Apa Itu RPM? Cara Mengetahui RPM dan Pengertian RPM Pada Hardisk

  

Mediawana.com - Sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat berkembang terutama penggunaan komputer, baik pada pekerjaan, pendidikan dan bisnis.

Apakah Anda pernah mendengar istilah RPM?. RPM adalah Revolutions per Minute semakin cepat putaran pada hardisk, maka jumlah data yang bisa dibaca atau tulis oleh Head pada hardisk tersebut juga semakin banyak dan cepat.

RPM ada dimana sih?. Di komputer ya?.

Istilah RPM ini terdapat pada bagian komputer yaitu hardisk. pada umumnya hardisk menggunakan piringan cakram pada bagian dalamnya dan berputar sangat cepat, dan itulah yang dinamakan dengan RPM atau Revolutions per Minute.

Umumnya hardisk memiliki kemampuan membaca sekitar 5.400 sampai dengan 7.200 RPM. Ingat ya RPM itu artinya Revolutions per Minute.

Sekarang ini hardisk juga ada yang memiliki kemampuan baca hingga 10.000 dan ada juga yang mencapai 15.000 RPM.

 

Cara Mengetahui RPM pada Hardisk

Cara Mengetahui RPM pada Hardisk

Anda dapat melihat atau mengetahui berapa besar RPM pada hardisk Anda. Simak sebagai berikut.

1. Melalui Label Hardisk

Cara yang pertama adalah dengan cara melihat label pada hardisk tersebut. Terkadang dalam penempatannya berbeda beda setiap merek pada hardisk, entah itu teks yang kecil atau berbeda dalam menempatkan labelnya.

Tekadang Anda harus jeli dan dan fokus dalam mencari label RPM pada hardisk.

2.  Situs Resmi

Jika Anda kesulitan atau tidak menemukan label RPM pada hardisk Anda juga dalan membuka situs resmi pada merek hardisk masing-masing. Biasanya pada situs resminya menampilkan atau memberikan informasi spesifikasi dengan lengkap, dengan begitu Anda dapat menemukannya dengan mudah.

3. Menggunakan Software

Anda juga dapat menggunakan bantuan software untuk mencari informasi RPM pada hardisk Anda. Kebanyakan orang menggunakan cara ini. Selain itu juga mudah dalam menggunakannya, mudah dan lengkap. Software yang digunakan untuk melihat informasi mengenai RPM pada hardisk adalah CrystalDiskInfo.

4. Bertanya Saat Membeli

Langkah terakhir, Anda dapat bertanya kepada penjual mengenai informasi hardisk saat membeli dan biasanya akan dijelaskan mengenai informasi spesifikasinya dan satu lagi. Jangan malu untuk bertanya.


Baca Juga : Fungsi VGA Card beserta jenisnya

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda membeli hardisk pastikan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari merek, kapasitas penyimpanan, garansi bahkan jika Anda ingin melihat RPM pada hardisk.

Itulah informasi mengenai Apa Itu RPM? Cara Mengetahui RPM dan Pengertian RPM Pada Hardisk.

Baca Juga : Pengertian Harddisk dan Fungsi Cara Kerja serta bagian - bagian Harddisk


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال