Investasi Terbaik Anak IT

Investasi Terbaik Anak IT

Mediawana.com - Dalam dunia IT banyak sekali yang perlu Anda pelajari, terutama pada keahlian, dan juga pengalaman Anda. Tapi tau engga sih?. Anak IT (Teknik Informatika) harus memiliki investasi loh.

{getToc} $title={Daftar isi}

Siapa bilang investasi itu harus dengan saham, crypto, properti, tanah, emas, dan lain-lain ?.

Dijaman sekarang yang serba digital dan terutama untuk anak IT inilah investasi yang perlu Anda kembangkan. Apa saja?. Berikut ini adalah Investasi Terbaik Anak IT.

1. Baca Artikel 

Investasi Terbaik Anak IT

Yang pertama adalah membaca artikel, yaps. Benar sekali dengan membaca artikel dan referensi akan memudahkan Anda dalam menambah ilmu pengetahuan dan ilmu lainya. Tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda untuk menabung ilmu.

Jika Anda memiliki minat baca dengan tema teknologi, Anda wajib mempelajari artikel yang membahas materi tentang teknologi, pastikan Anda membaca artikel yang Anda sukai. Baca dan pelajari ketika Anda memiliki waktu luang, dengan begitu Anda akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baru.

2. Beli Buku

Dengan membeli buku Anda akan menemukan hal baru yang mungkin saja tidak ada pada artikel. Dengan membeli buku baru, dapat memungkinkan Anda menemukan banyak hal dan informasi penting lainnya.

Jika Artikel membutuhkan akses internet untuk membacanya, maka buku akan lebih nyaman ketika Anda ingin membacanya saat selesai beraktifitas, seperti setelah jalan - jalan dan ingin bersantai di taman atau pantai sambil membaca buku, atau lainnya.

3. Ikutan Webinar

Investasi Terbaik Anak IT

Berikutnya adalah webinar, webinar merupakan pertemuan secara virtual (online) atau daring yang memungkin Anda dapat bertukar informasi dengan sesama anggota, dan terciptanya komunikasi yang bertujuan untuk memahami segala ilmu pengetahuan.

Dengan mengikuti webinar Anda akan mendapatkan segudang manfaat, seperti memperluas perkenalan dengan yang lain, menambah pengetahuan, memperluas pertemanan Anda, mendapatkan ilmu, dan masih banyak yang lainnya.

Selain mendapatkan wawasan, Anda juga memungkinkan akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa Anda sudah mengikuti webinar dan mempelajari ilmu tertentu.

Baca Juga : Alasan Linux Jarang Terkena Virus

4. Banyak Bertanya

Yang ke-empat adalah memperbanyak bertanya kepada orang yang memiliki pengetahuan lebih dari Anda. Jangan malu bertanya, tapi perlu dingat juga ya, banyak bertanya juga dapat mengganggu loh, maka dari itu bertanyalah dengan topik tertentu dan saat dibutuhkan saja.

Ketika Anda mendapatkan masalah mengenai aktifitas dan tugas Anda, jangan malu untuk bertanya, selain untuk menyelesaikan masalah, Anda juga akan mendapatkan ilmu baru.

Apalagi jika Anda juga ikut mempraktikan apa yang sudah dibahas dalam pertanyaan tersebut. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ilmu baru dan memiliki wawasan yang lebih luas.

5. Ngoding

Investasi Terbaik Anak IT

Kenapa ada ngoding?. Kan anak IT, masa engga bisa ngoding. Anda akan mendapatkan pertanyaan seperti itu jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat sebuah program.

Dengan ngoding, Anda akan mendapatkan pelajaran tersendiri dalam mempelajari bahasa pemograman.

Tapi min, saya hanya bisa html sama css. Gimana dong?.

Kenapa harus malu. Dengan html dan css Anda dapat membuat website statis loh, siapa tau dari karya membuat website statis Anda mendapatkan cuan (uang) dari hasil membuat website statis.

Yang pastinya Anda harus sering latihan ngoding, entah dengan teman ataupun ngoding sendiri.

Jika sudah mahir html dan css, Anda dapat mempelajari bahasa pemograman seperti PHP, C++, JAVA, PYTHON, dan lainnya. Dengan begitu, Anda memiliki pengalaman dan kualitas yang dapat dipandang baik.

6. Fotografi

Apa hubungannya IT sama Fotografi?. Ada kok. Ketika Anda membuat sebuah program website, pastinya suatu saat Anda perlu gambar untuk menghias website Anda agar terlihat lebih mantap.

Dengan Anda mempelajari teknik fotografi, Anda akan dimudahkan dalam hal gambar.

Selain itu Anda juga dapat membuka dan menawarkan jasa fotografi untuk keperluan foto keluarga, wisuda, wedding, dan lain-lain.

7. Desain

Investasi Terbaik Anak IT

Desain ?. Iya desain, tau engga fungsinya buat apa?

Jika Anda memiliki keahlian dalam hal desain, Anda akan dimudahkan dalam membuat berbagai gambar, seperti ilustrasi, promosi, atau mengedit foto Anda sendiri.

Anda dapat membuka jasa desain gambaar atau foto.

Anda akan pandang ahli dalam hal multimedia,  dan juga terlihat keren. Sebenarnya tidak hanya itu saja fungsional dari desain pada anak IT. 

Jika Anda memiliki keahlian dalam hal desain, Anda akan dimudahkan dalam hal mengedit sebuah tampilan dari projek yang akan dibuat, seperti website, aplikasi dan juga lainnya.

Anda dapat membuat kerangkanya atau desainnya terlebih dahulu sebelum membuat sebuah projek, dengan begitu Anda akan dapat memprediksi akan bagaimana projek Anda nantinya, karena Anda memiliki desain infrastrukturnya sebelum projek Anda jadi.

Baca Juga : Pengertian Enkripsi Beserta Cara Kerja Enkripsi

8. Network

Ya. Benar sekali, Anda dapat mempelajari alur dasar jaringan, kenapa harus belajar min?.

Karena dijaman sekarang ini siapa sih yang tidak memiliki perangkat komputer, seperti Smartphone, laptop, ataupun komputer. yang tentunya sering kali membutuhkan yang namanya akses internet.

Namun jika ada kendala atau masalah pada internet siapa yang akan ditanyakan?. Ya tentu saja ke Anak IT, Jika masalah jaringan saja tidak tau menau, makan posisi kita sebagai anak IT akan dipertanyakan.

Biasanya rata-rata Teknik Informatika harus memahami dasar pada jaringan komputer, seperti pemasangan alamat IP, memasang router, kabel lan, dan lainnya.

9. Paham Komponen Komputer

Komputer

Yang ini penting nih, buat Anda sebagai anak IT. Apa kata tetangga kalau benerin komputer aja engga bisa hehehe. Atau mungkin ada yang dimintai tolong buat benerin AC, Kipas Angin, TV. gimana tuh, Anda bisa memperbaikinya ? hehehe. 

Oke kita lanjut.

Komputer sebagai dasar dari pengetahuan anak IT loh, selain pegangannya komputer dan tiap hari juga ketemu sama komputer, jika sewaktu waktu ada masalah atau ingin upgrade komponen komputer, Anda sudah dapat melakukannya sendiri.

Jika Anda memiliki keahlian dalam perangkat keras komputer, Anda akan dimudahkan jika suatu saat terjadi masalah dengan komputer atau laptop Anda. Anda juga dapat memperbaiki masalahnya sendiri tanpa harus pergi ke  tempat service. Jangan hanya karena komputer Anda mati dan tidak dapat menyala, Anda langsung membawanya ke tempat service komputer, cek terlebih dahulu, siapa tau sedang ada pemadaman listrik, hehehe.

Itulah Investasi Terbaik Anak IT. Perluas pengalaman dan perbanyak latihan akan membawa hal positif untuk diri Anda sendiri. Dan jadikan itu sebagai investasi untuk Anda dimasa depan, karena kesuksesan berada pada Anda sendiri.

Tingkatkan literasi dan pengetahuan untuk menambah ilmu pengetauan dan informasi.

Baca Juga : Pengertian BTS - Base Transceiver Station

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال