Mengenal Pembelajaran Hybrid Learning dan Manfaatnya


Mediawana.com - Hybrid learning adalah pembelajaran yang menggabungkan berbagai pendekatan (solusi) dalam pembelajaran. 

{getToc} $title={Daftar isi}

Pengertian Hybrid learning

Yaitu pembelajaran tatap muka, pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran berbasis online atau internet dan mobile learning.

Semua itu dapat digabungkan dalam 1 metode, selain solusi terkini juga untuk pembelajaran terbaru bagi para siswa.

Dalam hal ini guru dan siswa berkolaborasi dalam pembelajaran menggunakan media teknologi seperti laptop, komputer, smartphone dan sebagainya.

Metode seperti ini sangat menunjang dalam pembelajaran jarak jauh, Hybrid learning sering kali digunakan untuk mencari solusi dalam pembelajaran.

Contohnya saja seperti masa pandemi seperti sekarang ini (2019-2022) selain pembatasan tatap muka saat belajar dan kemungkinan pembelajaran akan dilaksanakan di rumah masing-masing.

Solusi inilah yang akan menjadi produktif dan efisiensi dalam pembelajaran materi, sehingga para guru dapat mengajar menggunakan teknologi kepada muridnya yang ada di rumah masing - masing.

Apakah hybrid learning efektif?

Sistem hybrid learning sangat direkomendasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sarana yang efektif dalam menunjang pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Manfaat Hybrid learning

Hybrid learning

Manfaat Hybrid learning mampu mengasah dan melatih kemampuan dalam mengoperasikan teknologi. Seiring waktu, hal ini juga akan meningkatkan kompetensi literasi digital terhadap siswa atau pelajar. Peserta didik juga dapat menjadi lebih aktif dan mandiri dalam pembelajaran.

Jenis Hybrid Learning

Hybrid learning ini merupakan gabungan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring yang termediasi perangkat teknologi informasi dan komunikasi, seperti contoh berikut.

  • Pembelajaran tatap muka (Daring),
  • Pembelajaran berbasis website,
  • Pembelajaran didukung media cetak atau modul elektronik dengan berbagai multimedia lainnya (Video, Audio, Ebook, dll).

Kelebihan Hybrid Learning

Dengan menggunakan hybrid learning nantinya mendapatkan sambutan yang beragam, ada yang pro dan kontra. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh model pembelajaran campuran tersebut. Berikut kelebihan Hybrid learning.

Membuka Kesempatan Bersosialisasi

Kelebihan pertama dari metode Hybrid learning adalah dapat membuka kesempatan untuk bersosialisasi.

Pemahaman Materi Lebih Baik

Pembelajaran daring memang tetap membuka kesempatan untuk bisa memahami materi pembelajaran. Selain dapat mengakses presentasi secara digital siswa juga dapat memahami point penting dengan alur yang menarik.

Tetap Memanfaatkan Teknologi

Blended learning tetap memanfaatkan teknologi, dimana Indonesia sendiri memang masih ketinggalan dengan negara lain dalam pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan.

Meningkatkan Kualitas Kesehatan Fisik dan Mental

Blended learning juga bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental.

Kekurangan Hybrid Learning

Selain memiliki banyak kelebihan. Hybrid learning juga ada beberapa kekurangan atau kelemahan. Seperti.

Tuntutan Lebih pada Peran Orangtua

Meskipun tetap melaksanakan PTM dalam beberapa hari selama satu minggu. Tetap ada masa peserta didik belajar di rumah mengikuti pembelajaran daring. Sehingga selama belajar dari rumah peran orangtua tetap dibutuhkan. Terutama untuk siswa Sekolah Dasar.

Mengalami Kesulitan dalam Mengatur Jadwal Belajar

Kegiatan pembelajaran secara blended kemudian berubah sesuai dengan shift masuk ke sekolah atau kampus. Model pembelajaran seperti inilah yang kemudian dapat menciptakan kesulitan dalam mengatur jadwal belajar harian. Sehingga perlu disiplin tinggi dan fokus yang tinggi juga agar bisa mengatur jadwal belajar dengan baik dan tepat. 

Masih Bergantung Perangkat dan Jaringan Internet

Saat belajar di sekolah atau kampus, maka tidak perlu bergantung pada kondisi perangkat seperti komputer dan jaringan internet. Tetapi, jika sudah waktunya belajar dari rumah maka masih sangat bergantung dengan Komputer dan internet. Tidak hanya komputer saja, laptop, Smartphone dan tablet juga. Tergantung penggunaanya.

Maka ada kalanya pembelajaran menjadi kurang efektif dan bahkan susah diakses, terutama oleh peserta didik yang jaringan internetnya masih sangat buruk atau bermasalah dengan kecepatan akses internet.

Kesulitan Menyusun Metode Pembelajaran

Tentu saja dapat mengalami kesulitan dalam menyusun metode pembelajaran. Supaya materi bisa disampaikan dengan baik, menarik, dan bisa diakses secara merata oleh seluruh peserta didik. Sehingga para pengajar dan semua pihak untuk bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik lewat metode pembelajaran baru ini. 

Kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran hybrid learning tentu saja perlu disikapi dengan bijak. Segala kekurangan di dalam metode pembelajaran ini perlu segera dicari solusinya. 

Dan juga Hybrid learning tidak dapat dipaksakan kepada peserta didik, mengingat tidak semuannya memiliki perangkat yang memadai, maka dari itulah peran sekolah, yayasan, universitas dan para penanggung jawab untuk menemukan solusi yang lain dalam mencari titik terang.

Sehingga nantinya para peserta didik dapat merasakan nyaman dan nyaman dalam proses pembelajaran, yang pastinya tidak memberatkan proses mengajar dan belajar.

Baca Lainnya : Metode Jigsaw Learning Disekolah Beserta Manfaatnya
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال