Komputer - komputer adalah

Pengertian komputer

Mediawana.com - Apa itu komputer?. Pastinya tidak asing lagi dengan nama komputer, di era sekarang ini komputer sudah merayap disekitar kita, hampir semua orang mengetahui nama komputer, lalu komputer itu apa sih?.

Berikut informasi mengenai komputer.

Apa itu komputer

Komputer adalah teknologi atau alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika. komputer adalah salah satu bentuk globalisasi di bidang teknologi

Komputer mampu atau dapat menyimpan, mengambil dan mengolah data. Komputer juga dapat digunakan untuk mengetik dokumen, kerjaan, pendidikan (Tugas), mengirim E-Mail, Game dan menjelajah internet dan masih banyak lagi.

Perangkat Keras dan Perangkat lunak


Sebelum kami membahas lebih jauh lagi mari membahas mengenai 2 hal yang sama yang terdapat atau ada pada semua tipe komputer yaitu Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

Perangkat Keras adalah semua perangkat bagian fisik pada komputer dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya, yang artinya perangkat keras adalah bagian yang memiliki fisik atau berbentuk benda, seperti Monitor, Keyboard, Mouse, Cpu, Harddisk dan masih banyak lagi. Perangkat Lunak adalah perkumpulan intruksi atau perintah yang menugaskan atau memberi perintah kepada perangkat keras tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.Contohnya seperti Web Browser, Permainan, Aplikasi pengolah kata.

Apa saja macam-macam komputer?

Bagi mayoritas orang saat mendengar nama komputer, maka mereka berpikir tentang komputer pribadi seperti Desktop dan Laptop. Sebenarnya komputer memiliki banyak jenis dan bentuk serta ukuran, serta memiliki banyak tugas yang berbeda-beda di dalam kehidupan kita sehari hari. Contohnya saat Anda mengambil uang dari mesin ATM, Menggunakan kalkulator, Memindai kode barcode barang atau produk dan masih banyak lagi

Desktop / PC (Personal Computer)

Desktop / PC adalah sebutan untuk komputer meja, lalu apa itu komputer meja?. Komputer meja adalah komputer pribadi yang ditunjukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing (Laptop) atau komputer portable, Dekstop teridiri dari 3 bagian utama yaitu. Input Device, Output Device dan Proccess.Contoh dari Input Device adalah Mouse/Tetikus, Keyboard, Joystick, Scanner dan masih banyak lagi,
Contoh dari Output Device adalah Monitor, Printer, Speaker dan masih banyak lagi.
Contoh dari Proccess adalah CPU (Central Proccessing Unit) lebih tepatnya adalah prosesor.

Komputer Jinjing / Laptop

 

Laptop mirip seperti komputer hanya saja komputer tidak dapat digunakan disemua tempat karena komputer menggunakan listrik untuk menyalakannya, berbeda dengan laptop, laptop dapat digunakan dimana saja dan dapat juga digunakan disemua tempat, karena laptop menggunakan baterai untuk menyalakanya, namun jika baterai habis kamu juga bisa mengisi daya baterai laptop dimana saja.

Netbook 

 

Netbook adalah komputer ultra-portable yang lebih kacil dari laptop biasanya, soal harga biasanya lebih murah dari laptop namun tetap saja beda toko beda harga, Netbook sama seperti laptop dapat digunakan disemua tempat.

PDA

PDA (Personal Digital Assistant) adalah komputer yang terintegrasi yang lebih sering menggunakan Flash Memory daripada Hard Drive untuk menyimpan data.

komputer ini umumnya tidak memiliki keyboard tetapi mengandalkan Touch Screen atau layar sentuh untuk Input pengguna

Workstation

 
 

Workstation adalah tipe komputer yang memiliki prosesor yang lebih kuat, Memori tambahan dan meningkatan kemampuan untuk melakukan beberapa kelompok tugas.

Server


Server adalah teknologi komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang lebih kuat, banyak memori serta penyimpanan yang lebih besar (HardDrive).

Mainframe

Pada awal-awal ditemukannya komputer, mainframe adalah komputer yang sangat besar yang bisa mengisi seluruh ruangan (Tempat). Karena ukuran komputer telah berkurang sementara kekuatanya ditingkatkan. Mainframe kini digunakan sebagai terutama diperusahaan besar, yang berfungsi untuk pengelolaan jutaan transaksi setiap hari.

Supercomputer

Komputer jenis ini biasanya berharga ratusan ribu bahkan jutaan. Meskipun beberapa supercomputer adalah satu sistem komputer. Sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal, Supercomputer paling terkenal yaitu yang dibangun oleh Cray Supercomputer

Wearable Computer

Wearable Computer adalah komputer jenis yang bisa dikenakan pada dasarnya adalah aplikasi komputer umum (E-Mail, DataBase, Multimedia, Kalender / Jadwal) yang diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, visor dan bahkan pakaian.

Itulah mengenai informasi tentang komputer semoga dapat menambah wawasan Anda dan dapat membantu serta bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال