Apa Yang dimaksud Dengan Drop Point

Pengertian Drop Point Adalah

Mediawana.com - Perusahaan jasa pengiriman telah berkembang pesat di Indonesia, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Indonesia saat ini memiliki lebih dari 10 perusahaan pengiriman.

Drop point adalah suatu tempat yang didirikan untuk drop off paket atau barang. Setelah paket sampai di drop point, kurir atau orang yang ditugas mengambil paket dapat langsung mengambil barang di drop point untuk dikirim ke penerima.

Pengertian Drop Point

Drop Point adalah sebuah kantor cabang yang memberikan layanan drop off paket yang akan dikirimkan ke penerima. Jadi sekaligus berfungsi untuk penyambung antara kurir dan penerima paket.

Baca artikel Pintarjualan.id, "Apa itu Drop Point Shopee Express dan J&T? Gimana Sistem Kerjanya?" selengkapnya https://pintarjualan.id/apa-itu-drop-point/

Sertakan sumber jika konten ini menjadi rujukan atau referensi, mari saling support satu sama lain. Terima kasih.

(Drop point) Titik pengiriman adalah tempat terakhir sebelum produk sampai ke penerima. Lokasi ini adalah tempat paket akan dikirimkan sebelum kurir mengantarkannya ke alamat tujuan. Untuk beberapa layanan pengiriman lainnya, titik pengiriman tidak hanya titik drop-off, tetapi juga titik drop-off/pick-up. 

Titik pengiriman dalam jasa pengiriman yang berbeda Meskipun secara umum artinya sama, beberapa layanan pengiriman memiliki arti yang berbeda dan cara kerja titik pengiriman. Dalam tes ini, kami  menjelaskan titik pengiriman J&T dan Shopee Express.

Bagaimana cara kerja Drop Point?

Drop off point pada Shopee Express misalnya. Tidak hanya selalu berbentuk kantor ekspedisi. Bisa saja dalam sebuah kios, warung, rumah, toko, dan lain sebagainya.

Hal ini, tentu saja memiliki layanan yang dapat dikelola perorangan. Namun, ada point cukup penting dalam syarat dan ketentuan untuk melakukan pendaftaran menjadi mitra atau agen.

Dengan sistem sentralisasi ini, maka jam operasional tiap tempat kantor yaitu sama dan bisa melayani pada saat hari libur nasional atau saat tanggal merah.

Bagaimana alur kerja Drop Point?

Simak selengkapnya :

  • Pengirim harus menyiapkan, memeriksa, mengecek, dan mengemas paket (perhatikan kondisi barang).
  • Kemudian pengirim menyerahkan paket pada pihak drop poin anggap saja Shopee Express atau J&T.
  • Pada saat menyerahkan paket dapat dijemput oleh kurir atau diantar sendiri oleh si pengirim.
  • Langkah berikutnya, akan diberikan bukti kwitansi yang berisi nomor resi barang, alamat penerima, dan detail informasi lainnya yang nantinya bisa digunakan untuk cek resi J&T.
  • Dari tempat drop poin ini, paket akan dikirimkan ke warehouse sesuai kota tujuan penerima.
  • Barang akan di sortir (dicek kembali) pada saat tiba di warehouse dan dikirimkan menuju drop point J&T Express sesuai dengan daerah tujuannya.

Jika barang atau paket telah tiba, maka kurir akan langsung mengirimkan barang tersebut kepada alamat tujuan.

Umumnya jam kerja kantor Shopee Express atau J&T ini beroperasi mulai pukul 08.00 s/d 20.00 WIB. Jika melewati jam kerja kantor maka paket akan diantar keesokan harinya. 

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال