Fungsi VGA Card beserta jenisnya

 

mediawana.com - Apa itu VGA ?, lalu fungsinya untuk apa saja ?. Kenapa Anda wajib mengetahui fungsinya, apa lagi bagi Anda para gamer atau designer (desainer) yang berlatar belakang dalam dunia Multimedia.

Sebenarnya pemasangan VGA ini tidak terlalu wajib karena kembali lagi dengan tingkat kebutuhan Anda dalam menggunakan komputer atau laptop dan gadget lainnya.

Namun tidak ada salahnya Anda juga mengetahuinya untuk menambah pengetahuan mendalam tentang perangkat VGA, karena didunia digitalisasi ini banyak informasi yang harus atau banyak untuk diketahui.

 


Apa itu VGA Card


VGA Card atau biasa disebut juga dengan kartu grafis, VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array. Yaitu adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar komputer (Monitor).


Fungsi VGA Card ini sering kali dianggap tidak terlalu penting, kenapa? Karena biasanya sudah dibenamkan langsung di komputer (VGA Card onboard) yang artinya sudah ada pada komputer sehingga Anda hanya tinggal menggunakan komputernya untuk keperluan aktifitas multitasking seperti Microsoft Office, Browsing, atau yang lainnya, maka tidak perlu menggunakan VGA Card dengan spesifikasi yang tinggi, namun jika Ada seorang gamers atau designer yang berlatar didunia multimedia dan tidak salahnya menggunakan VGA yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk mengoptimalkan akselerasi dalam aktifitas kerja mu.

VGA Card ini memiliki beberapa macam spesifikasi untuk menawarkan keunggulan yang berbeda.

 


Jenis-jenis VGA Card


VGA Card ini dibagi menjadi beberapa jenis yang ada atau banyak di pasaran. Berikut ini informasi mengenai jenis-jenis VGA Card.


1. VGA Card On Board

VGA Card On Board adalah VGA yang digunakan pada komputer ataupun laptop dengan spesifikasi standar, Biasanya komputer atau laptop dengan VGA On Board ini tidak digunakan untuk gaming dan desain grafis. Seperti namanya, VGA On Board merupakan jenis VGA yang sudah menyatu dengang Motherboard dari suatu komputer atau laptop. Hal ini menyebabkan VGA On Board tidak dapat di Upgrade atau di tingkatkan menjadi lebih tinggi spesifikasinya.



2. VGA Card

VGA Card ini merupakan kartu grafis yang terpisah dari komputer atau laptop. Bagi Anda yang senang dalam tampilan grafis atau senang bermain game dan melakukan aktifitas desain maka komputer dengan VGA Card ini merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Ada beberapa jenis VGA Card berdasarkan besar memorinya, yaitu:



- Dynamic RAM (DRAM)

VGA Card DRAM ini biasanya digunakan dikomputer dngan spesifikasi yang tidak terlalu mementingkan kecepatan yang tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

- EDO RAM


VGA Card dengan jenis EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafis 64 bit, RAM ini memiliki kecepatan 60ns/35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/260 3D, Diamon Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan masih banyak lagi.

- SGRAM (VRAM)

VGA Card jenis SGRAM atau VRAM ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi atau berspesifikasi tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator, kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamon Stealth II s220, ASUS 3D Explorer dan masih banyak lagi.

- RAMBUS
 
Kartu grafis jenis ini biasanya digunakan pada mesin video game atau game konsol seperti Nintendo, Sega, Playstation, dan masih banyak lagi, satu-satunya produsen RAMBUS adalah Creative Labs dengan produk MA-332, Graphic Blaster 3D, Graphic Blaster xXtreme dan lainnya.
 
 
 

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card atau Video Graphic Array adalah untuk membantu mengubah sinyal yang dihasilkan oleh suatu komputer menjadi suatu tampilan layar grafik pada monitor.

Oleh karena itu, pada beberapa jenis komputer yang tidak memiliki VGA Card, ataupun memiliki VGA Card dengan kualitas standar, maka tampilan layar menjadi kurang baik dan tidak menarik.

Dengan memiliki VGA Card dengan kualitas yang tinggi, hal itu akan membuat fungsi VGA Card akan lebih baik, seperti:

1. Grafik dalam bermain game menjadi lebih bagus tanpa masalah.

2. Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam

3. Membantu membuat desain grafis dan juga desain 3D dengan optimal.

3. Dapat menyambungkan laptop atau PC ke layar Televisi dengan menggunakan kabel HDMI dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang terbaik.

5. Cocok bagi pengguna yang senang menonton film dengan datail yang sempurna.

6. Menerjemahkan output dengan lebih baik dari perangkat monitor.

7. Melakukan pengaturan pada Graphic Option di windows 
 
8. Membuat kombinasi warna yang lebih tajam.
 
 
 

Berdasarkan Arsitektur Sistem



Kartu grafik atau VGA juga dibedakan berdasarkan arsitektur sistem I/O bus sebagai berikut:

EISA

Jenis kartu grafik ini sering digunakan pada slot skspansi EISA dengan sistem operasi 32 bit. Namun jenis seperti ini sudah jarang digunakan karena masih memiliki keterbatasan dalam kualitas gambar, kombinasi warna yang dihasilkan serta kecepatan.

ISA

Kartu grafik jenis ini sering digunakan pada slot ekspansi ISA dengan sistem 16 bit, namun ISA sudah tidak digunakan karena kecepatan transfernya lambat serta kombinasi warna yang dihasilkan sangat terbatas.

AGP

AGP adalah singkatan dari Accelerated Graphiccs Port, kartu VGA jenis ini ditancapkan keslot ekspansi AGP bus dengan sistem I/O, biasanya ada pada perangkat dengan 128 bit maupun 256 bit.

PCI


PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect yang biasanya dipasang pada perangkat dengan sistem operasi 32 bit serta 64 bit. Namun sama seperti kartu VGA lainnya yang sudah jarang sekali digunakan karena memang fiturnya sangat terbatas.

PCIe


PCIe adalah singkatan Peripheral Component Interconnect Express yang dihubungkan dengan komputer yang memiliki kecepatan tinggi, pada umumnya motheboard pada komputer sudah memiliki beberapa slot PCIe yang digunakan sebgai slot GPU, Wifi Card, SSID ataupun RAID Card, kartu grafik jenis ini bisa melakukan transfer dengan kecepatan sampai 32Gb/s.

 
Baca Juga: Apa itu komputer? Bagaimana cara kerjanya

 

Tips Dalam Memilih VGA

Jika Anda menginginkan PC atau Laptop yang memiliki kecepatan tinggi, grafik yang mantap maka perhatikan VGA Cardnya, gunakan tips berikut untuk mendapatkan kartu grafik yang pas buat Anda.


1. Memprioritaskan GPU


Otak dari PC atau laptop adalah CPU, namun otak dari VGA adalah GPU atau Graphics Processing Unit. Perhatikanlah GPU Chip yang digunakan kartu grafik, jika serinya tinggi berarti kualitasnya juga semakin baik dan bagus.


2. Tipe memori serta bandwith


jangan lupa untuk memperhatikan tipe kartu grafisnya, ada beberapa tipe misalnya GDDR2, GDDR3 sampai GDDR5X. Semakin besar atau tinggi serinya maka semakin baik dan bagus kemampuan dalam proses render grafiknya, sebagai informasi Anda bisa membeli kartu grafik yang memiliki minimal DDR 3.


3. Perhatikan TKD serta daya yang dibutuhkan


Kerja CPU dan GPU memang hampir sama, CPU yang melakukan tugas yang berat bisa menimbulkan panas, begitu pula juga dengan GPU.


Pilihlah kartu grafis yang memiliki TDP atau Thermal Design Power yang kecil, karena jika semakin besar TDP nya maka akan semakin panas pula GPU, Anda tidak mau bukan jika GPU menjadi overhead dan menimbulkan suara bising.


4. Jumlah core GPU


Selain memperhatikan jumlah core GPU nya, semakin banyak corenya maka semakin bagus pula proses komputasinya yang bisa dilakukan setiap waktu.


5. Sesuaikan anggaran atau biaya


Hal yang perlu Anda perhatikan selain hal-hal diatas adalah biaya atau budget / anggaran, jangan memaksakan untuk membeli perangkat grafik dengan harga yang mahal apalagi jika perangkat tersebut tidak begitu diperlukan. jadi carilah VGA dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.


Bagaimana apakah sudah mengenal VGA lebih jauh?. bagi Anda yang berlatar belakang didunia desain grafis ataupun multimedia bahkan seorang gamer, sebaiknya gunakan kartu grafik seperti AMD atau NVIDIA.

Semoga dapat membantu menambah pengetahuan Anda mengenai pengertian VGA Card kami akan selalu mengedepankan informasi yang positif dan bermanfaat serta mudah dipahami yang pastinya lengkap. jika kamu suka dengan informasi berikut jangan lupa juga untuk berbagi dengan yang lain ya, kami sangat berterima kasih.

Itulah informasi mengenai VGA Card semoga dapat membantu Anda, Terima Kasih.

Baca Juga: Pengertian dan fungsi RAM (Random Access Memory)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال