Pengertian WLAN atau Wireless LAN, Komponen dan Cara kerjanya


Mediawana.com - Saat ini internet merupakan hal yang dapat dikatakan wajib atau dibutuhkan untuk menghubungkan dengan jaringan luar. Jaringan internet yang menghubungkan antar komputer dapat dibedakan menjadi dua bagian. Bagian yang pertama adalah jaringan yang menggunakan kabel dan yang kedua jaringan tanpa menggunakan kabel atau nirkabel.

{getToc} $title={Daftar isi} 

Pengertian WLAN - Wireless Local Area Network

WLAN atau Wireless Local Area Network adalah jaringan komputer nirkabel, jaringan komputer lokal yang menggunakan gelombang radio (wireless) sebagai media transmisinya. Jadi untuk menghubungkan antar perangkat, atau komputer ke internet menggunakan sinyal wireless.

Saat ini jaringan komputer WLAN sudah cukup banyak digunakan terutama pada perusahan-perusahan karena cukup praktis, efesien, dan rapi karena pemeliharaannya yang cukup mudah serta tidak banyak menggunakan kabel jaringan.

Komponen WLAN - Wireless Local Area Network

Berikut ini adalah komponen yang menyusun WLAN sebagian umum terbagi menjadi 4 yaitu:

WLAN Interface

a. Pada Laptop

Berbentuk perangkat akses untuk pengguna yang memakai laptop dan biasanya sudah ada atau terpasang pada port PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association). Tetapi untuk jenis komputer dekstop harus ditambahkan perangkat seperti wireless adapter(Periferal).

b. Pada Komputer Dekstop

Merupakan alat yang dapat dipasangkan pada perangkat komputer dekstop biasanya pada bagian motherboardnya, jika pada laptop ada alat yang terpasang pada port PCMIA (Personal Computer Memory Card International Association), maka untuk komputer dekstop memerlukan perangkat khusus yang bernama wireless adapter yang di sambungkan pada port PCI atau Port USB.

Access Point

Access Point merupakan perangkat yang sangat penting bagi jaringan WLAN karena merupakan perangkat yang sentral untuk menghubungan antar perangat dan bisa menghubungkan ke ISP. Access-Point memiliki fungsi untuk memancarkan sinya wireless. Selain itu dapat berfungsi sebagai mengatur MAC address, sebagai DHCP server, dll. Maka dari itu perangkat ini menjadi inti dalam jaringan WLAN.

WLAN Interface

Wireless LAN Interface adalah perangkat lunak (software) berupa tampilan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan wireless LAN yang sedang diakses.

Antena

Antena ini biasanya merupakan antena external yang sering di tambahkan pada perangkat yang bertujuan agar dapat memperkuat sinyal pemancar dan bersifat tidak wajib (alat pendukung)

Teknologi WLAN

Pada teknologi WLAN ini Terdapat dua macam operasi dasar pada IEEE 802.1, yaitu mode ad hoc dan infrastructure. 

  • Dalam mode ad hoc, file data di transmisikan langsung oleh unit seluler secara peer-to-peer.
  • Sedangkan dalam mode infrastructure, komunikasi yang dilakukan oleh unit seluler dilakukan melalui access point yang berfungsi sebagai jembatan ke jaringan lain.

Kelebihan WLAN

1. Mobilitas Tinggi

Pengguna dapat menggunakan wireless LAN untuk mobilisasi kegiatan yang mereka lakukan.

Pada sekarang ini, penggunaan koneksi internet semakin pesat dan meluas sehingga penggunaan WLAN menjadi semakin penting dan hal yang utama.

Hal tersebut didukung oleh pemasangan perangkat WLAN yang tidak membutuhkan biaya yang tinggi dan dapat ditemukan di manapun.

2. Instalasi Mudah dan Murah

Jaringan WLAN dapat digunakan dan dipakai menjadi salah satu alternatif (rekomendasi) untuk menghubungkan perangkat smartphone dan PC.

Instalasi perangkat yang dibutuhkan untuk menggunakan WLAN ini juga dapat di lakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat.

Dana atau anggaran yang diperlukan untuk memasang instalasi ini juga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

3. Fleksibel

Arti dari fleksibel disini adalah pengguna atau user tidak perlu berdiam diri di suatu tempat untuk terhubung dengan jaringan WLAN.

Pengguna dapat berpindah pindah tempat meskipun dalam radius tertentu. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan jaringan yang menggunakan kabel. Di mana Anda harus berdiam di suatu tempat untuk dapat selalu terhubung.

Kekurangan WLAN

Setelah kita membahas kelebihan dari WLAN, sekarang kita akan membahas kekurangan WLAN, apa saja? Yakni:

1. Kerahasian Data Kurang Terjamin

Kerahasian data yang digunakan sangat kurang aman dalam penjaminannya. Meskipun terdapat sistem enkripsi data, namun tetap saja enkripsi tersebut masih bisa lolos atau bocor.

Selain itu, data komunikasi berupa teks dan percakapan juga bisa dis2d4p atau dilihat dengan menggunakan alat khusus.

2. Signal atau Jaringan Sering Terganggu

Salah satu masalah yang muncul apabila menggunakan sistem WLAN adalah signal atau jaringan. Signal sangat sering terganggu oleh kondisi cuaca, dinding, angin, dan berbagai jenis lainnya.

Karena signal yang digunakan menggunakan prinsip gelombang elektromagnetik, signal tersebut sulit melewati pembatas yang terbuat dari logam seperti beton ataupun bahkan tembok.

Itu dia informasi mengenai WLAN dan semoga dapat menambah informasi Anda.

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال