Mengenal Perbedaan WiFi dan LiFi Serta Pengertiannya

Perbedaan WiFi dan LiFi

Mediawana.com - Sekarang ini siapa sih yang belum tau apa itu wifi, WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Koneksi WiFi mengandalkan gelombang radio dengan frekuensi 2 sampai 5 GHz. Sedangkan LiFi merupakan singkatan dari Light Fidelity artinya koneksi pada jaringan nirkabel ini mengandalkan gelombang cahaya dengan frekuensi 10 sampai 100 kali WiFi.

WiFi dan LiFi merupakan jaringan nirkabel yang memungkinkan smartphone, PC dan perangkat cerdas lainnya terhubung dengan internet.

Meskipun sama-sama berbasis nirkabel atau tanpa kabel, keduanya mempunyai beberapa perbedaan serta keunggulan dan kelemahan yang berbeda loh. Saat ini WiFi masih banyak digunakan sebab LiFi adalah teknologi yang baru saja muncul beberapa tahun lalu. 

Singkatnya adalah LiFi memanfaatkan gelombang cahaya. Untuk informasi selengkapnnya yuk kita bahas secara lengkap.

WiFi - Wireless Fidelity

Teknologi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio sebagai penghubung pada perangkat-perangkat untuk dapat saling bertukar informasi (terhubung). Wi-Fi diciptakan oleh organisasi nirlaba Wi-Fi Alliance dan mengacu pada kumpulan protokol jaringan nirkabel yang berbasis standar jaringan IEEE 802.11. Wi-Fi telah hadir sejak tahun 90-an akhir, namun kehadirannya meningkat pesat dalam dekade terakhir.

Wifi juga merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk saling bertukar data (informasi) secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

LIFI - Light Fidelity

Li-Fi sendiri merupakan singkatan dari Light Fidelity yaitu sebuah jaringan nirkabel untuk sistem komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai media hubungnya.

Light Fidelity sendiri merupakan teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang berkecepatan tinggi dan mirip dengan teknologi Wi-Fi. LiFi juga merupakan salah satu teknologi nirkabel yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan WiFi yaitu teknologi nirkabel dua arah dengan kecepatan tinggi.

Definisi LiFi (Light Fidelity) merupakan sistem pada teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan WiFi.

Kecepatan Wifi

WiFi yang saat ini memiliki kecepatan akses data dari 10 - 250 Mbps. Dengan kecepatan seperti itu, akses internet dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana dengan LiFi? LiFi digadang-gadang sebagai teknologi wireless pengganti WiFi di masa depan. 

Kecepatan LiFi

LiFi memiliki kecepatan akses data yang jauh lebih cepat dari WiFi. Diperkirakan kecepatan akses data mencapai 1 - 100 Gbps. Luar biasa bukan?.

Perbedaan Wi-Fi dan Li-Fi

apa itu wifi dan lifi

Berikut ini adalah perbedaan antara Wifi dengan Lifi.

  • Singkatan Istilah Wi-Fi adalah singkatan dari "wireless fidelity"
  • Istilah Li-Fi adalah singkatan dari "Light fidelity"
  • Sejarah Diciptakan Wifi pada tahun 1991 oleh perusahaan NCR, Lifi Diciptakan oleh Prof. Harald Haas dalam salah satu ceramah TED pada tahun 2011
  • Metodologi Wifi Memanfaatkan modem dan sinyal RF untuk komunikasi data nirkabel, Lifi Memanfaatkan bola lampu LED dan sinyal lampu untuk komunikasi data nirkabel
  • Kecepatan Transfer Data Wifi Berkisar dari 150Mbps hingga maksimum 2Gbps, sedangkan Lifi Sekitar 1 Gbps (itu sangat menyenangkan)
  • Jarak yang Dicakup Wifi Bervariasi berdasarkan daya antena, rata-rata sekitar 32 meter, Sedangkan Lifi Hanya Sekitar 10 Meter
  • Keuntungan Wifi Dapat dengan mudah melewati Tembok sehingga memiliki jangkauan yang lebih tinggi, Meliputi jarak lebih jauh, Sebagian besar perangkat keras yang ada mendukung Wi-Fi
  • Keuntungan Lifi Tidak menggunakan RF, karenanya tidak ada masalah antarmuka, Jauh lebih cepat dari Wi-Fi Pencurian data bisa diminimalisir, Karena RF tidak digunakan dapat digunakan di bawah laut, pembangkit listrik rumah sakit dll
  • Kekurangan Wifi, Akan mengalami masalah interferensi dengan router tetangga dan titik akses nirkabel lainnya, Lebih lambat dari Li-Fi, Karena sinyal tidak terbatas, data dapat dengan mudah dicuri
  • Kekurangan Lifi, Dipengaruhi oleh Sinar Matahari, tidak dapat digunakan di siang hari yang cerah, Mencakup jarak kurang dari Wi-Fi, Hanya dapat digunakan jika pengguna berada di bawah jangkauan cahaya.
  • Cakupan Masa Depan Baik Wi-Fi dan Li-Fi memiliki kelebihan dan keterbatasannya sendiri, meskipun Li-Fi tampaknya lebih cepat menggoda banyak orang percaya bahwa Li-Fi hanya akan tetap sebagai alternatif Wi-Fi dan mungkin tidak menggantikannya sepenuhnya

Baik teknologi LiFi dan WiFi terutama pada saat digunakan untuk aplikasi berbasis internet. LiFi menggunakan cahaya sebagai media untuk komunikasi data dan sedangkan WiFi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk komunikasi data. 

LiFi adalah teknologi komunikasi optik sedangkan WiFi adalah teknologi komunikasi radio. Mari kita memahaminya secara individu sebelum kita membuat perbedaan di antara mereka. LiFi singkatan dari Light Fidelity dan WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity.

Berikut ini adalah fitur teknologi LiFi yang dirangkum menjadi beberapa informasi berikut :

  • LiFi (Light Fidelity) bekerja berdasarkan prinsip VLC (Visible Light Communication).
  • LiFi mentransmisikan data menggunakan modulasi intensitas cahaya.
  • Menggunakan LED di ujung transmisi dan Detektor foto di ujung penerima. Dongle LiFi menggunakan detektor foto seperti ditunjukkan pada gambar-1. Di sini LED terhubung dengan server internet melalui driver lampu untuk koneksi internet.
  • Menggunakan cahaya dengan panjang gelombang mulai dari 380 nm hingga 780 nm untuk komunikasi data antara LED dan detektor foto.
  • Sistem LiFi mendukung tiga mode, yaitu. peer to peer, membintangi dan menyiarkan. 
  • Sistem LiFi menggunakan skema modulasi seperti OOK, VPPM, CSK. 
  • Lapisan PHY dan MAC sistem LiFi didefinisikan dalam standar IEEE 802.15.7-2011.
  • Teknologi LiFi digunakan untuk berbagai aplikasi yang meliputi lampu jalan, papan tanda, internet dll. • Teknologi ini mentransfer data dengan sangat cepat dan aman karena pengoperasian sinyal optik LOS (Line of Sight).

Kesimpulan

Dari informasi di atas, kita tau bahwa kita dapat membandingkan mengenai LiFi dengan WiFi dan juga perbedaan berikut antara Lifi dan wifi.

  • Teknologi LiFi bukan pengganti teknologi wifi yang banyak digunakan. Baik teknologi LiFi dan WiFi hidup berdampingan bersama berdasarkan fitur unik masing-masing.
  • LiFi beroperasi antara panjang gelombang dalam kisaran dari 380 nm hingga 780 nm. WiFi beroperasi pada pita frekuensi berbeda, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. 
  • LiFi digunakan untuk bertukar data dengan sangat cepat dan aman pada tingkat daya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan WiFi.

Itulah informasi yang dapat menambah pengetahuann kita, semoga dapat membantu dalam menyampaikan informasi.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال