Mengenal Aplikasi Scratch Dalam Pendidikan

Mengenal Aplikasi Scratch

Mediawana.com - Mengenal Aplikasi Scratch Untuk Pendidikan dan edukasi dalam pembelajaran pemograman berbasis visual.

{getToc} $title={Daftar isi}

Dengan Aplikasi Scratch kita dapat membuat animasi dan permainan dengan kreatif serta interaktif dan pastinya menyenangkan.

Scratch merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk pembelajaran pemograman, selain mudah dan menyenangkan, dengan aplikasi Scratch  kita dapat membuat bermacam-macam kreasi.

Aplikasi Scratch dapat dipelajari oleh Murid, Guru, Pelajar ataupun OrangTua. yang pastinya kita dapat belajar membuat program tanpa perlu pusing memikirkan penulisan kode atau sintaksis.

Lalu apa manfaat dan kelebihan jika kita menggunakan aplikasi Scratch?.

Simak selengkapnya.

Manfaat Belajar Scratch  

Manfaat Belajar Scratch

Selain menyenangkan ternyata banyak sekali manfaatnya loh, apa saja? Diantaranya adalah.

1. Yang pertama adalah jika kita belajar Scratch  yaitu, kita dapat membuat sebuah program yang interaktif, bahkan kita dapat membuat game sederhana loh.

2. Melatih motorik dan logika penggunanya (Murid, Pelajar, Guru, OrangTua), ya benar sekali. Kita dapat melatih motorik tangan dan jari serta logika kita dalam proses pembuatan karyanya.

3. Mempermudah anak-anak dan pemula dalam memahami konsep logika dalam komputer dan bereksperimen secara interaktif dan menyenangkan.

4. Sebagai sarana pendidikan terbaik untuk beberapa mata pelajaran untuk meningkatkan minat pelajar usia muda mempelajari seperti, matematika, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), sains dan seni desain.

5. Meningkatkan skill-skill problem solving, berpikir kritis, dan kreativitas sejak usia dini.

6. Menarik minat para pelajar (Murid) usia dini dalam dunia komputer melalui model-model konsep pemrograman dasar yang interaktif dan fun.

7. kecepatan dan keterampilan dalam pemecahan masalah ala programmer.

8. Melatih anak untuk berpikir secara terstruktur sesuai tahap demi tahap,

Aplikasi Scratch merupakan salah satu aplikasi yang tepat untuk pembelajaran interaktif yang berhubungan dengan konsep coding untuk anak-anak dan juga para pelajar.

Aplikasi ini juga memiliki segudang fitur yang berguna dalam pembelajaran aplikasi scratch, selain itu kita juga dapat mengunggah atau upload hasil karya kita didalam scratch melalui komunitas online untuk saling bertukar informasi dan ilmu.

Baca Juga : Pengertian Litosfer

Kelebihan Scratch

Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai pembelajaran pemograman jaman now, yang memang dikhususkan bertujuan mengedukasi para penggunanya, selain mudah digunakan dan memiliki banyak fitur, aplikasi Scratch juga memiliki kelebihan dan keunggulannya loh, apa saja?. Berikut kelebihan dan keunggulan aplikasi scratch.

1. Tampilan Scratch yang menarik dan interaktif

 Kelebihan Scratch

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf di atas, satu hal yang perlu ditanamkan pada anak saat belajar pemograman yaitu bahwa belajar pemograman itu sangat menyenangkan. Desain yang interaktif dan friendly dapat membuat anak betah dalam pembelajarannya, selain itu pada aplikasi scratch juga berupa blok-blok yang memungkinkan anak-anak dapat menyusun program dengan cara drag and drop pada workspace sehingga anak-anak dapat mempelajari fungsi dari blok masing-masing.

2. Hasil projek atau Karya dapat diunggah secara langsung

Pada aplikasi Scratch juga memiliki fitur Share loh, yang memungkinkan kita atau anak-anak untuk langsung meng-upload atau unggah hasil dari projek yang sudah dikerjakan.

Sehingga orang lain dapat melihat hasil semua karya kita, fitur ini bertujuan untuk saling berbagi antara sebagian komunitas Scratch sehingga kita dan semua orang dapat saling berbagi dan belajar dengan aplikasi Scratch.

3. Projek dan Laman Kerja Secara Real-Time

Membuat projek atau karya pada aplikasi Scratch

Pembuatan projek atau karya pada aplikasi Scratch merupakan bersifat real-time, artinya bahwa anak-anak atau kita dapat menyusun, mengedit dan menjalankan perintah pada saat itu juga loh.

Dengan menggunakan real-time ini anak-anak atau kita dapat segera mengetahui hasil dari perintah yang sudah disusun, sehingga jika nantinya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, dapat segera diedit dan diperbaiki.

4. Tool atau Alat yang Ramah Untuk Anak-Anak

Siapa bilang belajar Scratch itu sulit? Pada aplikasi scratch ini benar-benar mudah untuk kita pelajari loh, Scratch sangat Friendly dan nyaman untuk pemula dan anak-anak yang ingin mempelajari pemograman ini.

5. Panduan Lengkap Untuk Orang Tua dan Guru

Panduan Scratch

Selain lengkap dalam hal fitur dan alat-alatnya, Scratch ini juga dilengkapi dengan panduan untuk orang tua dan guru.

Terus gimana jika orang tua dan guru belum familiar dan mengerti dengan aplikasi scratch ini?. Tenang, karena pada website Scratch ini sudah di lengkapi juga dengan panduan khusus untuk guru dan para orang tua.

Sehingga nantinya orang tua dan gurulah yang berperan penting dalam mendidik anak-anak dalam pembelajaran pemograman.

Itulah mengapa aplikasi Scatch ini sangat cocok untuk pembelajaran edukasi terutama dalam hal coding atau pemograman, apa lagi scartch ini menggunakan pemograman berbasis visual yang menggunakan gambar menarik untuk anak-anak. Sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan nyaman.

Baca Juga : 5 Bahaya yang Dapat Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال