Pengertian Potensiometer, Jenis Beserta Fungsinya

Potensiometer adalah

Mediawana.com - Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. Jika hanya dua terminal yang digunakan, potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat.

Potensiometer adalah resistor variabel. Mengutip berbagai sumber Potensiometer didefinisikan sebagai tiga terminal variabel resistor artinya adalah resistansi manual bervasiasi untuk mengontrol aliran arus listrik. 

Potensimeter merupakan alat yang kerap digunakan untuk mengukur massa elektron, fungsi dari potensiometer ini sangat banyak dan beragam sekali, saat ini sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Pada umumnya bagian inilah yang berperan penting dalam potensiometer adalah, yaitu.

  • Penyapu atau wiper
  • Element Resistif
  • Terminal

Selain itu, berikut adalah sebagian fungsi dari potensiometer dalam berbagai rangkaian dan peralatan elektronika diantaranya adalah.

  • Sebagai pengatur volume pada berbagai rangkaian Audio dan juga Video seperti Amplifier, Tape Mobil, DVD Player, Radio, dan lain sebagainya.
  • Sebagai pengatur keluaran atau output tegangan pada rangkaian Power Supply
  • Sebagai pembagi suatu tegangan
  • Untuk mengatur terang atau gelapnya lampu (Light Dimmer Circuit)
  • Aplikasi Switch TRIAC
  • Digunakan untuk Joystick pada Tranduser
  • Sebagai Pengendali Level Sinyal

Cara Kerja Potensiometer

Prinsip kerja pada potensiometer ini mirip-mirip seperti resistor dengan semakin besar hambatan maka output (Volt) semakin kecil, begitupun sebaliknya jika semakin kecil hambatan (ohm) maka output (Volt) semakin besar.

Potensiometer (POT) terdapat bagian yang dinamakan elemen resistif, elemen
resistif membentuk jalur (track) dengan terminal di kedua ujungnya. Sementara itu terminal lainnnya (berada ditengah) adalah Penyapu (Wiper) yang digunakan untuk menentukan pergerakan pada jalur resistif (Resistive).

Jenis – Jenis Potensiometer

Potensiometer dapat dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu.

Potensiometer Slider

Potensiometer jenis ini nilai resistansinya dapat diatur dan diubah sesuai dengan gerakan linier atau menggeserkan dari Wiper-nya dari kiri ke kanan ataupun dari bawah ke atas tergantung dengan pemasangannya. Untuk menggeser Wiper-nya, biasanya menggunakan Ibu jari.

Potensiometer rotary

Potensiometer rotary atau potensiometer putar, nilai resistansi pada Potensiometer rotary dapat diatur dan diubah dengan cara memutarkan Wipernya disepanjang lintasan yang melingkar. Potensiometer jenis ini merupakan potensiometer yang paling umum digunakan.

Potensiometer Trimmer

Potensiometer Trimmer memiliki ukuran yang cukup kecil dan harus menggunakan alat khusus seperti Obeng untuk memutarnya. Potensiometer Trimmer umumnya digunakan pada PCD dan jarang dilakukan pengaturannya.

Cara Perawatan Potensiometer

Cara merawat potensiometer cukup mudah yaitu dengan cara membersihkannya secara rutin dan teratur. Anda dapat menggunakan cairan yang dikhususkan untuk merawat komponen ini, namanya adalah potensiometer cleaner, dan dapat Anda dapatkan ditoko terdekat.

Cara penggunaannya cairan ini cukup mudah yaitu dengan cara menyemprotkannya ke bagian potensiometer sambil memutar berulang-ulang hingga kotoran, debu atau keraknya hilang sampai bersih.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال