Invasi - Pengertian Invasi

 Invasi 

Mediawana.com - Apa itu Invasi? Invasi adalah aksi militer yang mana angkatan bersenjata di suatu negara memasuki daerah yang dikuasai oleh suatu negara lain, yang bertujuan untuk
menguasai daerah tertentu atau mengubah pemerintahan yang berkuasa.

{getToc} $title={Daftar isi}

Invasi sendiri dapat berda
mpak sangat besar yaitu bisa saja menjadi peperangan, dan juga digunakan sebagai strategi untuk menyelesaikan peperangan, atau dapat menjadi inti dari perang tersebut.  

Pengertian Invasi

Pada dasarnya invasi itu dilakukan dengan bertujuan untuk memperluas wilayah dan kepentingan politik. Namun, ada beberapa motif lainnya juga pernah terjadi, diantaranya, pengembalian wilayah yang dulu pernah diambil, idealisme keagamaan, politik untuk kepentingan nasional, pengejaran musuh-musuh, perlindungan terhadap suatu negara sekutu, mengambil alih daerah jajahan, serangan preemptif sebelum diserang, melindungi atau mengambil rute transportasi atau sumber daya alam, seperti air dan minyak. bisa saja untuk menengahi  atau mengakhiri konflik antar dua pihak lain, dan sebagai sanksi militer. 

Invasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Invasi merupakan hal atau perbuatan memasuki wilayah negara lain dengan mengerahkan angkatan bersenjata dengan tujuan untuk menye-rang atau menguasai negara tersebut.

Jenis Metode Invasi

Invasi Darat

Invasi darat adalah metode secara langsung untuk memasukkan angkatan bersenjata ke suatu wilayah tertentu melalui hubungan darat, dengan bertujuan untuk melemahkan pertahanan musuh. Walaupun cara ini sering menghasilkan kemenangan yang cepat, gerakan pasukan relatif lambat dan dapat dipengaruhi medan dan cuaca.

Pada peperangan saat ini, invasi darat biasanya dilakukan setelah serangan-serangan lain dengan metode yang berbeda. Serangan udara dan peluru kendali (Rudal) sangat lazim digunakan untuk "melunakkan" target sebelum diserang.

Invasi Udara

Invasi udara baru dilakukan pada abad ke-20 dan peperangan modern. Artinya adalah mengirimkan pasukan dengan menggunakan pesawat. 

Biasanya invasi udara digunakan sebelum invasi darat atau laut, dengan tujuan mengambil alih posisi-posisi penting seperti jembatan dan perempatan jalan, jauh di belakang garis pertahanan musuh tersebut. Namun, invasi yang dilakukan hanya melalui udara saja belum pernah berhasil. Masalah utamanya adalah persediaan dan bantuan personel. Pasukan penerjun payung tidak dapat membawa persediaan yang banyak dan harus dibantu oleh pasukan darat, kemudian pasukan ini juga jumlah tidak terlalu banyak untuk melakukan serangan besar-besaran secara  langsung.

Invasi Laut

Invasi Laut yang pastinya menggunakan perairan untuk melewati dan memasuki daerah atau wilayah musuh. Cara seperti ini biasanya dilakukan bersama dengan metode yang lain, dan sebelum ditemukannya penerbangan atau udara, cara ini sangat lazim dan seringkali dipakai karena tidak ada cara lain untuk memasuki wilayah musuh. 

Invasi Melalui laut bisa saja sangat efektif jika dapat dilakukan dengan tiba-tiba dan mengejutkan lawan atau musuh, atau jika musuh tidak memiliki pertahan laut yang baik dan mumpuni. Tetapi metode invasi ini juga seringkali merepotkan. Banyak peralatan khusus yang dibutuhkan untuk melakukan invasi ini.

Kesimpulan

Pada dasarnya Invasi merupakan aksi militer yang mana angkatan bersenjata di suatu negara memasuki daerah yang dikuasai oleh suatu negara lain, yang bertujuan untuk menguasai daerah tertentu atau mengubah pemerintahan yang berkuasa. 

Dalam jenis atau metode invasi sendiri memiliki beberapa kategori yaitu, Invasi Darat, Invasi Udara, dan juga Invasi Laut.

Baca Juga:


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال