Mengenal Istilah Migrasi, Faktor Migrasi dan Dampaknya

migrasi

Mediawana.com - Apa yang dimaksud dengan migrasi (Migrasi Penduduk)? Migrasi adalah gerak penduduk yang melintas batas wilayah asal menuju ke wilayah tujuan dengan tujuan untuk menetap.

{getToc} $title={Daftar isi}

Sebaliknya, migrasi penduduk non-permanen adalah gerak penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dengan tidak ada niatan untuk menetap di daerah tujuan.

Pengertian Migrasi

Pada umumnya Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dengan tujuan untuk menetap. Migrasi ada juga yang bersifat menetap sementara dan ada juga yang permanen atau selamanya.

Biasanya dikarenakan masalah ekonomi, jumlah penduduk dan pekerjaan. Perkembangan jumlah penduduk didunia dari tahun ketahun mengalamiperubahan yaitu peningkatan yang cukup pesat akibat ketidak seimbangan antara angka kelahiran (natalitas) dan angka kematian (mortalitas). 

Hal ini sebagai dampak dari meningkatnya kualitas kesehatan dan peningkatan usia harapan hidup manusia. Jumlah penduduk dunia pada tanggal 1 Juli 2015 diperkirakan sebesar 7,324,782,225 jiwa atau bertambah 1.1182% dari tahun sebelumnya yang diperkirakan sebesar 7,243,784,121 jiwa. 

Data ini berdasarkan sumber dari hasil laporan dari Divisi Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang prospek penduduk dunia yang memperkirakan jumlah penduduk dunia.

Baca Juga : Pengertian Kondensasi

Macam-macam Migrasi

Dalam berbagai literatur yang disebutkan ada beberapa jenis migrasi. Menurut berbagai sumber Jenis migrasi dibagi dalam beberapa kategori, yaitu:

  • Transmigrasi
  • Imigrasi
  • Emigrasi
  • Diaspora
  • Mengungsi
  • Kolonisasi

Transmigrasi 

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk, dari daerah padat ke wilayah yang penduduknya sedikit atau masih jarang. Program transmigrasi sudah dilakukan di Indonesia beberapa tahun lalu. 

Imigrasi

Apa yang dimaksud dengan imigrasi? Imigrasi berasal dari bahasa Latin yaitu migratio yang artinya adalah perpindahan orang dari suatu tempat atau negara menuju ke tempat atau negara lain. di mana mereka bukan merupakan warga negara. Imigrasi merujuk pada perpindahan untuk menetap permanen yang dilakukan oleh imigran, sedangkan untuk turis dan pendatang untuk jangka waktu pendek tidak dianggap sebagai imigran.

Emigrasi

Apa yang dimaksude dengan Emigrasi? Emigrasi adalah tindakan meninggalkan negara asal seseorang atau wilayah untuk menetap di negara lain. Emigrasi juga dapat diartikan sebagai keberangkatan keluar dari suatu negara untuk tujuan hidup ataupun tinggal menetap di negara lain. Orang yang melakukan emigrasi disebut dengan emigran.

Diaspora

Apa yang dimaksud dengan Diaspora? Kata diaspora merupakan pengertian dari bahasa Yunani kuno (586 SM) yang berarti penyebaran atau penaburan benih. Dari kata itulah pertama kali digunakan bangsa Yunani untuk merujuk warga kerajaan yang bermigrasi ke suatu daerah jajahan untuk tujuan membuat koloni demi mengasimilasi wilayah itu ke dalam wilayah kerajaan.

Mengungsi

Apa yang dimaksud dengan mengungsi? Pengungsi adalah pengertian dari seseorang ataupun sekelompok orang yang meninggalkan suatu wilayah untuk menghindari suatu bencana atau musibah. Misalnya banjir, tanah longsor, tsunami, kebakaran, dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh alam. Dapat juga bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia sendiri secara langsung.

kolonial

Kolonial adalah suatu sistem yang artinya adalah suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal.

Jenis-Jenis Migrasi

Mengenal Istilah Migrasi

Selain dengan macam-macam Migrasi ada juga beberapa jenis lain dari migrasi, yaitu:

Migrasi Parsial (Partial Migration)

Migrasi parsial atau Partial Migration yang artinya adalah jumlah migrasi ke suatu daerah tertentu dari satu daerah asalnya, atau dari daerah asal ke satu daerah tujuan. Migrasi merupakan pengertian dari arus migrasi antara dua daerah asal dan tujuan.

Arus Migrasi (Migration Stream)

Arus migrasi (Migration Stream) adalah jumlah atau banyaknya perpindahan yang ada (terjadi) dari daerah asal ke daerah tujuan dalam jangka waktu tertentu.

Urbanisasi (Urbanization)

Urbaniasasi  atau Urbanization adalah bertambahnya proporsi atau keseimbangan penduduk yang berdiam di daerah asal ke daerah tujuan dalam jangka waktu tertentu.

Transmigrasi (Transmigration)

Transmigrasi atau juga dikenal dengan Transmigration adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat dengan tujuan untuk menetap ke daerah lain yang ditetapkan di dalam wilayah tertentu untuk kepentingan pembangunan negara atau karena alasan yang dipandang perlu oleh pemerintah atau sebuah negara.

Baca Juga : Apa yang dimaksud dengan Deportasi?

Dampak migrasi nasional

Apa saja dampak dari migrasi? Berikut ini adalah beberapa dampak yang terjadi dari dampak migrasi, yaitu:

  • Kesempatan membuka usaha-usaha baru di kota semakin luas.
  • Perekonomian di suatu tempat (wilayah) semakin berkembang.
  • Dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di tempat tertentu.
  • Mengurangi jumlah pengangguran di daerah tertentu.
  • Meningkatkan taraf hidup penduduk desa.

Adanya harapan akan memperoleh kesempatan untuk memperbaikan taraf atau kualitas hidup pada diri mereka masing-masing. Serta keadaan lingkungan dan keadaan hidup yang menyenangkan, misalnya seperti iklim, perumahan, sekolah dan fasilitas-fasilitas publik yang lainnya. 

Baca Juga : Pengertian Rekonsiliasi

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال