Perbedaan Antara Quick Format Dengan Full Format

Perbedaan Antara Quick Format Dengan Full Format

Mediawana.com - Ketika hendak melakukan format terhadap flashdisk atau hardisk komputer, pada dasarnya akan terdapat 2 opsi metode pemformatan yaitu Quick Format dan Format Biasa. lalu apa saja perbedaan dari format biasa dengan quick format? Dan apa sja efeknya yang akan didapat jika melakukan salah satu metode tersebut? Simak selengkapnya berikut ini.

Metode Quick Format

Jika menggunakan metode Quick Format, yang akan terhapus hanya filenya saja tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut terhadap device tersebut. Hal inilah yang membuat proses format pada metode ini menjadi lebih cepat dan sat set sat set, hehehe. 

Ketika Anda melakukan Quick Format, mungkin saja kapasitas flashdisk atau harddisk anda mengurang, dan bisa saja file yang anda pindahkan mengalami corrupt atau rusak.

Metode Format Biasa

Pada metode format biasa, flashdisk ataupun harddisk Anda yang hendak diformat akan melakukan beberapa pemeriksaan setelah file yang ada terhapus. Pemeriksaan tersebut tidak lain bertujuan untuk mengecek indikasi bad sektor pada device tersebut. Sehingga tidak heran jika waktu yang digunakan pada metode ini akan sedikit lebih lama.

Ketika menggunakan metode format biasa, maka flashdisk atau harddisk akan seperti dibangun ulang, atau kembali kepengaturan awal, dengan kata lain seperti baru lagi.

Itulah informasi singkat yang dapat menambah wawasan kita semua. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال