Pengertian Fiber Optik, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

 Pengertian Fiber Optik, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik 

Mediawana.com - Saat ini penggunaan internet sudah sangat banyak apa lagi di era sekarang semua aktifitas kebanyakan berhubungan dengan internet baik itu pekerjaan, pendidikan, bisnis bahkan semua aktifitas juga dengan internet meskipun tidak semuanya menggunakan internet.

Tapi taukah Anda mengenai Fiber Optik ?. Tapi apa hubungannya Fiber Optik dengan Internet?. Berikut penjelasannya.

Sebagian dari kita pastinya pernah mendengar apa itu Fiber Optik dan apa hubungannya dengan internet?. Fiber Optik merupakan layanan internet yang memanfaatkan kabel fiber optik dengan bandwidth yang lebih besar dan bahkan mencapai kecepatan transmisi data hingga Gigabit per Second atau Gbps dan terjamin kualitas jaringan hingga 99.5%.

Masih bingung?. Oke kita bahas lebih lengkapnya. Simak penjelasan sebagai berikut.

 

Pengertian Fiber Optik

 Pengertian Fiber Optik

Kabel Fiber Optik adalah jenis kabel yang berbeda tidak seperti kabel pada umumnya. Karena kabel fiber optik berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari titik A sampai ke titik B atau dari titik awal sampai ke titik lainnya.

Bahan dari kabel fiber optik ini, menggunakan serat kaca dan plastik yang sangat halus dan memiliki diameter 120 mikrometer dan lebih kecil dari sehelai rambut. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kabel fiber optik digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Fiber Optik terdapat 2 jenis transmisi yaitu Single Mode dan Multi Mode, kita membahas mengenai Single Mode terlebih dahulu, Single Mode memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya.

Multi Mode adalah jenis yang menggunakan media LED, biasanya jenis ini lebih banyak digunakan untuk instalasi jaringan dengan kelas menengah hingga kelas keatas.

Masih bingung?. dengan 2 jenis diatas?. Oke kita akan membahas dengan lebih lengkap, berikut informasi lengkap mengenai Single Mode dan Multi Mode.

Single Mode Fiber

Single Mode Fiber atau Fiber Mode Tunggal adalah jenis yang sering kali digunakan untuk mentransmisikan jarak yang lebih jauh dan mengirimkan sinar laser yang memiliki panjang gelombang 1.300 nanometer sampai 1.550 nanometer. pantulan cahaya yang dibuat ketika melewati inti maka akan berkurang dan dapat menurunkan attenuation sehingga memiliki kemampuan sinyal untuk melaju lebih jauh lagi.

Multi Mode Fiber

Multi Mode Fiber atau Fiber Multi Mode adalah jenis yang dirancang atau dibuat khusus untuk mentransmisikan lebih banyak sinar cahaya dalam waktu yang bersamaan. 

Pada jenis ini biasannya digunakan untuk transmisi data dengan jangkauan jarak yang relatif dekat. Inti pada jenis Multi Mode Fiber ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 62.5 mikron dan memiliki panjang cahaya inflamerah sekitar 850 nanometer sampai 1.300 nanometer dari LED.


Fungsi Fiber Optik

Fungsi Fiber Optik

Fungsi dari Fiber Optik adalah menghubungkan antar komputer atau pengguna dalam lingkup jaringan tertentu.

Dengan menggunakan kabel fiber optik tentunya akan memiliki kecepatan yang tinggi. Untuk kecepatan transmisi data mencapai Gigabit per detiknya, dan kabel fiber optik tidak membawa listrik sehingga tidak terpengaruhi dari gangguan elektromagnetik sehingga stabil dalam penggunaannya.

Penggunaan kabel fiber optik lebih mahal dan tidak semua orang dapat menggunakannya dan biasanya hanya perusahaan skala besar dan operator telekomunikasi yang lebih sering memilih kabel fiber optik. Bahkan sekarang ini perusahaan pengembang Wifi sudah mulai menggunakan dan memakai fiber optik karena lebih cepat dan stabil.


Baca Juga : Pengertian Komputer dan fungsi utama pada komputer

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Meskipun memiliki kualitas yang tinggi dan performa yang baik bukan berarti tidak memiliki kekurangan loh. Berikut ini informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari fiber optik.

Kelebihan Fiber Optik

  • Karena tidak menggunakan arus listrik, kabel fiber optik tidak akan mengalami gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio dan memiliki daya tahan yang baik dan cukup kuat sehingga penggunaanya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang besar.
  • Karena fiber optik tidak menggunakan arus listrik maka terjadinya konsleting juga tidak akan terjadi dan dalam hal keamanan juga sangat terjamin.
  • Fiber Optik memiliki kemampuan transmisi data dengan kapasitas yang besar dan jarak transmisi yang jauh dengan kapasitas hingga Gigabit per detiknya sehingga memberikan kebebasan terhadap perusahaan-perusahaan internet dan telepon memilih bandwidth yang tinggi.
  • Memiliki bentuk fisik yang kecil dibandingan dengan jenis yang lain dan karena bahannya terbuat dari serat kaca dan plastik, hal ini memungkinkan ketersediaan ruang yang cukup besar.
  • Kemungkinan hilangnya data sangat rendah sehingga tidak perlu mengkhawatirkan validitas data.


Kekurangan Fiber Optik

  • Memakan biaya yang besar hanya untuk perawatannya saja dan alat-alat yang digunakan juga tidaklah murah.
  • Harganya yang cukup mahal, ini memanglah wajar karena mengingat bahan-bahan yang digunakan dan pemasangannya. Oleh karena itu penggunaan kabel fiber optik biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau penyedia jasa komunikasi yang memang menginginkan akses yang lebih cepat.


Itulah Pengertian Fiber Optik, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik. Fiber Optik memang sangat penting untuk menghubungkan suatu jaringan baik itu komputer atau penggunaan lainnya. terutama pada jaringan internet dan komunikasi. Oleh karena itu kita sebagai pengguna dapat merasakan manfaat dari jaringan fiber optik dan mudahnya dalam akses internet dan komunikasi serta lainnya.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi, Jenis Komunikasi, dan Tujuan Komunikasi


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال