Pengertian Alamat IP beserta jenis-jenisnya

 Pengertian Alamat IP beserta jenis-jenisnya

Mediawana.com - Dibalik penggunaan internet yang serba cepat dan mudah, ternyata ada bagian lain yang menunjang penggunaan internet loh. Salah satunya adalah IP (Internet Protokol) atau biasa disebut juga dengan Alamat IP.

Alamat IP inilah yang menunjang penggunaan internet loh. Agar Anda dapat mengakses internet dengan nyaman dan mudah.

Lalu seberapa penting sih?. Penggunaan dari Alamat IP ini.

Sebelum kita lanjut, alangkah baiknya Anda memahami juga pengertian dasar dari Alamat IP ini.

Berikut informasi mengenai dari Alamat IP.

Pengertian IP Address

Loh kok IP Address?. Tenang, karena Alamat IP dan IP Adrress itu sama saja. hanya saja IP Address menggunakan bahasa inggris dan Alamat IP menggunakan bahasa indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa alamat ip adalah kepajangan Internet Protokol.

Internet Protokol Address atau Alamat IP adalah label numerik yang ditetapkan untuk perangkat yang terhubung ke jaringan komputer.

Alamat IP mempunyai dua fungsi utama, yaitu Host dan Pengalamatan Lokasi.

Lalu contoh dari alamat IP itu seperti apa?. Pertanyaan yang bagus, coba Anda lihat contoh dibawah ini.

IPv4 : 192.168.0.1

IPv6 : 2001:9bd2: 85a3:0000:0000:8a2e: 0370:7334

Contoh diatas merupakan dari alamat IP. Jika Anda lihat, contoh diatas memiliki dua jenis yaitu, IPv4 dan IPv6. Lalu apa sih perbedaannya?.

IPv4 adalah IP versi yang ke-empat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat jaringan dalam sebua sistem pengalamatan.

IPv6 adalah IP versi terbaru karena pada IPv4 memiliki batas jumlah dalam menampung alamat dan terbatas. Maka munculah IPv6.


Fungsi IP Address

  

Fungsi dari IP Address ini adalah agar perangkat yang menggunakan koneksi internet dapat saling menghubungi satu dengan yang lainnya.

IP Address Sebagai Identitas

Selain itu Alamat IP ini dapat dianalogikan atau anggap saja sebagai alamat rumah dan sebuah identitas. Mengapa?.

Karena Alamat IP atau IP Address juga merupakan identitas dari sebuah perangkat komputer dalam jaringan internet.

Fungsi ini sangat berguna bagi perangkat komputer dalam mengakses internet.


IP Address Sebagai Host

Perangkat komputer yang digunakan dalam jaringan disebut dengan host atau sebagai alat identifikasi interface.

Oleh karena itu IP Address atau alamat IP pada setiap perangkat yang terhubung pada jaringan komputer akan memiliki cara kerja yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.


Jenis IP Address atau Alamat IP

Jenis IP Address atau Jenis Alamat IP

IP Address ini memiliki beberapa jenis, dan berdasarkan luas cakupannya, alamat IP dibagi menjadi dua jenis, yaitu IP Publik dan IP Privat. Berikut penjelasannya.

IP Publik

Pada jenis IP Publik ini akan menghubungkan Anda dengan jaringan internet secara global dan digunakan untuk semua perangkat yang biasanya digunakan untuk umum.

Penggunaan IP Publik dapat mengakses internet karena jenis inilah yang menghubungkan perangkat ke dalam jaringan internet.

Pengguna internet akan mendapatkan atau memiliki IP Publik melalui provider internet atau ISP (Internet Service Provider) yang digunakan.


IP Privat

Pada jenis IP Privat yaitu kebalikannya dari IP Publik. Ya, benar sekali. IP Privat digunakan hanya untuk jaringan lokal saja.

IP Privat biasa dipakai atau digunakan untuk sistem jaringan lokal saja. Yaitu LAN atau Local Area Network seperti perkantoran, hotel, sekolah, universitas dan masih banyak yang lainnya.


IP Dinamis

IP Dinamis adalah jenis yang selalu berubah sewaktu-waktu. Karena hal tersebut terjadi pada jumlah alamat IP yang semakin menipis. Maka dari itu penggunaan jenis IP Dinamis ini harus digunakan secara bergantian. 

Pada umumnya penggunaan jenis ini biasa digunakan untuk umum.

Sebenarnya perubahan pada IP karena penggunaan secara bergantian dan yang bertanggung jawab dengan hal ini adalah dari provider internet atau ISP (Internet Service Provider).

 

IP Statis

Pada jenis IP Statis adalah kebalikannya dari pada IP Dinamis. Ya benar, IP Statis tidak berubah-ubah. 

Pada umumnya IP Statis digunakan untuk penggunaan server atau perangkat penting lainnya.

Contohnya seperti penggunaan yang melakukan reservasi terhadap alamat IP termasuk layanan web hosting, VPN atau Virtual Private Network dan FTP atau Server Transfer Protocol. hal tersebut membutuhkan IP Address.

 

Manfaat Alamat IP

Manfaat Alamat IP

Apa manfaat alamat IP?. Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai manfaat dari alamat IP. 

Manfaat yang dapat kita rasakan sebagai pengguna internet yaitu aksesibilitas yang mudah dalam melakukan kegiatan di internet.

Anggap saja jika Anda adalah sebuat perangkat dan alamat IP adalah nama Anda. Dengan itu komunikasi antar manusia menjadi mudah.

Manfaat lain dari alamat IP ini adalah untuk melakukan komunikasi data, mengakses informasi serta melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan internet. dan masih banyak lagi.


Kesimpulan dan Penutup

IP Address atau biasa disebut dengan Alamat IP merupakan sebaris angka yang dipakai perangkat komputasi untuk berhubungan melalui internet.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bahwa, jenis IP ada 2 yaitu IPv4 dan IPv6.

IP dapat dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan, kantoran, dan lainya. Contohnya seperti Koneksi server dengan device lainya dan masih banyak yang lainya. 

Baca Juga : Pengertian Komunikasi dan jenis komunikasi.

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال