Hardisk Tidak Terbaca? Lakukan 5 langkah ini

Mengatasi hardisk yang tidak terbaca

Mediawana.com – Siapa sih yang tidak tau hardisk, hardisk adalah hardisk adalah perangkat keras yang digunakan  sebagai tempat menyimpan data, menyimpan semua konten digital. Dokumen, foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem serta masih banyak lainya.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua hardisk dapat bekerja dengan normal selamanya. Ada waktunya dimana hardisk tidak berfungsi sebagaimana mestinya, seperti loading yang lama, lambat dalam menyimpan data, tidak dapat melakukan booting, bahkan sampai tidak terbaca.

Tenang dulu Anda tidak perlu pani. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan loh, untuk mengatasi hardisk yang bermasalah. Simak berikut ini.


Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca

Perhatikan Driver Pada Hardisk



Mengatasi hardisk yang tidak terbaca

Silakan Anda hubungkan perangkat (Hardisk) ke port USB (Universal Serial Bus). Komputer atau Laptop Anda akan berusaha mengenali perangkat (Hardisk) tersebut, jika sudah dipasangkan dan tidak ada reaksi apapun coba lepaskan dan hubungkan kembali.

Dan lihat kembali apakah Komputer Anda mengenalinya. Namun bagaimana jika Hardisk masih juga belum terlihat?.

Coba cara berikut. 

Kita akan menggunakan Disk Management, bagaimana cara membukanya, silakan lihat langkah dibawah ini.

1. Langkah pertama tekan windows key + R. Windows Key adalah tombol keyboard yang berlogo Windows ya, jangan bingung.

2. Jika Anda sudah tekan Windows Key + R maka akan muncul tampilan berikutnya, silakan ketik diskmgmt.msc lalu tekan enter dan tunggu sebentar.

3. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Itu adalah Disk Management, lihat apakah ada nama perangkat hardisk Anda, jika ada silakan menentukan pilihan Anda, Anda dapat memformat, menata partisi data, mengganti nama hardisknya, dan masih banyak lagi.

 

Mencoba Port USB Lain

 

Mengatasi hardisk yang tidak terbaca

Jika masih tidak bisa coba langkah kedua ini. Jika cara diatas tidak berhasil bisa saja port USB Anda bermasalah, coba ganti dengan yang lain, dan coba lakukan langkah pada point 1. Jika masih sama saja, coba hubungkan dengan Komputer atau Laptop yang lain. 

 

Update Driver

Mengatasi hardisk yang tidak terbaca


Terkadang Komputer Anda mengalami masalah pada driver yang membuat hardisk Anda tidak terbaca dikomputer.

Lalu bagaimana cara memperbarui drivernya ?. 

  • Pertama Klik Start > Device Manage > Enter.
    Perbesar menu Disk Drives dan menu Universal Serial Bus untuk melihat apakah hardisk Anda muncul di menu. Cari hardisk Anda, klik kanan dan klik opsi Properties.
  • Pada menu pop-up, silakan klik tab Driver lalu di bawahnya pilih opsi Update Driver. Atau Anda dapat mengecek situs manufaktur hardisk tersebut untuk mencari driver yang sesuai.

Format Hardisk

Mengatasi hardisk yang tidak terbaca

Jika harddisk masih tidak dapat terbaca di komputer Anda coba buat partisi baru. Pertama buka menu Start dan ketik "disk management" lalu tekan tombol Enter setelah opsi "Create and Format Hard Disk Partitions" muncul.

Memang cara ini sungguh sangat berat untuk Anda lakukan apa lagi jika Anda memiliki data yang sangat penting. Mau tidak mau langkah ini harus dilakukan untuk memastikan hardisk Anda aman dan dapat digunakan lagi, tujuannya apa?. 

Karena hardisk yang tidak terbaca jika kita melakukan format, ada kesempatan data Anda dapat dikembalikan. Jika sudah diformat lalu hardisk masih juga belum terdeteksi di komputer, berarti Anda perlu memperhatikan hardisk itu sendiri.

Coba ingat kembali. Apakah sebelumnya pernah terjatuh? Terbentur?, jika Anda sering meletakan hardisk di sebelah dengan medan magnet dengan daya tarik yang besar itu juga sangat berisiko dan dapat terjadinya kerusakan.

 

Bersihkan atau Reset Hardisk

Mengatasi hardisk yang tidak terbaca

Dalam kasus seperti ini sepertinya harus melakukan langkah terakhir. Untuk mengatasinya Anda harus "membersihkan" drive yang akan mengembalikan hardisk ke bentuk awalnya.

Tapi perlu diperhatikan kembali cara ini tidak menjamin akan berhasil. Tapi cara ini adalah langkah yang bisa Anda coba yang tingkat keberhasilan dapat dikatakan sampai 70 persen, karena jika kerusakan terjadi pada hardisknya pastinya cara atas semuanya tidak akan berhasil, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Langkah pertama silakan buka menu Start dan ketik "diskpart" kemudian tekan Enter. Ketika prompt muncul, ketik "list disk" dan tekan Enter untuk melihat disk yang terhubung ke sistem.

Jika melihat drive kalian di daftar perhatikan ukuran dan namanya, misalnya "Disk A". Jalankan command "select disk A" untuk hardisk yang ingin dibersihkan. Ingat jangan salah pilih.

Setelah itu ketik "clean" dan tekan Enter. setelah itu akan menghapus semua data di hardisk. 

untuk memformat hardisk lewat Disk Management. Langkah ini sedikit lama ya jadi jika dalam keadaan proses berjalan jangan cabut hardisk Anda atau akan memperburuk kondisi hardisk Anda.

 

Penyebab Hardisk Rusak dan Cara Merawat Hardsik dengan Benar

Mengatasi hardisk yang tidak terbaca

Banyak sekali yang dapat menyebabkan hardisk rusak atau menurunnya peforma dengan cepat yang akan mengakibatkan kerusakan pada hardisk. Berikut penyebab hardisk dapat rusak.

Terlalu Sering Cabut Pasang Hardisk

Pertama yaitu hardisk terlalu sering cabut pasang, kok bisa?. Hardisk menggunakan cakram yang berputar kencang saat digunakan. Dimana bagian negatifnya?. Yaitu berada dipenggunaan yang tidak teratur. Sebenarnya pasang cabut hardisk tidak masalah, namun jika belum 1 menit lalu Anda mencabutnya maka hal itu dapat menurunkan peforma pada hardisk, jika baru menghubungkannya dengan komputer atau laptop, biarkan komputer Anda melihat seluruh isi data terlebih dulu atau scan. 

Biasanya jika hardisk baru dihubungkan ke komputer Anda, saat itulah komputer Anda sedang melakukan Scanning. Jika Anda langsung mencabutnya maka proses scanning tidak berjalan dengan baik. Biasanya tunggu sekitar 3 sampai 5 menit sebelum mencabutnya kembali.


Jarang Memeriksa Hardisk dengan AntiVirus

Jarang cek hardisk dengan Anti Virus. Memangnya penting ya?. Ya pastinya sangat penting, kenapa. Karena virus dapat penyebab utama hilangnya atau rusaknya data Anda. 

Terkadang virus dapat masuk dengan sendirinya ketika tidak ada yang melindunginya seperti antivirus, maka dari itu, perikas secara berkala hardisk Anda dengan AntiVirus setidaknya seminggu sekali atau dua minggu sekali. 

Jika jarang digunakan periksalah sesuai dengan waktumu saja. Bisa 1 bulan sekali atau lebih dari itu.

Mencabut Hardisk dengan tiba-tiba

Mencabutnya dengan tiba-tiba. Ya benar sekali dengan mencabutnya dengan paksa akan menyebabkan hardisk Anda cepat rusak. Seperti yang sudah kita bahas pada point diatas. 

karena hardisk memiliki cakram yang berputar dengan cepat ketika sedang digunakan, jika Anda mencabutnya dengan paksa, maka cakram pada hardisk akan berhenti dengan cara mendadak. 

Ibaratkan jika Anda berlari dan tiba tiba Anda di Selengkat kaki Anda atau menjegal kaki Anda, apa yang Anda bayangkan?. Ya pastinya Anda akan terjatuh. 

Seperti itulah cara kerja hardisk jika Anda mencabutnya dengan paksa maka akan mengurangi umur hardisk.

Terus gimana cara biar aman untuk mencabut hardisknya?. Tenang cara yang aman adalah dengan cara menggunakan fitur eject. Fitur eject berfungsi untuk memberhentikan semua proses yang sedang berjalan didalam hardisk sehingga hardisk akan siap kapan waktunya selesai dan siap untuk dicabut dari komputer atau laptop Anda.


Kesimpulan dan Penutup

Hardisk adalah perangkat yang rentan, perlu diingat hardisk adalah perangkat yang sangat sensitif dengan benturan, pemakaian yang tidak benar, terjatuh, berada ditempat yang panas atau terlalu dingin dan sangat sensitif dengan medan magnet. Maka dari itu simpan ditempat yang benar, dan jauhkan dari medan magnet seperti speaker. 

Dan masih banyak lagi. Jadikan hardisk sebagai teman kesayangan Anda anggap saja hardisk sudah menjaga data Anda dengan aman, maka dari itu Anda juga harus melakukan apa yang hardisk lakukan untuk menjaga data Anda tetap aman.

Semoga Artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi solusi terbaik Anda. Terima Kasih


Baca Juga : Pengertian Software dan jenis-jenis Software

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال