Cara Kirim Lamaran Lewat Email Dengan Benar

Kirim Lamaran Lewat Email

Mediawana.com
- Mengirim lamaran kerja lewat email memang lebih praktis dan cepat. Apakah Anda tau, ada hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim email untuk keperluan kerja. Apa saja?. Simak selengkapnya.

{getToc} $title={Daftar isi}

Saat ini kemajuan internet dan teknologi memang memudahkan kita untuk melakukan banyak hal tanpa perlu keluar rumah, diantaranya adalah cara mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email.

Panduan Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Dengan Benar

Terdapat point penting yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah.

1. Gunakan Alamat Email Sesuai Dengan Nama Anda

Email

Sebenarnya jika Anda menggunakan nama yang lain atau samaran boleh - boleh saja.Seperti Kinzaaza85@gmail.com atau Arfaganteng@gmail.com Namun jika Anda ingin melamar pekerjaan melalui email, lebih baik menggunakan identitas asli yang sesuai dengan nama Anda.

Jika Anda ingin melamar pekerjaan melalui email, Anda diwajibkan menggunakan email dengan penamaan yang baik dan sesuai dengan identitas Anda serta enak untuk dibaca. 

Penggunaan nama email yang sulit terkesan tidak formal dan tidak baik, nantinya akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi seorang HRD. Berbeda halnya jika Anda menggunakan penamaan alamat email yang disesuaikan identitas Anda, seorang HRD atau recruiter akan lebih mudah mengenalimu. Berikut ini adalah contoh salah dan contoh benar penamaan alamat email untuk mengirim lamaran kerja Anda.

Nama : Andre Suhendra

  • Email yang tidak disarankan : andreshdra123@gmail.com
  • Email yang tidak disarankan : andresukses25@gmail.com

Lebih baik hindari alamat email diatas, untuk menghindari kesan tidak profesional dan alay. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan alamat email sebagai berikut.

Nama : Andre Suhendra

  • Email yang disarankan : andresuhendra@gmail.com
  • Email yang disarankan : andre.suhendra@gmail.com
  • Email yang disarankan : andresuhendra45@gmail.com

Jika Anda tidak dapat membuat alamat email sesuai identitas Anda karena sudah ada yang memilikinya, Anda dapat menambahkan dengan titik (.) diantara nama depan dengan nama belakang.

Atau Anda dapat menambahkan angka dibelakangnya, namun jangan terlalu banyak, cukup dua digit saja.

Baca Juga : Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto di Smartphone dan Laptop

2. Berkas Lamaran Kerja Tidak Lebih Dari 1 MB

lamaran pekerjaan dengan email

Pastikan file lamaran Anda tidak lebih dari 1 MB, Kenapa?.

karena jika berkas lamaran yang Anda lampirkan memiliki kapasitas yang ukurannya lebih dari 1 MB, Anda wajib mengecilkannya sampai kurang dari 1 MB. Kenapa? 

Karena penggunaan file berkas lamaran kurang dari 1 MB itu akan memudahkan HRD atau rekruter untuk mengunduh file berkas lamaran Anda, tentunya hal ini akan menghindari penyitaan waktu yang dimiliki oleh HRD atau seorang recruiter. Dengan begitu berkas Anda akan mendapatkan peluang untuk dilihat HRD.

Selain itu, dengan kapasitas file yang kurang dari 1 MB  akan memudahkan dan meringankan kinerja HRD, mengingat HRD jarang sekali memiliki waktu luang lebih jika file lamaran Anda terlalu besar, yang ada nantinya berkas Anda akan dilewatkan. Maka dari itu Anda harus perhatikan kapasitas file lamaran Anda.

3. Gunakan Bahasa Resmi dan Benar

bahasa yang baik saat mengirim email

Berikutnya yaitu dengan menggunakan bahasa yang resmi dan benar, dengan penggunaan bahasa yang resmi atau formal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. 

Tentu saja  Anda harus menghindari penggunaan bahasa yang kurang bagus atau hindari bahasa yang tidak sopan, seperti bahasa yang biasa dipakai dalam keseharian Anda, pastikan hindari kata - kata yang menggunakan sapaan "aku", "kamu", "gua", "lo", dll.

Menggunakan bahasa yang baik dan benar akan mencerminkan kualitas diri Anda. dan akan dipandang sebagai orang yang sopan dan menggunakan tata cara yang baik dalam berbicara.

3. Hindari Mengirim Berkas Lamaran Dengan Format zip/rar

format file email

Nah ini yang menurut Admin cukup penting, kenapa bisa penting?.

Saat ingin melamar pekerjaan melalui email, pastikan memperhatikan model file Anda, jika Anda mengirim menggunakan format zip atau rar, apa HRD tidak ribet, sedangkan HRD biasanya butuh cepat, karena bukan Anda saja yang mengirim email, tetapi banyak juga yang mengirim email.

Ribetnya dimana?.

Jika Anda mengirim file dengan format zip atau rar, tentu saja harus di ekstrak terlebih dahulu untuk dapat melihat isi dari filenya, banyak sekali HRD yang tidak menyukainya, selain ribet, pengiriman email email dengan format zip atau rar juga dapat membuat pekerjaan jadi semakin lambat. 

Tentu saja hal tersebut akan menyita waktu seorang HRD atau recruiter. Maka dari itu, perhatikan kembali efiensi dalam mengirim lamaran kerja melalui email.

Baca Juga : Cara Mengubah Foto ke JPG dengan Android dan Laptop, Mudah dan Praktis

5. Tulis Subject Secara Jelas

Subjek adalah bagian teratas pada dasboard email. Anggap saja subjek sebagai kepala email. Jika Anda membuka email, bagian yang pertama kali dibaca adalah bagian kepala email atau dapat Anda artikan sebagai judul pada email.

Biasanya perusahaan sudah memberi arahan mengenai syarat dan ketentuan dalam menuliskan subject. Hal ini membantu Anda untuk menghindari kerumitan penulisan subject, 

Ingat penulisan Subject hukumnya wajib ya, jangan sampai kosong. Biasanya penulisan subject berupa posisi yang dilamar dan di lengkapi dengan nama Anda, liat contoh berikut.

Subject = [Posisi Yang  Dilamar] - [Nama Lengkap]

Contoh = Programmer - Kinza Ramadhan

contoh email

6. Isikan Body/Isi Email

Berikutnya, yaitu silakan isikan body atau isi dari email. Silakan lihat gambar diatas. Bagian ini merupakan bagian penting dari lamaran yang Anda kirim.

Jika tidak ada ketentuan tertentu dari pihak perusahaan dalam penulisan body email, Anda dapat menggunakan susunan dengan formal atau format berikut ini:

[Salam Pembuka]

[Isi body email yang meliputi: perkenalan diri, pekerjaan yang hendak dilamar, dari mana memperoleh informasi lowongan]

Contoh sebagai berikut.

-------------------------------------------------------------

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama : Andre Suhendra
Umur : 25 tahun
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
No. Telepon : 0898********

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai posisi IT Support. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai IT Support selama 3 tahun di 2 perusahaan. Keahlian saya adalah dapat mengelola dan maintenance peralatan kantor, komputer, internet dan jaringan komputer. Selain itu saya juga memiliki beberapa sertifikasi resmi terkait penghargaan dalam keahlian informatika.
Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. CV
3. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4. Scan Ijazah Terakhir
5. Scan Surat Keterangan Dokter
6. Pas Photo format .jpeg (1 file)
7. Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini saya berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih.

Hormat saya,


Joko Purwanto

-------------------------------------------------------------

7. Perhatikan Waktu Pengiriman

Jangan hanya karena ingin mengirim email pertama Anda tidak memperhatikan waktunya, jika Anda mengirim lamaran kerja melebihi jam kerja kantor, Anda kemungkinan tidak akan dilirik oleh HRD, apa lagi jika Anda mengirim email diwaktu yang tidak tepat, seperti jam 12 malam atau jam 4 pagi.

Rekomendasinya, mengirim email di saat jam kerja perusahaan tersebut, umumnya dari jam 08.00 – 14.00 (atau bisa disesuaikan).

8. Ubah Berkas Menjadi PDF

Cara merubah lamaran kerja ke pdf

Setelah berkas Anda terkumpul dan siap untuk dikirim melalui email, pastikan berkas lamaran Anda berformat pdf ya, kenapa?.

Karena selain elegan, juga akan memudahkan HRD dalam mengolah data, selain itu berkas yang Anda kirim akan menjadi lebih kecil dan ringan.

Selain itu, jika menggunakan format pdf. File Anda hanya perlu sekali klik agar dapat terbuka, dengan begitu HRD merasa sangat membantu. berbeda dengan format yang lainnya seperti doc, docx, jpeg, png, dan lainnya.

Jika berkas Anda bukan pdf, file Anda akan memerlukan waktu untuk dibuka, seperti jika format Anda docx, HRD akan mengunduhnya terlebih dahulu dan mencari microsoft word untuk membukannya.

Jika Anda ingin mengubah berkas lamaran Anda dan tidak tau caranya, mudah saja, buka halaman smallpdf.com dan ilovepdf.com dan ikuti langkahnya, cukup 2 sampai 3 langkah maka berkas Anda sudah siap menjadi pdf.

Namun jika Anda belum memiliki akun email, tidak perlu panik, silakan pergi ke halaman google dan buat akun email Anda sekarang.

Baca Juga : 5 Ide Usaha dan Bisnis Online Terbaik Dari Rumah Tahun Ini

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال