Berapa Modal Usaha Warkop Saat Ini?

usaha warkop kedai kopi

Mediawana.com - Warung kopi atau yang biasa dikenal dengan kedai kopi (umumnya disingkat Warkop) adalah tempat usaha yang utamanya menyajikan kopi (dari semua jenis kopi, misalnya espresso, latte, cappuccino sampai dengan kopi hitam).

Persaingan saat ini yang semakin ketat, membuat warkop sekarang ini kesulitan mencari pelanggan tetap seperti anak muda maupun orang dewasa yang suka nongkrong. 

Meski modal usaha warkop yang terbilang minim dari usaha lainnya alias tidak membutuhkan modal yang cukup besar, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana strategi Anda yang terbilang bagus dalam mendirikan warkop tersebut.

Yang perlu Anda tau juga adalah Warung Kopi atau disingkat Warkop merupakan tempat nongkrong favorit pelajar, mas-mas, dan juga driver ojek online, termasuk Admin sendiri, hehehe.

Warung kopi biasanya menyediakan mie rebus, gorengan, berbagai macam minuman baik yang panas maupun yang dingin kayak hati admin :D. 

Berapa Modal Usaha Warkop Sekarang?

Warung kopi merupakan ide yang menarik dan bisa Anda miliki untuk mengambil keuntungan bisnis saat ini. Berbagai strategi perlu diterapkan agar warung kopi Anda tetap eksis dan banyak peminatnya (Pelanggan), Terus berapa sih modal usaha warkop yang perlu Anda siapkan?

Bahan makanan dan minuman yang bisa Anda sediakan mulai dari Rp 1.500.000 serta peralatan lainnya seperti glassware, silverware dan kulkas kecil dengan total Rp 2.400.000.

Peralatan interior juga dibutuhkan agar warung kopi Anda terlihat modern dan terlihat menarik seperti set meja kursi, peralatan bersih-bersih dan CCTV yang diperkirakan memakan biaya Rp 2.600.000.

Untuk CCTV dan Set Meja Optional ya, Anda bisa menggunakan perantara lainnya seperti meja biasa dan kursi yang jauh lebih murah, jika Anda ingin memasang CCTV, Anda dapat menggunakan yang portable (Wireless) yang jauh lebih murah sekitar 300.000 - 600.000.

Peralatan kopi lainnya juga tidak kalah penting dan biaya yang perlu Anda persiapkan sekitar Rp 5.000.000, jangan lupakan biaya listrik, biaya izin hingga anggaran yang membutuhkan dana cukup besar yaitu sekitar Rp 2.000.000.

Jika semuanya
di total, setidaknya Anda membutuhkan sekitar Rp 14.100.000 (Empat Belas Juta Seratus Ribu Rupiah).

Untuk menjalankan bisnis warung kopi Anda. Rincian modal ini belum biaya sewa tempat usaha hingga rincian lainnya, untuk itu pertimbangkan dengan matang sebelum membuka warkop, saran Admin. Untuk pertama kali tidak perlu yang wah, cukup minimalis dan sederhana terlebih dahulu selebihnya baru Anda bisa tingkatkan.

Tips Menjalankan Warkop Agar Cuan

Tips Menjalankan Warkop Agar Cuan

Modal usaha warkop yang membutuhkan strategi matang agar Anda mendapatkan konsumen tetap dan konsumen baru. 

Anda harus memiliki perhitungan modal usaha yang matang serta akan diterapkan hingga pemasok kopi berkualitas sehingga cita rasa yang ada berbeda dan spesial dari yang warung kopi lainnya.

Mencari SDM Berkualitas

Sumber daya manusia sangatlah penting untuk perusahaan manapun, dengan sumber daya manusia yang tepat serta strategi yang mantap usaha warung kopi Anda akan sukses dan banyak diminati setiap hari. Diperlukan barista maupun peracik kopi senior yang dapat menghidangkan kopi dengan cita rasa yang menarik.

Strategi Marketing Melalui Sosial Media

Sosial media saat ini dapat dikatakan rajanya marketing dan juga merupakan media yang efektif untuk melakukan promosi besar-besaran, dengan promosi tersebut akan banyak orang tertarik dengan promo dan diskon yang Anda promosikan di sosial media. Warung kopi yang menyajikan tempat ternyaman serta harga yang terjangkau tentu saja menjadi alasan kenapa tongkrongan kopi semakin ramai saat ini.

Kelola Keuangan dengan Baik

Merintis sebuah bisnis kopi tidaklah mudah, Anda memerlukan ilmu yang cukup dan baik untuk mengembangkan usaha kopi ini. Dibutuhkan manajeman bisnis yang baik dan relevan serta mudah agar laporan keuangan Anda aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Warkop?

Jika Anda pusing dengan modal usaha warkop yang terlihat cukup besar, mudah saja sebenarnya Anda bisa memangkasnya jika kebutuhan tersebut terlalu banyak. 

Namun Anda perlu memahami bahwa membuka warung kopi tidak semudah yang dibayangkan, banyak hal-hal sepele yang perlu Anda perhatikan seperti tempat usaha dan modal yang akan Anda keluarkan.

Saran Admin ketika Anda ingin membuka usaha warkop, carilah relasi dan wawasan disekitar Anda.

Membuat Sosial Media dan Pilih Tempat yang Strategis

Sosial media merupakan dunia maya dimana setiap orang berkumpul untuk mencari apa yang mereka sukai dan mereka minati, begitu juga dengan warung kopi yang akan Anda buka membutuhkan sosial media untuk tempat promosi yang ampuh agar orang sekitar dan para kalangan muda mengetahui dan tertarik dengan warung kopi yang Anda buka.

Menentukan Target Pasar dan Konsep Tempat

Target pasar dalam berbisnis sangatlah penting sehingga Anda perlu menentukan pasar yang Anda mau, seperti anak-anak muda hingga orang dewasa maupun semua umur bisa Anda pilih konsep dan pasar yang tepat untuk warkop Anda. Dengan menentukan target pasar, bisnis warkop Anda bisa konsisten menentukan strategi yang tepat agar pelanggan selalu berdatangan.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال