5 Penyebab Harddisk Rusak yang Sering Terjadi pada Komputer

5 Penyebab Harddisk Rusak

Mediawana.com - Halo sobat media, Harddisk adalah komponen penting dalam akselerasi dalam kinerja komputer ataupun laptop dan sebagainya. Sebagian besar orang yang menggunakan laptop tentu tentu saja sudah mengenali komponen harddisk sebagai salah satu komponen yang penting. 

Namun terkadang, ketika dihadapkan pada kerusakan yang terjadi tiba-tiba, masih banyak yang tidak mengenali apa saja penyebab harddisk rusak.

Benar sekali, harddisk terkadang membutuhkan perlakuan khusus agar dapat bertahan lama serta awet dalam penggunaannya.

Penyebab Harddisk Rusak

Ada beberapa faktor yang dapat membuat harddisk cepat rusak pada komputer atau laptop, di antaranya adalah.

1. Kerusakan Bagian Fisik

Yang pertama, yaitu terdapat faktor utama terjadinya kerusakan pada komponen seperti harddisk yaitu kerusakan pada bagian fisik. Namun tetap saja, bahkan sampai saat ini, masih sedikit yang benar-benar memperhatikan seperti apa kondisi dari komponen fisik dari harddisk. Apalagi banyak hal yang bisa terjadi pada bagian penting terhadap harddisk.

2. Adanya Gejala Overheat

Yang kedua adalah panas berlebih pada harddisk, taukah Anda? Kebanyakan orang masih lalai dalam menjaga suhu panas pada harddisk mereka. Ya benar sekali, panas berlebih dapat membuat komponen pada harddisk cepat rusak.

Padahal gejala atau pemakaian laptop yang berlebihan tanpa adanya proses istirahat bisa menyebabkan sebuah kondisi overheat pada laptop yang dimiliki. Belum lagi nantinya bisa berpengaruh besar pada peforma harddisk itu sendiri.

3. Cache yang Menumpuk

Bagi Anda yang menekuni atau berlatar teknologi pastinya paham dengan istilah Cache, kalau bahasa kita ya, kira-kira sampahnya lah ya.

Misalnya saja, sama seperti aplikasi yang lainnya yang ada di sebuah laptop, sampah berupa cache bisa menjadi masalah yang besar. Terutama jika beberapa cache malah dibiarkan menumpuk selama beberapa lama.

Jika dibiarkan dalam waktu lama akan memperlambat kinerja pada kecepatan harddisk itu sendiri.

4. Mematikan Laptop secara Paksa

Mematikan laptop atau komputer secara paksa dan tiba-tiba juga akan mengakibatkan kerusakan yang serius pada harddisk Anda, ibaratkan jika seseorang berlari dan kita hentikan secara tiba-tiba dengan menyandung kakinya, maka pastinya akan terjatuh.

Ya seperti itulah jika Anda mematikan perangkat secara tiba-tiba, cara inilah yang cukup bahaya jika Anda lakukan secara terus-menerus.

5. Harddisk sering terbentur atau terjatuh

Yang ke-5 harus sering dihindari nih, karena harddisk yang sering terbentur dapat mengakibatkan cepatnya rusak pada komponennya, atau seringnya laptop Anda terbentu bahkan terjatuh.

Karena didalam harddisk terdapat suatu komponen dan cakram keras yang bisa saja lepas dari rangkaiannya ketika harddisk itu terjatuh atau terbentur.

Apa tanda-tanda hardisk rusak?

Ciri-ciri harddisk rusak adalah adanya overheat pada harddisk yang suhunya melebihi batas normal dalam waktu singkat, sehingga nantinya laptop akan sering restart dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi, sudah saatnya untuk mengganti harddisk.

Apakah data hilang jika hardisk rusak?

Jika yang rusak adalah konektor Hardisk yang menghubungkan kabel ke Motherboard, maka bisa jadi data-data akan tetap aman. 

Namun berbeda jika yang rusak adalah komponen internal dari hardisknya, maka sudah hampir pasti data file dan dokumen yang tersimpan di dalam hardisk tersebut akan tidak dapat diakses dan bahkan hilang. Maka dari itu perlu backup sedini mungkin jika sudah ada gejala-gejalanya.

Harga harddisk tidaklah terlalu mahal-mahal banget, biasanya yang mahal adalah isi dari harddisk itu sendiri, entah itu video, audio bahkan foto kenangan-kenangannya. Maka dari itu, jaga harddisk dengan sebaik mungkin untuk merawat dan memastikan kondisi harddisk tetap aman.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال