Apa Itu Bitcoin mengapa Sangat Bernilai dan Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

 

Mediawana.com - Apa Itu Bitcoin mengapa Sangat Bernilai dan Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?. Bitcoin seringkali dianggap sebuah investasi baru yang menjanjikan dalam memaksimalkan keuntungan. Banyak sekali orang yang bertanya apa sih itu Bitcoin?, Buat apa sih?, lalu cara kerja Bitcoin seperti apa?.

Nah buat Anda yang ingin tau secara lengkap tentang bitcoin, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Silakan simak selengkapnya dibawah ini.


Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah mata uang baru atau dapat dikatakan sebagai uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 setelah jatuhnya pasar perumahan. Hal ini mengikuti ide yang ditetapkan dalam whitepaper oleh Satoshi Nakamoto yang misterius dan merupakan nama samaran.

Identitas orang yang mencipkan teknologi ini masih menjadi misterius hingga saat ini.

Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi diinternet dan tidak menggunakan jasa bank. Pada sistem Bitcoin merupakan yang menggunakan sistem peer to peer (P2P).

Tidak seperti uang pada umumnya. Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Selain itu Bitcoin menggunakan database yang didistribusikan dan menyebar ke node node dari jaringan Peer to Peer atau P2P ke jurnal transaksi.

Lalu bedanya dengan uang pada umumnya apa ya?

Bedanya Bitcoin dengan uang lainya adalah suplainya yang terbatas. Tidak seperti uang pada umumnya yang dapat terus dikeluarkan oleh bank sentral negara. Bitcoin ini hanya memiliki suplai dengan total 21 juta yang dikontrol oleh algoritma yang mendasarinya.


Cara Kerja Bitcoin



Gimana sih cara kerja pada Bitcoin? susah ya?. Sebagai pengguna baru, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang wallet Bitcoin di komputer atau Ponsel Anda. Dengan melakukan hal ini Anda secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama.

Fungsinya apa?. Fungsi dari alamat Bitcoin yaitu Anda dapat saling berbagi alamat Bitcoin dengan orang lain. Sehingga dapat digunakan untuk membayar atau sebaliknya.

Namun alangkah baiknya alamat Bitcoin hanya dipakai sekali saja.

Blockchain atau Rantai Blok

Apa itu? Blockchain atau Rantai Blok adalah catatan transaksi public yang mana jaringan Bitcoin bersandar. Jadi, setiap semua transaksi yang telah dikonfirmasi akan tersimpan di dalam rantai blok ini. Maka, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan serta transaksi baru yang nantinya dapat diverifikasi untuk memastikan bahwa Anda yang memiliki proses tersebut.

Private Keys

Private Keys adalah kegiatan transfer nilai antar Wallet Bitcoin yang sudah disimpan didalam rantai blok. Karena Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yang disebut dengan kunci pribadi atau disebut dengan seed, yang ditandatangani transaksi dan memberikan bukti matematis yang membuktikan bahwa hal itu benar berasal dari pemilik Wallet Bitcoin.

Penambang Bitcoin

Penambang atau anggota dari hal tersebut secara independen mengonfirmasi transaksi menggunakan komputer berkecepatan tinggi, biasanya dalam 10 sampai 20 menit.

Penambang akan dibayar dalam Bitcoin untuk usaha yang dilakukan. Jadi itulah yang dimaksud dengan penambang Bitcoin, jadi secara ringkasnya adalah bahwa komputer kita nantinya akan digunakan sebagai alat transaksi atau menjadi server dan melakukan pekerjaanya. dan setelah itu penambang akan mendapatkan imbalan atau bonus berupa Bitcoin.

Tidak hanya dari komputer Anda saja. bahkan juga menggunakan server lain, jadi memilih secara acak dan rahasia.

Baca Juga : Pengertian Alamat IP beserta jenis-jenisnya

Kelebihan Bitcoin

Kelebihan Bitcoin

Kelebihan jika Anda menggunakan Bitcoin. Antara lain adalah.

Transaksi Pribadi yang Aman dengan Biaya Rendah

Jika Anda menggunakan atau memiliki Bitcoin, Anda dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja serta biaya transaksi yang rendah.

Setiap proses transaksi tidak mengandung informasi pribadi seperti nama atau nomor kartu kredit, dan menghindari risiko informasi konsumen dicuri untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab dan hal yang tidak diinginkan seperti pencurian identitas atau informasi.

Terhindar dari Bank Tradisional atau Perantara Pemerintah

Akibat dari krisis keuangan dan resesi yang hebat, tidak sedikit investor ingin mencari langkah alternatif yang terdesentralisasi. Apa sih artinya?, artinya adalah dimana mata uang tersebut tidak dipengaruhi dan berada diluar kendali Bank biasa, pemerintahan dan pihak ketiga lainnya.

 

Kekurangan Bitcoin

Kekurangan Bitcoin

Setelah kita membahas mengenai kelebihan dari Bitcoin, maka ada juga kekurangannya loh. Apa saja?. Simak selengkapnya

Harga Tidak Tentu atau Stabil

Terkadang harga atau nilai tukar tidak stabil dan pada kenaikan harga Bitcoin pada tahun 2017 karena adanya spekulan yang mengarahkan ke pasar Bitcoin.

Penggunaan yang Terbatas

Pada tahun 2019. Perusahaan Telekomunikasi AT&T bergabung dengan perusahaan lainnya seperti Overstock.com, Microsoft dan Dish Network untuk memulai menerima transaksi atau pembayaran menggunakan Bitcoin.

Tidak Dilindungi dengan SIPC

SIPC adalah Securities Investor Protection Corporation yaitu adalah perusahaan yang melindungi investor sekuritas, pada umumnya akan mengansuransi investor sampai $500.000 apa bila pialang gagal atau dana dicuri. Asuransi itu tidak termasuk atau mencakup cryptocurrency seperti Bitcoin.

Risiko Peretasan

Teknologi blockchain di belakang Bitcoin di percaya lebih aman dan terjaga dari pada transfer uang elektronik tradisional, dompet Bitcoin telah menjadi target yang menarik bagi peretas.

Pada mei 2019 yang menyebutkan bahwa lebih dari $40 juta Bitcoin telah dicuri dari beberapa akun yang bernilai tinggi di bursa cryptocurrency Binance.


Itulah informasi mengenai Apa Itu Bitcoin mengapa Sangat Bernilai dan Bagaimana Cara Kerja Bitcoin? Cari informasi bermanfaat lainnya dan temukan solusi yang terbaik. Terima Kasih.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Linux Sebagai Sistem Operasi

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال