10 Cara Merawat Flash Disk Dengan Baik dan Benar

Cara merawat flashdisk

Mediawana.com - Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan maju, mulai dari Transportasi, Komputer dan lainnya.

{getToc} $title={Daftar isi}

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan file dari satu komputer ke komputer lain. Contohnya saja seperti penyimpanan data, file, atau dokumen penting. 

Perkembangan media penyimpanan juga sudah sangat maju, ditambah yang semakin kecil bentuknya namu semakin besar kapasitasnya.

Bayangkan saja, dahulu penyimpanan masih memiliki ukuran yang besar dengan daya tampung yang masih kecil.

Sekarang ini sudah ada pengembangan pada media penyimpanan, bagaimana tidak, dengan menggunakan flashdrive atau biasa kita kenal dengan flashdisk kita dapat menyimpan file dengan jumlah yang banyak.

Ukuran flashdisk berbeda-beda mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16,GB, 32GB, 64 GB, hingga 128 GB.

Bagaimana cara merawat flashdisk yang baik dan benar ?

Dengan merawat flashdisk yang baik dengan tujuan dapat mempertahankan umur masa pakai flashdisk sangatlah mudah, syaratnya cuma 1 yaitu sabar dan niatkan kasih sayang kepada flashdisk itu sendiri.

Tidak terlali sulit, berikut cara merawat flashdisk dengan baik dan benar.

1. Biasakan Eject

Sebagian orang masih menganggap remeh proses eject sebuah flashdisk. Karena terburu-buru atau malas, Anda sering langsung mencabut flash disk dari port USB. Padahal hal ini sudah pasti dapat merusak sistem flashdisk. Lebih parahnya lagi suatu saat data Anda dapat hilang dan rusak secara permanen, sedih bukan ? Maka dari itu selalu Eject flashdisk sebelum mencabutnya.

Fungsi Eject ini adalah melepaskan, jadi ketika Anda klik Eject pada komputer Anda maka komputer akan memberhentikan semua kegiatan yang bersangkutan dengan flashdisk itu sendiri.

Jadi singkatnya menghentikan proses sebelum dicabut. Ibaratkan seperti dikasih aba-aba dulu ke flashdisknya biar engga kaget.

Bayangkan saja jika Anda sedang berlari dan tiba-tiba teman Anda menghalangi kaki Anda, apa yang terjadi ?

Tentu saja akan terjatuh dan terluka, seperti itulah yang dirasakan oleh flashdisk. maka dari itu selalu perhatikan dalam merawat flashdisk dari dasarnya.

Boleh engga kalau tanpa melakukan Eject flashdisk ?

Boleh saja, tapi ada syaratnya. Yaitu jangan ada proses yang sedang berlangsung pada flshdisk Anda, seperti sedang menyalin file, mendengarkan lagu yang ada di flashdisk ataupun lainnya.

Jika flashdisk Anda memiliki lampu yang kedap-kedip perhatikan saja lampunya, jika berkedip cepet maka artinya proses sedang berlangsung, maka jangan langsung dicabut. Jika sudah tidak berkedip maka artinya tidak ada proses yang sedang berlangsung. Maka diperbolehkan mencabutnya dengan aman.

2. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik

Mungkin Anda belum mengetahinya jika barang-barang elektronik seperti Televisi dan handphone sangat memengaruhi flashdisk. Hal ini karena sifat barang elektronik yang memiliki medan magnet kuat. Maka dari itu jangan menyimpan flashdisk di dekat barang-barang elektronik seperti televisi atau ponsel. Jikapun terpaksa pastikan jaraknya jangan terlalu dekat ya. 

3. Virus Scan

Komputer Anda banyak virus? Itu artinya Anda harus semakin berhati-hati. Karena biasanya saat pengambilan data, virus-virus juga ikut berpindah ke flashdisk. Apalagi jika Anda sering mengambil data dari internet, bisa cepat rusak deh flashdisknya. Maka dari itu untuk mencegahnya, Anda harus sering lakukan scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.

4. Hindari Air

Barang elektronik sangat rentan dengan air. Flashdisk juga sama. Tidak hanya flashdisk saja, ada banyak seperti Handphone, Laptop dan lainnya. Biasakan menyimpan flashdisk Anda di tempat yang aman dan pastikan ditempat yang kering ya.

5. Hindari Benturan Keras

Flashdisk jika terjatuh ke lantai pasti dapat membuat kerusakan. Karena flashdisk sangat peka dan rentan dengan benturan yang keras. Makanya, jaga flashdisk Anda dari benturan keras, ya.

6. Kurangi mengedit langsung

Flashdisk ternyata memiliki batasan usia tergantung dari kualitas merek itu sendiri. Biasanya usia flashdisk berkisar antara 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus tulis atau Read dan Write . Untuk menguranginya, usahakan untuk tidak mengedit langsung tulisan dari flashdisk Anda.

7. Tutup Selalu

Flashdisk juga rentan terhadap debu dan kotoran. Jika socket flashdisk kotor, biasanya dapat mengakibatkan proses 'baca tulis' gagal atau menjadi lambat. Jika flashdisk yang Anda miliki tidak mempunyai tutup, pastikan hindari dari debu.

8. Hindari dari suhu Panas

Jaga flashdisk dari suhu panas dan dingin yang berlebihan agar komponen tidak rusak dan tetap aman.

9. Kurangi Mengformat Flasdisk

Kalau yang ini sih engga dilarang, tapi pastikan dikurangi ya. Jangan terlalu sering format flashdisk karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis atau Read dan Write.

10. Hindari Medan Magnet

Karena flashdisk sangat rentan dengan magnet jadi harus dihindari ya, Material yang terdapat magnet dapat berupa speaker, Dinamo (kipas) atau lainnya.

Untuk mengamankan data Anda jangan lupa selalu Meng-BackUp (Salin) selalu flashdisk Anda untuk menjamin ketersediaan data Anda saat flashdisk rusak.

Baca Lainnya : Hal Penting Sebelum Upgrade RAM Laptop


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال