6 Aplikasi Yang Wajib Kamu Pasang di Laptop atau Komputer Baru

 aplikasi wajib untuk laptop baru 

Mediawana.com - Dijaman sekarang memang teknologi sudah semakin pesat dan bertumbuh dengan cepat, tidak hanya itu teknologi terutama pada komputer dan laptop sudah semakin banyak peminatnya dan sudah mulai banyak yang memilikinya untuk kebutuhan mereka, seperti pekerjaan, tugas sekolah, kuliah, bahkan lainya.

Anda baru membeli komputer atau laptop?.  Tapi tidak tau apa saja yang perlu Anda lakukan atau bingung harus mulai dari mana. Taukan Anda setelah memiliki laptop atau komputer baru, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasang aplikasi atau software yang dibutuhkan untuk keperluan sehari hari dan biasanya juga sering dipasangkan oleh teknisi komputer berpengalaman sekalipun.

Ingin tau aplikasi apa saja?. Berikut 6 Aplikasi Yang Wajib Kamu Pasang di Laptop atau Komputer Baru.


1. Microsoft Office

download aplikasi wajib untuk laptop

Aplikasi yang wajib Anda pasang adalah Microsoft Office. Kenapa harus memasang Microsoft Office?, mudah saja. Anda setiap harinya pasti beraktifitas dengan file data. seperti surat, berkas, ataupun laporan tertentu, itu untuk pekerjaan. Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa pastinya Anda akan sibuk dengan tugas yang terkadang cukup melelahkan, meskipun begitu belajar akan membuat Anda lebih baik dan paham akan ilmu pengetahuan.

Hanya saja Microsoft Office adalah aplikasi berbayar, jika Anda ingin menggunakannya Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. 

Tapi Jangan bersedih, Anda dapat menggunakan aplikasi secara gratis loh. Emang ada?.

Ya pastinya ada. Anda dapat menggunakan aplikasi WPS Office untuk keperluan Anda.

Aplikasi ini sangat mirip dengan Microsoft Office, anggap saja WPS Office adalah saudara kembar dari Microsoft Office.

Jika Anda ingin menggunakan Microsoft Office dan tidak ingin mengeluarkan uang. Anda juga dapat menggunakan Google Doc atau yang lainya. hanya saja ini berbasis website, jika Anda ingin menggunakannya Anda harus terus terhubungn ke dalam jaringan.


2. Web Browser

 

aplikasi yang wajib untuk laptop baru

Yang berikutnya adalah Web Browser, Web Browser sangat membantu Anda dalam mengunjungi sebuah halaman situs yang ada di internet, Anda akan mendapatkan informasi bahkan bantuan seperti tutorial yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah.

Saat ini hampir semua aktifitas kita mengandalkan internet, baik dalam bekerja ataupun hiburan bahkan untuk hal pendidikan juga menggunakan web browser untuk membantu dan menunjang pembelajaran.

Oleh karena itu penggunaan Web Browser sangat diperlukan untuk kebutuhan Anda nantinya. Lalu Web Browser apa yang cocok untuk Anda?. Sebenarnya tidak ada batasan tertentu untuk memiilih web browser yang terbaik.

Web Browser yang dapat Anda gunakan seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, Safari, Microsoft Edge atau bahkan yang lainya. 

Namun untuk Web Browser yang populer digunakan oleh kebanyakan orang adalah Google Chrome. Karena selain mudah digunakan. Menggunakan Google Chrome terhubung langsung dengan akun Google milik kita. Jadi silakan pilih Web Browser yang ingin Anda gunakan.


3. Adobe Photoshop

software wajib install untuk pc dan laptop baru

Yang berikutnya adalah aplikasi editor gambar. Yaitu Adobe Photoshop. Kenapa harus pasang aplikasi editor kan bukan photografer? dan tidak pandai mendesain juga? Tidak perlu dipikirkan. Aplikasi ini banyak manfaatnya loh. Seperti Anda dapat mengubah atau mempercantik foto atau gambar.

Anggap saja Anda ingin mengedit foto untuk tugas atau untuk melamar pekerjaan bahkan untuk pekerjaan. Anda sangat dimudahkan dengan hadirnya photoshop ini. Selain memiliki fitur yang lengkap. Bahkan tutorialnya juga sudah sangat banyak dan Anda dapat mencarinya diinternet,

Dengan begitu Anda dapat belajar secara otodidak atau belajar sendiri di rumah.


4. WinRAR

software wajib install untuk pc dan laptop baru
Berikutnya adalah WinRAR, aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuka atau mengektrak data atau file yang dikompres. Anda juga dapat mengompres data hingga menjadi lebih kecil dan aman dari serangan fitur serta menghindari terjadinya error pada data Anda.

Selain itu Anda juga dapat memberikan kata sandi atau kata kunci pada file Anda. Jadi file Anda lebih aman dan terjaga dari hal yang tidak diinginkan.

Aplikasi ini banyak digunakan pada bidang perkantoran, pendidikan dan bisnis.


5. Anti Virus

software antivirus free terbaik

Anti Virus. Siapa sih yang tidak kenal dengan yang satu ini. Yaps, Anti Virus ini adalah aplikasi yang dapat memantau dan memperhatikan komputer atau laptop Anda, apakah komputer Anda terjangkit virus atau tidak, dengan aplikasi Anti Virus komputer Anda akan tetap terjaga dari serangan virus yang berbahaya yang dapat merusak perangkat Anda.

Saat ini sudah banyak sekali Anti Virus yang dapat Anda gunakan seperti Avast,  ESET, BitDefender, AVG dan Smadav.

 

6.  VLC

Aplikasi Yang Wajib Kamu Pasang di Laptop atau Komputer Baru

Aplikasi selanjutnya adalah VLC. Aplikasi ini sangat familiar dan sering terdengar disekitar kita. Jika Anda belum mengerti dengan aplikasi ini, tenang simak pengertiannya dibawah ini.

VLC adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar video, musik dan film. Dengan menggunakan VLC Anda dapat memutar berbagai format musik, seperti mp3 dan lainya. Selain itu Anda juga dapat memutar video dengan berbagai format seperti, mp4, mov, dan masih banyak yang lainya.

Aplikasi ini juga cukup ringan untuk digunakan, dan ukuran aplikasi VLC hanya 40 mb.

Dengan memasang aplikasi VLC Anda akan dimudahkan untuk memutar jenis media. 

Baca Juga : Pengertian Software : Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Kesimpulan dan Penutup

Itulah pengertian dari 6 Aplikasi Yang Wajib Kamu Pasang di Laptop atau Komputer Baru. Dengan menggunakan semua software atau aplikasi diatas, Anda akan dimudahkan dalam hal kinerja dan dalam melakukan aktifitas kantor, pendidikan, bahkan bisnis.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10, Mudah dan Cepat


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال