Mengenal Logo Tut Wuri Handayani, Pengertian dan Sejarahnya

 Logo Tut Wuri Handayani 

Mediawana.com - Tut Wuri Handayani adalah simbol yang sering kita temukan, apa lagi soal 

pendidikan. Tapi tau tidak sih?. apa itu Tut Wuri Handayani, simak selengkapnya.

{getToc} $title={Daftar isi}

Mengutip
dari berbagai sumber, Tut Wuri Handayani adalah semboyan pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu " Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani".

Artinya adalah didepan, seorang pendidik harus bisa menjadi teladan, ditengah murid, pendidik harus bisa memberikan ide, dan dibelakang, seorang pendidik harus bisa memberi dorongan.

Nah, salah satu yang kutip yang digunakan adalah Tut Wuri Handayani sebagai semboyannya. Tut Wuri Handayani juga digunakan dalam logo Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud sebagai penghargaan bagi Ki Hajar Dewantara.

Menurut laman resmi kemendikbud, berikut adalah arti dalam Tut Wuri Handayani.

1. Bidang Seni Lima (Biru Muda) yang menggambarkan alam kehidupan pancasila.

2. Semboyan Tut Wuri Handayani juga digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melakukan sistem pendidikannya, Arti dari semboyan Tut Wuri Handayani adalah melengkapi penghargaan dan penghormatan kita kepada almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan hari Pendidikan Nasional.

3. Belencong menyala yang bermotif Garuda Belencong merupakan lampu yang dikhususkan untuk tujuan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukan menjadi lebih hidup.

4. Burung Garuda (yang menjadi motif dari belencong) yang memberikan gambaran bersifat dinamis, gagah dan perkasa, serta mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas, sementara ekor dan sayap garuda menggambarkan masing-masing lima, yang artinya adalah "satu kata dengan perbuatan pancasilais".

5. Berikutnya adalah Buku, yang merupakan sumber informasi bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan dan pengetahuan manusia.

Arti Warna pada Lambang Tut Wuri Handayani

Berikut adalah arti dan pengertian dari warna pada lambang Tut Wuri Handayani.

1. Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku yang dapat diartikan suci, bersih tanpa pamrih.

2. Warna kuning emas pada nyala api yang berarti keagungan dan keluhuran pengabdian.

3. Warna biru muda pada bidang segi lima yang berarti pengabdian yang tak terputus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam

Itulah pengertian dari lambang Tut Wuri Handayani, karena pendidikan kita menjadi tau akan banyak hal dengan ilmu, dengan ilmu kita menjadi lebih kuat dan tangguh, karena ilmu adalah jendela dunia. 

Baca Juga :

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال