Pengertian Lumen Beserta Fungsinya

Pengertian Lumen Beserta Fungsinya

Mediawana.com - Lumen adalah satuan turunan SI untuk fluks cahaya, mengukur jumlah total cahaya terlihat yang dipancarkan sebuah sumber.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Pengertian Lumen

Lumen merupakan sebuah satuan unit yang pakai untuk mengukur output atau keluaran cahaya pada bohlam lampu. Panduan ini menunjukkan bagaimana LED dan bohlam lampu hemat energi memerlukan lebih sedikit daya untuk memancarkan jumlah cahaya yang sama dengan bola lampu klasik.

Cara Kerja Lumen

Lumen (simbol: lm) adalah satuan turunan SI untuk fluks cahaya, mengukur jumlah total cahaya terlihat yang dipancarkan sebuah sumber. 

Fluks cahaya berbeda dengan daya (fluks radian) dimana fluks radian termasuk semua gelombang elektromagnetik yang dipancarkan, sedangkan pada fluks cahaya menekankan menurut model sensitivitas mata manusia ke berbagai panjang gelombang. 

Lumen berhubungan dengan lux dengan satu lux adalah satu lumen per meter persegi.  

Lumen pada lampu yang digunakan sehari-hari, dapat disesuaikan dengan kegiatan dan kebutuhan akan cerahnya cahaya. Sebagai gambaran kebutuhan Lumen dari beberapa penelitian, diantaranya adalah.

  • Ruang dapur memerlukan sekitar 300-400 Lumen, dan saat bekerja di dapur secara efektif dibutuhkan hingga 800 Lumen
  • Ruang keluarga sekitar 400-500 Lumen
  • Ruang baca sekitar 400 Lumen
  • Kamar tidur 300 Lumen 

Kesimpulan

Lumen per Watt dipengaruhi juga oleh kualitas pada material yang digunakan oleh sebuah lampu. Biasanya kualitas bahan baku lampu yang semakin baik akan menghasilkan kecerahan yang semakin baik juga.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال