data yang terkecil.

Macam-Macam Data Berdasarkan Sumber Data

Jenis Data Berdasarkan Sumbernya yaitu Data berdasarkan sumbernya dibagi menjadi dua macam, yaitu data internal dan data eksternal. Yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Data Internal

Data internal adalah data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Misalnya seperti data keuangan, data pegawai, data produksi, dan sebagainya.

Data Eksternal

Data eksternal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk, dan lain sebagainya.


Pembagian Jenis Data Berdasarkan Sifat Data

Data Diskrit

Data diskrit adalah data yang nilainya adalah bilangan asli. Contohnya adalah berat badan ibu-ibu, nilai rupiah dari waktu ke waktu, dan lain - lain.

Data Kontinyu

Data kontinyu merupakan data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya. Misalnya seperti penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira kira, dan sebagainya. Para pengusaha mengekspor bahan baku pabrik pupuk kurang lebih 500 ton.

Contoh data mentah dalam statistika

  • Sensus penduduk
  • Sensus ekonomi
  • Pemasaran Suatu Produk

Sensus Penduduk

Sensus penduduk adalah suatu formalitas yang paling dikenal dan rajin diadakan oleh lembaga tertentu seperti Badan Pusat Statistik pada tiap 10 tahuk sekali, yakni pada ketika angka tahun berakhiran 0.

Sensus Ekonomi

Badan Pusat Statistik pun selalu mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak jarang disebut sensus ekonomi masing-masing 10 tahun sekali, yaitu pada angka terakhir tahun yang mempunyai angka 6. Itu bertujuan guna dapat memahami perkembangan ekonomi yang terdapat di Indonesia.

Pemasaran Suatu Produk

Pada bidang pemasaran, statistika seting kali dipakai untuk dapat menolong seorang produsen dan juga penyalur ketika menilai jenis barang dan pun berapa tidak sedikit barang yang nantinya mesti mereka produksi dan lantas akan disalurkan ke luar.

Baca Juga : Pengertian NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال