Pengertian Rekonsiliasi

Pengertian Rekonsiliasi

Mediawana.com - Apa itu Rekonsiliasi? Rekonsiliasi adalah tindakan yang dilakukan untuk memulihkan atau memperbaiki suatu keadaan agar dapat kembali seperti semula.

Rekonsiliasi merupakan suatu istilah yang sering digunakan dalam menjelaskan hubungan antar negara. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan suatu negara dengan negara lainnya yang terkadang mengalami konflik tertentu.

Selain itu Rekonsiliasi juga adalah perbuatan yang mana untuk memulihkan hubungan persahabatan ke keadaan semula. Jika ada pihak yang mengakui bersalah dan meminta maaf, serta ada juga pihak yang wajib memaafkannya. Dengan begitu akan terbentuknya proses yang disebut dengan istilah rekonsiliasi.

Rekonsiliasi juga merupakan inisiatif yang paling penting untuk menghilangkan ketidakpercayaan dan kebencian yang memicu berulangnya konflik atau permasalahan, mencapai konsolidasi perdamaian, dan memungkinkan terwujudnya perdamaian yang berkelanjutan (terus-menerus).

Contoh lainnya adalah disebuah tempat, terjadinya perselisihan antar desa, sehingga ketua RW akan mencari solusi untuk menemukan masalahnya, cara yang tepat adalah dengan cara Rekonsiliasi.

Baca Juga : 


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال