Pengertian dan Perbedaan FAT32 Dan NTFS, Apa Itu NTFS dan FAT



Mediawana.com - Pada Sistem Operasi Windows sangat mengandalkan salah satu dari kedua jenis sistem file yang berbeda Yaitu NTFS dan FAT masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, keamanan, dan fleksibilitas serta kemudahan nantinya dalam penggunaan. 

Lalu apa sih perbedaanya dan apa saja fungsinya. Berikut ini Pengertian dan Perbedaan NTFS Dan FAT32.

Pengertian NTFS

Pengertian NTFS

Apa itu NTFS ? format NTFS adalah jenis file sistem yang paling di sukai oleh windows.

NTFS adalah kepanjangan dari New Technology File System

NTFS pertama kali muncul pada saat windows xp dirilis. Maka dari itu jika ingin memasang sistem operasi windows format file sistem NTFS lah yang terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. 

Selain itu pada jenis NTFS juga memiliki batasan kapasitas file dan partisi yang sangat besar.

NTFS juga sangat mendukung akses file untuk sistem keamanan yang baik dan meminimalisir terjadinya error. NTFS tidak hanya untuk sitem operasi saja loh, 

Anda dapat juga menggunakannya untuk Flashdisk atau hardisk eksternal. Jadi jika Anda menggunakan jenis NTFS pada Flashdisk, Anda dapat memindahkan file dengan ukuran lebih dari 4 GB sekaligus dan tentunya lebih cepat dan efiensi dibandingkan dengan FAT32, karena jika flashdisk Anda berjenis FAT32 Anda hanya dapat memasukan file ke Flashdisk tidak lebih dari 4 GB Karena jika lebih dari 4 GB akan terjadi gagal memindahkan file atau terjadinya error. 


Kelebihan NTFS

  • Cepat dalam memindahkan file besar sekaligus
  • Sebagai penyempurna dari jenis yang terdahulu
  • Mendukung banyak sistem operasi
  • Dapat membuat jumlah partisi yang banyak
  • Memiliki keamanan data yang baik
  • Disk Quota limit
  • Dan masih banyak fitur terbaik lainya


Pengertian FAT32

Pengertian FAT32

Setelah kita memahami dari jenis format NTFS sekarang kita akan membahas jenis format sistem FAT32. Apa itu FAT32 ? Berikut ini informasi mengenai FAT32.

Jenis format FAT32 diperkenalkan pertama kali ke publik pada tahun 1995. Format ini adalah jenis format yang lawas atau yang lama atau dapat dikatakan jadul. 

FAT32 ini adalah tipe file sistem yang paling tua diantara NTFS dan exFAT. File sistem FAT32 diperkenalkan pada OS Windows 95 yang digunakan sebagai pengganti file sistem FAT16.

Jika Anda memiliki flashdisk dengan format jenis FAT32 Anda hanya dapat memasukan file dibawah 4 GB sekaligus. Contohnya jika Anda memiliki file sebesar 5GB Anda tidak bisa memasukan data sekaligus kedalam flashdisk yang berformat FAT32. 

Maksudnya gimana?. Jadi jika Anda memiliki file video dengan ukuran 6GB, Anda tidak dapat memindahkan video tersebut. karena maksimal yang dapat diproses oleh FAT32 adalah 4GB. Terus bagaimana cara agar dapat memindahkannya. Mudah saja, Anda cukup membagi 2 file tersebut. 

Jika Anda tidak mau membagi 2. jalan satu satunya adalah dengan cara mengganti format menjadi NTFS.

Perlu diingat kembali bahwa yang dimaksud adalah file utuh seperti film atau file windows yang lebih dari 4GB. Jika file Anda ukurannya 1GB dan ada 5 file, maka 5 file tersebut dapat dipindahkan bersama-sama. karena file aslinya adalah 1GB.

Meskipun begitu pada format jenis FAT32 banyak disupport atau didukung oleh banyak perangkat, hampir semua jenis perangkat kompatible dengan jenis ini.
Selain itu format FAT32 sudah menjadi standar format pada flashdisk dan SD Card.

Baca Juga : Windows 11 Resmi Dirilis, Simak Fitur Baru Windows 11

Kelebihan FAT32

  • Menjadi format yang banyak didukung oleh banyak perangkat
  • Menjadi standar format pada flashdisk dan SD Card
  • Format FAT32 didukung oleh hampir seluruh sistem operasi termasuk Linux dan Mac
    Dan masih banyak yang lainya

Nah sampai disini Anda pastinya paham dengan perbedaan dari kedua format diatas dan Anda dapat menggunakan jenis-jenis tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Itulah pengertian dan perbedaan serta kelebihan dari format NTFS dan FAT32 semoga dapat membantu Anda dalam menemukan solusi dan menjadi jawaban terbaik Anda. Terima Kasih

Baca Juga : Hardisk Tidak Terbaca? Lakukan 5 langkah ini 


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال