Kelebihan dan Kekurangan Linux Sebagai Sistem Operasi

 Kelebihan dan Kekurangan Linux Sebagai Sistem Operasi

Mediawana.com - Linux adalah Sistem Operasi gratis dan open source yang artinya Anda tidak perlu mengerluarkan uang sepeserpun untuk mencobanya. Tidak seperti sistem operasi pada umumnya, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli sistem operasi tersebut dengan harga yang tidak murah.

Oleh karena itu Anda wajib mencoba Sistem Operasi Linux. Sistem Operasi Linux ini sangat ringan dan powerfull, kenapa?. Karena linux menggunakan ram dan proses yang sedikit jika dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Jika Anda menggunakan komputer atau laptop jadul atau lawas, alangkah baiknya mencoba sistem operasi linux. selain gratis, sistem operasi ini ringan untuk komputer versi jadul. Karena sistem operasi linux dapat berjalan hanya dengan spesifikasi komputer yang minim atau rendah.


Kelebihan Menggunakan Linux

Kelebihan dan Kekurangan Linux Sebagai Sistem Operasi

Selain gratis dan open source. sistem operasi ini juga memiliki segudang manfaat loh. Apa saja?. Berikut Manfaat dari Sistem Operasi Linux.

1. Ringan dan Stabil

karena linux menggunakan sumber daya dan source yang tidak terlalu besar untuk menjalankannya. Sehingga sistem operasi ini menjadi sangat stabil dan ringan untuk digunakan.

2. Open Source

Ciri utama pada sistem operasi ini adalah open source atau lebih dikenal dengan sistem operasi yang terbuka. Artinya apa?, artinya adalah sistem operasi ini dapat dikembangkan dan diperbaiki oleh siapapun, sehingga linux menjadi lebih aman, karena sering diperbaiki, diperbarui dan ditingkatkan atau dioptimalkan.

3. Keamanan Terjamin

Keamanan Terjamin, Sistem Operasi Linux memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan baik. Selain itu, keamanan pada linux selalu diperbarui dan selalu ditingkatkan oleh pengembangnya, sehingga linux ini tidak mudah diserang oleh virus.

4. Peforma dan kecepatan yang baik

Peforma dan kecepatan yang baik. Linux memiliki peforma yang cepat dan baik, baik waktu saat booting, instalasi, sampai penggunaan pada umumnya.

5. Customization

Sistem Operasi ini memiliki kustom yang baik loh. Jadi Anda memiliki kendali penuh untuk mengatur sendiri fiturnya. Tidak hanya itu saja, linuz sendiri dapat dimodifikasi senyaman dan sebagus mungkin sesuai dengan selera Anda.

6. Banyak Pilihan Distro

Apa itu distro, Distro adalah sistem operasi yang dibangun atau dibuat dengan kernel linux dengan penambahan komponen lainnya seperti module, aplikasi, service dan package lain. dan setiap distro memiliki keunggulan masing-masing yang dapat Anda coba.

7. Cocok untuk Server

Sangat cocok untuk dijadikan komputer server. Kenapa?, karena sistem operasi linux yang ringan dan stabil maka tidak heran, banyak sekali yang menggunakan sistem operasi linux sebagai server.

8. Memiliki Tampilan Grafis yang Bagus

Setiap pengguna komputer tentunya menginginkan tampilan yang bagus dan fresh. Pada linux memiliki grafis yang baik dan elegan untuk dipandang.

9. Privasi Terjaga

Pada sistem operasi linux, privasi Anda tentunya sangat aman dan terjaga kerahasiaannya. dan linux tidak akan mengumpulkan data penggunanya jadi tidak perlu khawatir, data Anda aman pastinya.

10. Rutin Update

Linux sangat ingin menjaga keamanan penggunannya. dan nyaman tentunya saat digunakan. Linux juga sering kali Update dan memperbaiki serta selalu mengoptimalkannya, seperti bug, akselerasi, sumber daya, dan keamanannya dari virus. sehingga linux ini dapat menjaga kenyamanan Anda saat menggunakannya.


Kekurangan Menggunakan Linux

Kelebihan dan Kekurangan Linux Sebagai Sistem Operasi

Kita sudah membahas kelebihan linux. namun apa sih kekurangannya jika menggunakan linux?. Berikut kekurangan menggunakan linux.


1. Ketersediaan Software

Ketersediaan Software atau Aplikasi sangat sedikit, tapi tenang saja, karena software yang Anda butuhkan juga tidak kalah lengkap. Seperti Software Office, Programmer, Designer, Editor bahkan sampai Game loh.


2. Tidak Cocok Untuk Gamer

Kenapa tidak cocok untuk gamer?. Karena tidak semua game dapat dimainkan di sistem operasi linux. Namun juga tidak sedikit game yang dapat dimainkan pada sistem operasi linux.

3. Dukungan Hardware

Pada sistem operasi linux. Dukungan pada hardware masih dapat dibilang kurang. Apa lagi mengenai drivernya, tapi Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang ini sudah semakin banyak drive yang dapat digunakan untuk dukungan hardware Anda meskipun tidak banyak seperti sistem operasi lain seperti Windows.


Kesimpulan dan Penutup

Linux adalah sistem operasi yang baik dan nyaman untuk digunakan dibanyak hal seperti kantor, programmer, designer, editor dan masih banyak lagi.

Selain itu linux ini juga ringan dan memiliki akselerasi yang baik dan stabil, jika Anda ingin mencobanya.

Itulah informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Linux Sebagai Sistem Operasi.

Baca Juga : Sistem Operasi Pengertian, Fungsi, Jenis dan cara Kerjanya

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال